Social Media Carnival YEP! Youth EmPowering!

Masing nge-tweet dan status update gitu-gitu aja untuk account organisasi? Kok weblog gerakan masih sepi pengunjung dan interaksi? Gimana caranya bikin social campaign yang bisa jadi trending di social media? Jawabannya ada di YEP! Social Media Carnival

Social Media Carnival adalah inisiatif terbaru YEP! Youth EmPowering untuk meningkatkan kualitas strategi gerakan sosial pemuda melalui eksplorasi fungsi dan fitur social media. YEP! percaya bahwa gerakan pemuda yang gegap gempira sekarang ini harus dikolaborasikan dengan peningkatan mutu konten gerakan dan media penyampaiannya kepada masyarakat luas. Bertemakan “Let’s Inspire and Innovate through Social Media”, Social Media Carnival terbuka untuk umum berumur 18-25 tahun, pelajar, mahasiswa, aktifis organisasi, dan pemuda seluruh Indonesia. Termasuk KAMU! Penasaran acaranya gimana?

 

Social Media Challenge

Social Media Challenge (SOCMED Challenge) merupakan kompetisi weblog untuk menantang pemuda mengembangkan sebuah blog/website sebagai sebuah online front office gerakan sosial. Kompetisi ini terbuka untuk umum (18-25 tahun) dalam kelompok beranggotakan 3-5 orang dengan mendaftarkan sebuah alamat blog/website lama atau baru yang mengangkat gerakan sosial mereka. Tidak ada tema mengikat dari panitia. Isu atau tema gerakan sosial dari peserta tidak terbatas.

Peserta akan menggunakan social media kreatif berupa teks, gambar, audio, dan video untuk memperkaya dan memperluas target audience mereka. Panel juri terdiri dari web developer, social project specialist, dan social media specialist. Ketiga pemenang utama dari kompetisi ini dinilai berdasarkan penilaian 80% dari panel juri dan 20% dari public voting yang dilakukan besamaan selama tanggal 1-30 September 2012.

 

Social Media Camp

Kalau Social Media Challenge itu kompetisi social media paling hot tahun ini, Social Media Camp (SOCMED Camp) merupakan workshop inkubasi untuk 50 aktivis gerakan pemuda terpilih di tanggal 1-4 Oktober 2012! Daftarin diri kamu sekarang di SOCMED Camp untuk belajar rahasia menggebrak cara-cara konvensional social media strategy organisasi pemuda dengan mengulik penggunaan new media, termasuk weblog, microblogging, video streaming, dan podcasting. Intinya di sini kita akan belajar OPTIMISASI SOCIAL MEDIA UNTUK GERAKAN PEMUDA!

Acara akan dikemas dengan workshop, talkshow, netizen bonding, dan presentasi hasil karya peserta berupa weblog tentang suatu gerakan lengkap dengan fitur-fitur social media­-nya. Trainer, speaker, dan mentor merupakan para ahli social media, web developer, blogger, youth change makers, dan tweet buzzer yang punya dampak besar pada gerakan sosial kepemudaan.

 

Social Media Carnival Awarding Night

Social Media Carnival Awarding Night menjadi acara puncak dari Social Media Carnival yang mengundang finalis SOCMED Challenge, SOCMED Camp Alumni, aktivis pemuda, media massa, dan rekan organisasi YEP!. Acara ini didesain menjadi netizen bonding yang diisi dengan talkshow, networking session, dan penganugrahan pemenang Social Media Challenge.

 

Catat Tanggalnya!

– Social Media Challenge

16 Juli-15 Agustus 2012:  Registrasi Online dan Pembayaran Biaya Registrasi

1-30 September 2012:     Penjurian dan Public Voting di Web YEP! Youth EmPowering!

Oktober:                          Penganugrahan Pemenang pada Social Media Carnival Awarding Night

– Social Media Camp

16-31 Juli 2012:                   Registrasi Online

1-4 Agustus 2012:              Seleksi Tahap 1: Top 75

5 Agustus 2012:                  Pengumuman Top 75

5-15 Agustus 2012:            Seleksi Tahap 2: Public Voting di web YEP! Youth EmPowering!

16 Agustus 2012:                Pengumuman Top 50 dan Waitlist

1-16 September 2012:      Pembayaran Uang Registrasi Tahap 1

10-23 September 2012:   Pembayaran Uang Registrasi Tahap 2 (waitlist)

1-4 Oktober 2012:             Social Media Camp

Oktober:                            Social Media Carnival Awarding Night

 

Social Media Challenge

  • Masuk ke www.youthempowering.org dan registrasi langsung dengan mengisi formulir online untuk Social Media Challenge.
  • Untuk Social Media Challenge, ketua kelompok akan dihubungi panitia untuk membayar biaya registrasi sebesar Rp100.000 ke Bank Danamon Cabang Margonda No Rek. 003511731063 a.n. Wulan Aprliani. Jika dalam tiga hari setelah dihubungi panitia transaksi tidak dilakukan, maka registrasi dianggap hangus.
  • Selanjutnya alamat weblog bisa diberikan pada panitia mulai tanggal 27-31 Agustus 2012. Panitia akan mengecek kebaruan alamat weblog yang didaftarkan. Jika alamat weblog terbukti sudah lama atau sudah established, keikutsertaan dapat digugurkan.

Social Media Camp

  • Masuk ke www.youthempowering.org dan registrasi langsung dengan mengisi formulir online untuk Social Media Camp.
  • Untuk Social Media Camp, peserta akan mendapatkan email notifikasi jika registrasi berhasil dilakukan.
  • Hasil seleksi Tahap 1 akan diumumkan tanggal 5 Agustus 2012.
  • Tanggal 5-15 Agustus 2012 akan dilakukan public voting di website www.youthempowering.org.
  • Hasil seleksi Tahap 2 akan diumumkan tanggal 16 Agustus 2012.
  • Tanggal 1-6 September, peserta yang lolos seleksi membayar biaya registrasi sebesar Rp400.000 (pelajar/mahasiswa), dan Rp500.000 (umum) ke Bank Danamon Cabang Margonda No Rek. 003511731063 a.n. Wulan Aprliani. Jika ada peserta yang tidak dapat melakukan transaksi, maka keikutsertaannya dianggap gugur dan akan digantikan oleh calon peserta di waiting list.

 

Kunjungi Social Media kami

Twitter                 : @SOCMEDcarnival, @youthempowering, #SMC

Facebook            : YEP! Youth EmPowering!

Website              : http://www.youthempowering.org
 

Project Director: Indah Gilang Pusparani

Twitter                 : @indahgilang

Facebook            : Indah Gilang Pusparani

Email                     : indah@youthempowering.org

Hp                          :089630744991

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA