Review Headset Gaming Sony Inzone H9

anakui.com – Sony Inzone H9 adalah headset gaming yang bagus untuk PS5 dan PC. Headset Sony ini adalah headset gaming yang solid. Ini berfungsi seperti yang diiklankan, tetapi tidak sempurna karena beberapa faktor.

Spesifikasi Sony Inzone H9

Kelebihan

  • + Desain gaya PS5
  • + Nyaman dipakai berjam-jam
  • + Kompatibel dengan PS5 dan PC

Kekurangan

  • – Gelas telinga besar terasa terlalu besar.
  • – Aplikasi desktop yang tidak konsisten

Headset gaming Sony Inzone H9 berharga Rp. 4,5 jutan dan melengkapi monitor gaming Inzone M9 dan PlayStation 5. Sony juga telah merilis headset Pulse 3D untuk konsol generasi saat ini, tetapi Inzone H9 bisa dibilang aksesori yang lebih baik karena fiturnya yang lebih kaya. mengatur.

Karena Inzone H9 adalah produk yang diproduksi oleh Sony, ia menggunakan teknologi audio Tempest 3D PS5 untuk mewujudkan suara yang imersif. Ini juga cocok untuk PC, dengan aplikasi desktop Inzone untuk membuat dan menyesuaikan profil suara.

Sobat dapat terhubung ke PS5 dan Discord secara bersamaan, sehingga dapat mendengarkan permainan sambil mengobrol dengan teman-teman. Dan jika menyukai estetika hitam putih dari PS5, sobat akan menggali desain serupa dari headset ini.

Dalam ulasan Sony Inzone H9 kami, kami akan melihat pro dan kontra headset dan melihat perbandingannya dengan kompetisi. Dengan harga yang ditawarkan, harganya agak mahal. Tetapi bagi sebagian orang, ini bisa menjadi salah satu headset gaming terbaik di luar sana.

Harga dan Ketersediaan

Headset Gaming Sony Inzone H9 diluncurkan pada 7 Juli seharga Rp. 4,5 juta. Perangkat ini memiliki fitur pembatalan derau digital dan bantalan kulit lembut bersama dengan nirkabel USB dan konektivitas Bluetooth. Kompatibel dengan PC dan PS5. Sayangnya, konsol Xbox seperti Xbox Series X tidak didukung.

Dua headset Inzone lainnya juga memasuki pasar bersama H9: Inzone H7 seharga Rp. 3,4 juta dan Inzone H3 seharga Rp. 1,5 juta. Kedua perangkat ini tidak memiliki peredam bising digital dan bantalan kulit.

Sementara H7 menawarkan konektivitas nirkabel dan Bluetooth, H3 adalah headset kabel yang terhubung ke perangkat melalui jack headphone 3.5mm atau adaptor USB kabel yang disertakan.

Desain Sony Inzone H9

Sony Inzone H9 lebih mirip headset PS5 daripada headset Sony Pulse 3D. Seperti konsolnya, Inzone H9 berukuran besar dan memiliki earcup oval besar yang dilapisi plastik putih. Sebagian besar casing luar dan mikrofon boom berwarna putih, sedangkan bantalan kulit lembut dan lengan yang dapat diperpanjang semuanya berwarna hitam.

Roda gulir kecil di earcup kiri mengontrol volume headset. Sebuah tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan peredam bising digital berada di bawah dial, bersama dengan port USB-C untuk pengisian daya. Mikrofon boom juga ada di earcup kiri.

Di sebelah kanan adalah tombol untuk audio game atau obrolan, pemasangan Bluetooth, dan tombol daya untuk menurunkan atau menaikkan. Sobat akan terlihat agak konyol saat mengenakan Inzone H9 karena penutup telinga bundar yang besar. Ini menjadi sangat jelas ketika memakai headset selama rapat kerja.

Itu nyaman, tetapi terlihat sangat lucu. Jika tidak dekat dengan orang lain atau tidak peduli apa yang orang lain pikirkan tentang sobat, ini tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika sedikit sadar diri, sobat mungkin ingin menggunakan headset ini saat sendirian.

