Pada 2 Mei lalu, kelulusan SMA telah diumumkan. Kalian yang lulus pasti pada senang, dong? Di satu sisi, kalian juga mungkin merasa sedih karena nggak bisa merayakan kelulusan bersama teman-teman karena pandemi ini.

Namun, kalian jangan terlalu larut dengan hura-hura kelulusan itu. Ada satu hal yang harus dipikiran dan dipersiapkan. Apa itu? Yup, tes masuk perguruan tinggi. Ada dua pilihan tes yang bisa kalian pilih, yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) atau yang sekarang disebut dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan ujian mandiri.

Nah, karena saat ini diharuskan untuk #DiRumahAja, bukan berarti kalian bisa santai-santai dan rebahan sesuka hati. Kalian tetap harus mempersiapkan tes yang akan kalian ambil tersebut. Untuk mengatasi kemalasan kalian, Anak UI punya tips buat kalian, nih.

advertisement

Yuk, disimak bareng-bareng 5 tips mempersiapkan tes masuk perguruan tinggi selama #DiRumahAja versi Anak UI.

1. Cari Informasi Akurat

Sumber: unplash.com

Mencari informasi yang akurat merupakan hal yang paling penting sebelum melakukan sesuatu. Tujuannya agar kalian nggak clueless dan tidak tertipu dengan hoaks. Selain itu, informasi ini bisa menjadi dasar bagi kalian untuk memutuskan atau mempertimbangkan sesuatu.

Berdasarkan informasi dari laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pelaksanaan UTBK diadakan pada tanggal 5—12 Juli mendatang. Waktu tersebut merupakan pengunduran dari waktu sebelumnya, yaitu 20—26 April. Pengunduran ini disebabkan karena adanya pandemi Corona.

advertisement

Sementara itu, untuk ujian mandiri disesuaikan dengan jadwal dari kampus masing-masing. Di UI, Seleksi Masuk (SIMAK) UI akan diadakan pada tanggal 26—30 Julis 2020. Informasi lain tentang SIMAK UI dapat kalian lihat di laman simak.ui.ac.id.

2. Kerjakan Latihan Soal Secara Rutin

Sumber; pixabay.com

Namanya juga mau tes, belajar dan berlatih soal pasti menjadi hal yang penting, dong. Kalian bisa mengerjakan latihan soal yang ada di internet atau buku. Selain itu, kalian juga bisa mengikuti try out daring yang sering diadakan oleh aplikasi atau laman belajar daring.

Agar belajar kalian tidak sia-sia, kalian juga harus mengetahui soal-soal apa saja yang akan diujikan nanti. Untuk UTBK, soal yang akan diujikan nanti hanya Tes Potensi Skolastik (TPS), loh. Wah, semacam angin segar karena beban belajar kalian menjadi sedikit berkurang. Sementara itu, selain Tes Kemampuan Dasar (TKD), pada SIMAK UI tetap ada tes kemampuan sesuai rumpun yang dipilih, saintek atau soshum. Namun, tahun ini tidak ada tes esai seperti tahun lalu.

advertisement

BACA JUGA: Adik SMA Pengen Berhasil Diterima di UI atau PTN Lain? Jangan Lakuin Hal-hal Ini Ya!

3. Pintar Bagi Waktu

Sumber: unplash.com

Tinggal di rumah dalam keadaan puasa seperti ini memang sering bikin malas. Bawaannya ngantuk dan pengin tidur terus. Untuk menghindari hal tersebut, kalian harus belajar untuk membagi waktu.

Kalian bisa menyusun to do list setiap harinya agar kalian dapat mengerjakan hal-hal sesuai yang telah kalian jadwalkan. Selain itu, menggunakan reminder di ponsel juga bisa jadi pilihan untuk membangkitkan semangat ketika kemalasan mulai datang.

advertisement

Menggunakan semua waktu untuk belajar juga kurang baik. Kalian harus pintar membagi waktu untuk belajar, ibadah, dan istirahat. Jangan sampai kalian kelelahan karena kebanyakan belajar, ya.

4. Jangan Malu untuk Bertanya

Sumber: pixabay.com

Jika menurut kalian informasi di internet kurang lengkap, kalian jangan sungkan-sungkan untuk bertanya lewat jalur pribadi dengan narahubung yang tertera di media sosial kampus tujuan kalian. Selain itu, kalian juga bisa bertanya pada kakak kelas yang sedang berkuliah. Mereka akan dengan senang hati memberikan informasi yang kalian butuhkan.

Nggak cuma tentang tes masuk kampus, kalian juga bisa menanyakan perihal fakultas atau jurusan yang kalian inginkan pada kakak kelas, loh. Selain itu, jika kalian merasa kesulitan dalam mengerjakan latihan soal, kalian juga bisa bertanya pada mereka. Eits, tapi jangan gunakan kesempatan ini buat modus ya, hehe.

BACA JUGA: Inilah Beberapa Alasan Mereka ketika Ditanya Kenapa Mau Masuk UI?

5. Berdoa dan Jaga Kesehatan

Sumber: pixabay.com

Last but not least, jangan lupa buat selalu berdoa dan menjaga kesehatan kalian. Tips ini kelihatannya sepele, tapi nyatanya emang penting banget untuk dilakukan. Usaha tanpa doa sama saja bohong. Begitu juga dengan belajar terus tanpa memperhatikan kesehatan akan berujung sia-sia.

Kesehatan yang dimaksud di sini bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga kesehatan psikis. Kurangi overthinking dan pikiran negatif tentang apapun. Penuhi hari-hari kalian dengan pikiran positif agar semangat kalian tetap terjaga.

***

Itu tadi 5 tips mempersiapkan tes masuk kampus versi Anak UI. Semoga kalian bisa menerapkannya dengan disiplin agar dapat diterima di kampus yang kalian impikan. Semangat!

BACA JUGA: Hal-Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Diterima Jadi Maba UI

Featured image reference: mediaindonesia.com