SMA di Sumbar, Sambut Antusias Kunjungan Roadshow KGTK 9

Memasuki hari kelima gelaran roadshow Ikatan Mahasiswa Minang (IMAMI-red) Universitas Indonesia,  Jumat (20/1), acara berlangsung sukses, alot, serta lancar tanpa kendala yang berarti.  Siswa sejumlah SMA di Sumatera Barat, memiliki animo yang tinggi dan menyambut antusias panitia yang berkunjung ke sekolah.

Roadshow dilaksanakan sejak Senin (16/1) dan akan berakhir pada Sabtu (28/1) mendatang dan dilaksanakan secara serentak di seluruh SMA Sederajat di Sumatera Barat. Feri Rahmat Chandra Piliang, Ketua Divisi Humas dan Publikasi KGTK 9 menyebutkan roadshow dipandang perlu sebagai  kegiatan yang memberikan pembekalan informasi kepada siswa SMA yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. “Roadshow dinilai perlu dalam usaha mengenalkan Universitas Indonesia pada siswa SMA yang haus dahaga akan informasi tentang institusi pendidikan,” kata Feri, Kamis malam (19/1).

Feri menilai dalam pikiran sejumlah siswa SMA, ada anggapan bahwa menjadi mahasiswa Universitas Indonesia adalah hal yang kadang mustahil diwujudkan oleh siswa SMA di Sumbar. “Untuk itu, IMAMI turut membantu dalam menjembatani mimpi-mimpi mereka yang selama ini hanya mampu berangan-angan,” lanjut Feri. Ia menambahkan, kunjungan mahasiswa Minang UI, menjadi bukti pelaksanaan tri darma perguruan tinggi berikut semangat membangun nagari melalui peningkatan kesempatan mengakses pendidikan yang berkualitas seperti di UI.

Roadshow perdana di Padang, Senin (16/1), sedikitnya 3 SMA telah dikunjungi seperti SMA Pertiwi 1, SMA 7 dan SMA 15. Sementara itu, pada hari yang sama di Padang Panjang juga tengah berlangsung roadshow ke SMA Muhammadiyah dan SMA 1 Padang Panjang. Di tempat terpisah, SMAN 1 Sijunjung dan MAN Palangi juga dikunjungi oleh panitia Kampus Goes to Kampuang (KGTK-red) 9.
Sementara itu, Selasa (17/1) di Padang, sedikitnya lima SMA dikunjungi seperti SMA 6, SMA 11, SMA 14, SMA Semen Padang dan SMA 1. Hari yang sama, di Tanah Datar juga berlangsung roadshow di SMA 1 Salimpaung dan SMA 1 Sungai Tarab. Di Padang Panjang, SMA 3 Padang Panjang dan SMA 1 X Koto serta  Man Koto Baru menjadi destinasi kunjungan berikutnya. Kegiatan serupa juga berlangsung di wilayah Sijunjung, giliran SMA 9 Sijunjung yang menerima kunjungan kedatangan panitia dari IMAMI Wilayah Sijunjung.

Hari ketiga, Rabu (18/1) di Tanah Datar berlangsung roadshow di dua sekolah yaitu SMA 1 Sungayang dan MAN 1 Batusangkar (Sungayang). Hal serupa juga berlangsung di wilayah Kota Payukumbuh dan Kabupaten 50 Kota yang menggelar helatan roadshow di SMA Raudhatul Jannah dan SMA 3 Payakumbuh. Di Padang, empat SMA sekaligus dikunjungi, seperti MAN 2, SMAN 16, SMA Pembangunan dan SMA 3. Di tempat terpisah, sekolah yang mendapat kunjungan lainnya adalah MAN 1 Payakumbuh, SMA 1 Sawahlunto, SMAN 1 Panti, SMA 7 Tanjung Ampalu serta SMAN 1 Rao. Sedangkan pada Kamis (19/1), SMA yang menjadi agenda kunjungan antara lain SMA Adabiah dan MAN 1 di Padang, SMA 2 Batusangkar dan SMA 1 Rambatan di Tanah Datar, MAN 1 Payakumbuh, SMAN 2 Sawahlunto, dan SMAN 1 Pasaman Barat.
Sampai berita ini diturunkan, Jumat (20/1) sedikitnya puluhan sekolah di wilayah Sumatera Barat telah diagendakan untuk dikunjungi hingga akhir jadwal gelaran roadshow. (Dodi Prananda)

Beberapa dokumentasi Roadshow KGTK 9:

SMA 1 Padang

 

 

Peserta mendengarkan materi

 

SMA Adabiah

 

SMA Adabiah (2)

Leave a Comment