Salah satu pilihan desain yang kami hargai adalah earcup putar. Hal ini memudahkan untuk mengemas headset ke dalam ransel dan mengenakan Inzone H9 dengan nyaman di leher saat tidak digunakan. Headset seperti Corsair Virtuoso RGB Wireless XT dan Razer Barracuda X juga memiliki fitur ini.

Selain ukurannya yang besar, sobat tidak dapat mengalahkan Inzone H9 dalam hal tetap menggunakan merek dengan desain. Sobat tidak akan salah mengira selain headset PlayStation.

Kenyamanan

Kamia tidak suka penampilan saat memakai Sony Inzone H9, tapi suka tingkat kenyamanannya yang luar biasa. Headset ini sangat nyaman sehingga mudah lupa sedang memakainya. Fakta itu saja merupakan nilai jual yang sangat besar.

Lengan yang dapat diperpanjang dan penutup telinga yang dapat diputar memungkinkan menyesuaikan kecocokan headset. Jika dapat menyesuaikan Inzone H9 agar pas dengan kepala yang besar, kami yakin sobat akan dapat menyesuaikan sendiri berapa pun ukurannya. Kami suka kenyamanan Inzone H9.

Performa Sony Inzone H9

Inzone H9 bekerja dengan baik dengan berbagai genre game di PC dan PS5. Ini memanfaatkan sepenuhnya teknologi Tempest 3D yang terakhir, yang menghadirkan audio yang imersif. Namun, pengguna PC pun dapat merasakan audio 3D berkat teknologi suara spasial Inzone H9.

Di PS5, Kami menguji Spider-Man: Miles Morales dan Elden Ring. Kebisingan sekitar Kota New York jelas terdengar oleh Miles Morales saat dia memutar jaringnya melintasi kota metropolis yang luas. Saat terjadi kesalahan, sobat mendengar Miles memukuli musuhnya secara brutal.

Akustik spasial memudahkan untuk mendengar seseorang mencoba menyerang dari belakang. Hal yang sama terjadi pada Cincin Elden, yang dapat didengar sebelum musuh tersembunyi menyergap. Di PC kami menjalankan Doom Eternal dan Cyberpunk 2077. Soundtrack parau Doom Eternal terdengar bagus di Inzone H9.

Hal yang sama berlaku untuk suara robekan daging saat memasukkan setan ke gergaji mesin. Night City di Cyberpunk 2077 terasa seperti tempat dunia nyata berkat segudang suara dari jalan-jalan yang tertutup kotoran. Baik itu pecandu dunia maya yang menjual barang atau mobil melayang di atas kepala, semuanya berjalan dengan sangat jelas.

Inzone H9 juga ideal untuk konten non-game seperti video YouTube atau musik dari Spotify. Kami mendengarkan hard rock dan heavy metal hampir secara eksklusif dan terkesan dengan seberapa baik genre yang terkadang mengganggu ini terdengar dengan profil suara default Inzone H9.

Tentu saja, setelah men-tweak pengaturan desktop, musiknya jauh lebih baik. Konten YouTube dari saluran seperti MKBHD dan Gaming Historian juga terdengar kaya. Kedengarannya agak tipis dan keras, tetapi suara  terdengar keras dan jelas dengan mitra obrolan di Discord dan PSN.

Jika orang-orang di ruang obrolan dapat mendengar sobat, hanya boom mic yang sobat butuhkan. Tetap saja, untuk headset seharga Rp. 4,5 jutaan, kami menginginkan kualitas suara yang lebih baik dari mikrofon. Suara terdengar jauh lebih baik di sub Sennheiser GSP 370 yang kami gunakan setiap hari sejak 2019.

Fitur dan Masa Pakai Baterai

Di PC, sobat dapat menyesuaikan profil suara Inzone H9 melalui aplikasi desktop yang sederhana dan minimal. Di dalam tab Profil Suara sobat dapat memilih dari beberapa pengaturan yang telah dipilih sebelumnya seperti Bass Boost atau Music/Video.

Sobat juga dapat secara manual menyesuaikan penggeser pemerataan sesuai keinginan dan menyimpan profil lain. Aplikasi desktop juga memungkinkan mengaktifkan atau menonaktifkan peredam bising, menyesuaikan volume, dan mempersonalisasi suara kamar.

