Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service Profesional

anakui.com – Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service , Konsumen modern lebih terinformasi dan menuntut daripada sebelumnya. Mereka juga memiliki beberapa pilihan untuk dipilih dan akan meninggalkan merek Anda jika mereka tidak menerima layanan yang mereka harapkan.

Mendapatkan kepercayaan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang dengan mereka sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda.

Itulah mengapa tim pendukung Anda harus memiliki customer service yang hebat yang membantu mereka secara konsisten memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Kami telah menyusun daftar lengkap skill customer service yang dapat dimanfaatkan oleh tim dukungan Anda. Kami juga menyertakan tip untuk membantu agen mengajari Anda skill penting ini.

Berikut Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service

skill yang harus dimiliki customer service

1. Banyak simpati

Empati adalah skill untuk menempatkan diri pada posisi orang lain, melihat sesuatu dari sudut pandang mereka dan benar-benar memahami bagaimana perasaan mereka tentang sesuatu.

Ini adalah dasar dari hubungan yang kuat dan mungkin skill customer service yang paling penting.

Bahkan ketika Anda tidak dapat membantu pelanggan, memahami sudut pandang mereka dan terlibat sesuai dengan itu dapat membantu Anda bersikap bijaksana saat menghadapi masalah.

Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service ini menjadi semakin penting saat berkomunikasi melalui email. Karena pelanggan tidak dapat mengaitkan ekspresi wajah atau nada suara dengan apa yang Anda katakan.

2. skill komunikasi yang jelas

Salah satu Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service yang paling diremehkan adalah berkomunikasi dengan jelas. Tetap sederhana, jelas dan ringkas.

Ternyata kurangnya komunikasi yang jelas adalah salah satu kendala terbesar dalam memberikan customer service yang baik.

Respons yang tidak jelas, ambigu, dan penuh jargon tidak hanya membingungkan pelanggan, tetapi juga menciptakan lebih banyak masalah, yang mengakibatkan resolusi tertunda.

Tetapi memiliki skill komunikasi yang baik tidak hanya berarti menghasilkan reaksi yang baik. Profesional customer service juga harus memiliki skill mendengarkan yang baik. Mereka perlu berlatih “mendengarkan secara aktif”.

Ini berarti memberikan perhatian penuh pada apa yang dikatakan seseorang dan memahami tidak hanya penggunaan kata, tetapi juga nada suara, bahasa tubuh, dan sinyal wajah.

3. Ajukan pertanyaan yang tepat

Mengajukan pertanyaan yang tepat membuat lebih mudah untuk berempati dengan pelanggan Anda.

Alih-alih menebak penyebab masalah dan mengirimkan respons template, tunjukkan lebih banyak minat pada masalah pelanggan dan coba gali lebih dalam untuk menentukan akar penyebab masalah.

4. Pola pikir

Sebagai profesional layanan pelanggan, Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service memahami dan menghargai tanggung jawab Anda.

Anda adalah wajah perusahaan Anda dan salah satu titik referensi utama yang akan digunakan pelanggan untuk membentuk pendapat mereka tentang merek Anda.

Anda tidak hanya memilih dan menyelesaikan kueri, Anda mewakili perusahaan Anda dan membentuk pengalaman yang pada akhirnya memengaruhi segalanya, mulai dari cara calon pelanggan melihat merek Anda hingga pendapatan, retensi, dan churn.

5. Kepemilikan dan Tanggung Jawab

“Minta maaf meski itu bukan salahmu” adalah salah satu aturan emas layanan pelanggan. Hal terakhir yang ingin Anda lakukan saat ada pelanggan yang marah adalah memainkan permainan menyalahkan.

Pelanggan tidak tertarik dengan urusan internal, siklus persetujuan, atau proses birokrasi perusahaan Anda. Mereka menggunakan produk/layanan Anda dan terserah Anda untuk memperbaikinya saat mereka mengalami masalah. Semudah itu.

Oleh karena itu Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service ini juga merupakan kualitas yang penting bagi profesional customer service di garis depan bisnis untuk meminta maaf atas masalah yang muncul dan bertanggung jawab atas masalah tersebut.

6. Kesabaran

Untuk menjadi sukses dalam menjadi Customer Service , Anda harus mempunyai skill sabar . Setiap pelanggan berbeda. Akan ada orang yang akan berteriak, membuat masalah besar dari ketiadaan, dan bahkan bersumpah.

Ingatlah bahwa mereka tidak menyerang Anda secara pribadi. Mereka terutama marah dan frustrasi dengan merek Anda dan marah kepada Anda karena Anda adalah titik kontak mereka.

Karena semua umpan balik pelanggan itu penting, penting untuk tidak bereaksi berlebihan atau memasukkannya ke dalam hati.

Bersabarlah, dengarkan mereka sepenuhnya, dan lakukan yang terbaik untuk mengarahkan percakapan menuju penyelesaian damai menggunakan bahasa yang positif.

7. Ketahanan

Seorang profesional customer service yang baik adalah seseorang yang dapat dengan cepat pulih dari insiden negatif dan mengambil tugas selanjutnya dengan anggun.

Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service ini dikenal sebagai ketahanan, kualitas yang dapat memengaruhi kemampuan Anda secara signifikan untuk berhasil dalam peran layanan pelanggan.

Mempertahankan kegigihan dan ketahanan dalam menghadapi tantangan pekerjaan yang dihadapi pelanggan adalah keterampilan penting yang membedakan perwakilan customer service yang baik dari yang lain.

8. skill multitasking

Pekerjaan customer service mengharuskan Anda untuk melakukan berbagai tugas, mulai dari menangani permintaan/keluhan pelanggan, menyelesaikan masalah, memperbarui basis pengetahuan Anda, dan bahkan menjual dan menjual ketika peluang muncul.

Anda juga perlu menangani beberapa panggilan pelanggan sekaligus atau menjawab beberapa pertanyaan email dari beberapa pelanggan sekaligus.

Tak perlu dikatakan, pekerjaan itu mengharuskan Anda melakukan banyak tugas secara efektif dan nyaman bekerja dalam situasi tekanan tinggi.

Multitasking adalah Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service yang membutuhkan waktu untuk berkembang.

9. Keahlian produk

Untuk menjadi profesional customer service yang baik, Anda harus memiliki pemahaman mendasar tentang produk/layanan perusahaan Anda.

Itu tidak berarti Anda harus menjadi guru teknologi.

Tetapi untuk menjawab pertanyaan pelanggan Anda dengan baik, penting, di atas segalanya, untuk mengetahui cara kerja produk Anda, fitur berbeda apa yang ditawarkannya, dan memiliki keterampilan pemecahan masalah dasar untuk pertanyaan layanan pelanggan.

10. Berpikir Cepat

Kemampuan untuk berpikir dan bertindak adalah keterampilan customer service penting lainnya. Idenya adalah kami dapat memberikan solusi terbaik kepada pelanggan kami dalam waktu paling singkat.

Aturannya di sini adalah bersikap spontan dan tidak takut akan hal yang tidak terduga.

Jika Anda tidak yakin cara terbaik untuk memecahkan masalah pelanggan, Anda harus segera menemukan cara terbaik atau menghubungkan orang lain yang dapat membantu pelanggan daripada panik.

Akhir Kata .

Artikel diatas membahas tentang Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service , semoga artikel ini dapat membantu , terimakasih .

Leave a Comment