Sociology Summit 2010


0

Untuk meniti kehidupan yang berkelanjutan dalam komunitas-mu!

Diawal bulan Oktober nanti, tepatnya 4-7 Oktober 2010, Himpunan Mahasiswa Sosiologi Universitas Indonesia (HMS UI) akan menggelar rangkaian acara keilmuan dan kesenian bertajuk Sociology Summit 2010 yang dibalut dalam tema Craf Sustainable Lifestyle With(in) Your Community!.

Sociology Summit 2010 merupakan rangkaian dari dua acara yaitu Simposium Nasional Sosiologi dan Social Urban Art Festival (SUAF). Tahun ini adalah tahun pertama untuk pagelaran Simposium Sosiologi Nasional yang mengundang lebih dari 30 universitas dari seluruh Indonesia, serta merupakan  tahun kedua bagi pagelaran Social Urban Art Festival, dimana tahun lalu SUAF berhasil mengundang lebih dari 500 pengunjung.

Social Urban Art Festival : Defining Sustainable Urban Living through Art and Community!

Kota adalah harapan. Hidup di kota berarti peluang, peluang bekerja dan berkehidupan. Hidup di kota berarti tersedianya pilihan dan kesempatan. Kota adalah keberagaman. Hidup di kota berarti keterbukaan pikiran dan kesediaan untuk selalu belajar mengenai perbedaan.

Kota adalah simbol modernitas. Hidup di kota adalah perjuangan untuk selalu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Kota adalah kepadatan. Kota adalah individualisme dan kompetisi. Kota adalah ruang yang menjadi tempat berbaurnya segala macam orang dengan berbagai permasalahan—permukiman, pencemaran, sampah, kemacetan, kesenjangan, ketimpangan, kriminalitas, dan segudang permasalahan lainnya.

Hidup di kota adalah suatu pengalaman yang memiliki makna yang berbeda-beda pada setiap individu. Setiap orang pun tentu memiliki persepsi yang berbeda dalam mengidentifikasi dan mendefinisi permasalahan dalam keseharian hidup mereka di kota.

Himpunan Mahasiswa Sosiologi Universitas Indonesia kembali mempersembahkan Social Urban Art Festival, sebuah rangkaian acara di mana warga kota dapat melakukan refleksi tentang keseharian hidup di kota melalui proses-proses kreatif yang melibatkan masyarakat, yaitu kesenian dan komunitas.

Kesenian hadir dalam ranah fisik, yaitu ruang kota, sementara komunitas hadir di dalam ranah sosial, yaitu masyarakat. Proses dalam kedua ranah ini menjadi suatu upaya untuk membuat hidup di kota menjadi suatu pengalaman yang lebih baik, tidak hanya bagi para pelakunya, tetapi juga bagi seluruh warga kota lainnya.

SUAF 2010 akan diadakan pada tanggal 04-07 Oktober 2010 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Depok. Acara ini akan diisi dengan serangkaian talkshow dan diskusi, pemutaran film, pameran foto dan instalasi, serta penampilan seni dengan menghadirkan pengisi-pengisi acara dari berbagai elemen masyarakat untuk membahas permasalahan kota, baik dari penggiat seni, komunitas, maupun akademisi.

Rangkaian acara ini bertujuan untuk melibatkan seluruh warga kota, terutama kaum muda, untuk kembali mendefinisi permasalahan kota, menganalisa ekspresi kegelisahan masyarakat mengenai permasalahan kota melalui kegiatan berseni dan berkomunitas, serta bersama-sama membuat perubahan untuk menciptakan ruang kota yang lebih baik untuk ditinggali bersama, untuk kita dan generasi-generasi selanjutnya.

Simposium Nasional Sosiologi

Simposium sosiologi nasional merupakan kongres sosiologi tingkat nasional, yang di ikuti oleh perwakilan mahasiswa-mahasiswi S1 jurusan Sosiologi di seluruh  Indonesia (Setiap Universitas terdiri dari 3 delegasi). Di latar belakangi oleh pemikiran bahwa masyarakat, dengan segala bentuk dinamikanya, mengalami perubahan terkait dengan kehidupan sosial, baik dalam isu ekonomi, politik, sosial, dan budaya.

Perubahan tersebut tentunya diharapkan dapat membawa masyarakat ke arah yang lebih baik, di mana dapat tercipta suatu bentuk pembangunan masyarakat yang berkelanjutan (sustainable), dengan menitikberatkan fokus pada peningkatan apa yang disebut sebagai ‘kualitas hidup’ (quality of life) dari masyarakat itu sendiri.

Acara yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari ini mengusung tiga topik utama yaitu pendidikan, perkotaan, dan pengembangan komunitas. Kegiatan yang akan dilaksanakan di dalam acara ini meliputi Plannery Session, Diskusi Panel dan Stadium Generale terkait dengan peranan sosiologi dalam pembangunan masyarakat yang berkelanjutan.

Dengan diadakannya Simposium Sosiologi Nasional ini diharapkan tersusun sebuah kumpulan gagasan, gambaran serta pemecahan atas persoalan yang terjadi terkait isu pendidikan, perkotaan, serta pengembangan komunitas di Indonesia.

Jadi, kalian tertarik untuk mengetahui info-info lebih lanjut mengenai Social Urban Art Festival dan Simposium Sosiologi Nasional? Hubungi kami dengan mengakses blog http://sociologysummit2010.wordpress.com atau hubungi Chandra di 08561828691.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

One Comment

Leave a Reply