Jika memutuskan untuk bekerja, aplikasi berfungsi sebagaimana mestinya. Namun, menurut pengalaman , aplikasi tidak berjalan dengan baik selama sekitar 1/3 waktu, menampilkan antarmuka kosong. Seperti berdiri, berurusan dengan aplikasi desktop yang menuntut seperti itu membuat frustrasi.

Untungnya, Inzone H9 berfungsi dengan atau tanpa aplikasi berjalan. Menggunakan headset di PS5 jauh lebih sederhana daripada di PC. Alih-alih sebuah aplikasi, sobat dapat mengontrol semuanya dengan tombol di Inzone H9. Menyesuaikan volume master atau game dan audio obrolan akan memunculkan UI di layar.

Sobat juga dapat memeriksa masa pakai baterai yang tersisa. Jika pernah menggunakan headset Pulse 3D, sobat akan mahir menggunakan Inzone H9 di PS5. Apa yang membedakan Inzone H9 dari headset Inzone lainnya adalah bahwa ini adalah satu-satunya headset dengan peredam bising digital.

Fitur ini bekerja cukup baik dan berguna jika ingin bermain game di lingkungan yang bising. Namun, jika perlu mendengar apa yang terjadi di sekitar, sobat dapat mengaktifkan kebisingan sekitar. Sobat dapat menghubungkan Inzone H9 ke PC melalui dongle USB atau Bluetooth yang disertakan.

Salah satu nilai jual terbesar dari perangkat ini adalah dapat menghubungkannya ke Discord dan PS5 secara bersamaan dan mendengarkan saluran suara individual di headset. Headset seperti Turtle Beach Stealth 700 Gen 2 dan SteelSeries Arctis Nova Pro juga memiliki fitur ini.

Ini merupakan nilai tambah yang besar bagi orang-orang yang menggunakan Discord untuk mengobrol sambil bermain game di konsol. Sony mengklaim bahwa Inzone H9 memiliki daya tahan baterai 32 jam. Kami mendapatkan 2 minggu lebih baik menggunakan headset sebelum baterai turun di bawah 30%.

Ini tidak ilmiah, tapi kami curiga headset mencapai masa pakai baterai yang dijanjikan, karena telah menggunakannya sekitar tiga atau empat jam sehari pada hari kerja. Meskipun 30 jam cukup untuk semua kecuali pengguna tingkat lanjut, mungkin tidak cukup bagi mereka yang selalu menggunakan headset saat bermain game.

Kesimpulan

Mirip dengan monitor gaming Inzone M9, headset gaming Sony Inzone H9 menandai langkah Sony yang lebih solid ke ruang gaming PC. Datang ke PC dengan eksklusif PlayStation sebelumnya seperti God of War, Uncharted, Days Gone, dan Horizon Zero Dawn hanyalah permulaan.

Sony sudah menjual headphone seperti Sony WH-1000XM4 dan headset Pulse 3D yang disebutkan di atas, jadi rilis Inzone H9 tidak terlalu mengejutkan. Untuk headsetnya sendiri, menurut kami lebih unggul dari perangkat Pulse 3D.

Kedua perangkat identik dalam kualitas suara, tetapi Inzone H9 lebih nyaman dipakai dan memiliki mikrofon yang lebih kuat. Kami tidak suka tampilan headset yang terlalu besar di kepala, dan berharap aplikasi PC dan koneksi Bluetooth lebih andal.

Meskipun properti fisik Inzone H9 tidak dapat dimodifikasi, Sony dapat mengatasi masalah lain terkait pembaruan firmware dan perangkat lunak. Setelah masalah perangkat lunak teratasi, Inzone H9 bisa menjadi headset PlayStation.

Jika mencari headset yang lebih ramah anggaran, sobat tidak akan salah dengan headset gaming nirkabel SteelSeries Arctis 7P yang luar biasa di bagian atas daftar headset PS5 terbaik kami saat ini.

Bahkan headset Pulse 3D adalah headset PS5 yang solid, seperti SteelSeries Arctis 1. Jika tidak memerlukan pembatalan derau digital, Inzone H7 dan Inzone H3 yang akan datang juga patut dipertimbangkan.

Leave a Comment