Review Sony Inzone M9, Monitor Gaming Pertama dari Sony

anakui.com – Monitor gaming pertama Sony adalah pemenangnya. Sony Inzone M9 adalah salah satu monitor gaming terbaik yang pernah saya uji, dan tidak hanya untuk PS5. Monitor gaming Sony Inzone M9 adalah perangkat fantastis untuk game PC dan PS5. Dengan harga Rp. 13 jutaan, praktis tak tertahankan.

Spesifikasi Sony Inzone M9

Spesifikasi
Resolusi: 3.840 x 2.160
Ukuran layar: 27 inci
Tingkat refresh: 144Hz
Input: 1 jack headphone, 3 USB-A, 1 USB-B, 1 USB-C, 1 Port Tampilan, 2 HDMI 2.1
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: IPS
Berat: 15 pon

Kelebihan

  • + Tampilan Jelas
  • + Refresh rate 144Hz yang sangat mulus
  • + Desain bergaya dan minimalis
  • + Cocok untuk game PC dan PS5
  • + Harga kompetitif

Kekurangan

  • – Monitor tidak dapat diputar 90 derajat.
  • – Bass lemah dari speaker internal

Monitor gaming Sony Inzone M9 agak aneh. Ini adalah perangkat game yang diproduksi oleh Sony di bawah divisi perangkat keras baru bernama Inzone, terpisah dari divisi game Sony, Sony Interactive Entertainment.

Inzone tidak memproduksi perangkat keras khusus untuk PS5, tetapi sobat tidak akan menebaknya dengan melihat M9, yang menampilkan estetika yang sama dengan konsol terbaru Sony. Namun, Sony jelas menargetkan para gamer PC (bersama dengan pengguna PS5) dengan perangkat ini.

Selain kebingungan merek, Inzone M9 adalah salah satu monitor gaming terbaik yang pernah kami uji. Dengan layar LCD 4K 27 inci yang jelas, kecepatan refresh 144Hz, waktu respons 1ms, dukungan VRR, dan kompatibilitas G-Sync, game PC dan PS5 akan terlihat dan berjalan luar biasa di monitor ini.

Dan bagian terbaiknya? sSbat bisa mendapatkan semua ini dengan harga kurang dari Rp. 15 jutaan. Ini dengan mudah masuk ke dalam daftar monitor gaming terbaik kami. Sangat bagus.

Harga dan Tanggal Rilis

  • Harga Rp. 13 jutaan
  • Tersedia Musim Panas 2022

Monitor gaming Sony Inzone M9 sudah tersedia musim panas ini seharga Rp. 13 jutaan. Menampilkan layar LCD 4K 144Hz 27 inci dengan kecerahan puncak 600 nits, waktu respons 1 ms, dukungan HDMI 2.1, dan dukungan G-Sync. Ini juga kompatibel dengan PC, PS5 dan Xbox Series X.

Sony juga berencana untuk merilis monitor gaming Inzone M3 sekitar musim dingin tahun 2022. Monitor Inzone ini mirip dengan Inzone M9 kecuali memiliki layar Full HD (1920 x 1080) 240Hz dengan peringkat kecerahan 400 nits. Inzone M3 dibandrol dengan harga Rp. 7 jutaan.

Desain Sony Inzone M9

  • Berbagi bahasa desain PS5
  • Tidak memakan banyak ruang di meja
  • Tidak dapat memutar 90 derajat (orientasi potret)

Inzone M9 adalah monitor gaming yang relatif kecil yang tidak memakan banyak ruang di meja. Desainnya mengingatkan pada PS5 dengan casing hitam putih. Bagian belakang sebagian besar berwarna putih, sedangkan bagian bawah yang menampung port berwarna hitam.

Satu-satunya sumber warna berasal dari strip LED di bagian belakang. Alih-alih dudukan berbentuk V khas yang disertakan dengan sebagian besar monitor, dudukan Inzone M9 lebih seperti tripod. Poros tengah menahan layar, dan dua kaki tipis memberikan penyangga di belakang dudukan.

Karena poros diatur pada sudut 45 derajat, layar meluncur ke arah sobat saat menekannya, dan menjauh saat mendorongnya ke atas. Butuh beberapa saat bagi kami untuk membiasakan diri, karena terbiasa dengan monitor yang meluncur ke atas dan ke bawah di sepanjang poros vertikal.

Layar tidak bisa dimiringkan ke kiri atau ke kanan. Ini berarti sobat harus memindahkan seluruh monitor untuk mendapatkan sudut pandang yang diinginkan. Berbeda dengan Gigabyte Aorus FI32U, monitor tidak dapat diputar 90 derajat dalam orientasi potret.

Ini seharusnya tidak menjadi masalah bagi mereka yang memainkan game terbaru dengan rasio aspek 16:9. Namun, sobat tidak dapat memutar layar ke samping untuk memainkan penembak gulir vertikal seperti Ikaruga dengan rasio aspek yang lebih realistis.

Ada cukup banyak port di bagian belakang monitor. Ini termasuk jack headphone, 3 USB-A, 1 USB-B, 1 USB-C, 1 layar dan 2 port HDMI 2.1. Terdapat juga joystick On-Screen Display (OSD) di bagian belakang monitor untuk memungkinkan akses ke menu guna mengonfigurasi pengaturan tampilan.

Layar Sony Inzone M9

  • Layar 27 inci 4K 144Hz terlihat cerah dan penuh warna.
  • Berbagai mode foto untuk membuat game dan film tampak hebat
  • Pengaturan layar untuk PS5

Inzone M9 memiliki panel IPS LCD 27 inci 144Hz 4K (3.840 x 2.160) dengan waktu respons 1 ms. Mode Gambar Preset termasuk Standar, Game FPS, Bioskop, Game1 dan Game2. Mengenai dua mode pertama, Standar menghadirkan gambaran yang seimbang antara game dan konten.

Mode FPS mengoptimalkan kecerahan dan kontras agar musuh lebih mudah dilihat. Kami tidak merasa bahwa mode FPS memberi keuntungan, mungkin karena bukan gamer kompetitif yang sering bermain game FPS. Call of Duty: Warzone sama buruknya seperti biasanya.

Saat HDR diaktifkan, objek menjadi cerah secara eksponensial. Pengujian mengungkapkan bahwa layar Inzone M9 mencapai kecerahan rata-rata 793 nits. Cinema Mode adalah fitur eksklusif PS5 yang dimulai secara otomatis saat menonton konten streaming atau membuka disk DVD/Blu-Ray/UHD (ya, masih ada).

Mode Game1 (pengaturan default untuk game) meningkatkan eksekusi game dengan meminimalkan input lag, sedangkan mode Sinema mengalihkan fokus ke pemrosesan video untuk gambar yang lebih kuat secara keseluruhan.

Ini adalah fitur hebat yang akan menyelamatkan dari sakit kepala karena harus membuat Mode Game dan Mode Foto terpisah di TV (seperti yang kami lakukan dengan TV LG CX OLED 4K).

Berbicara tentang fitur khusus PS5, Pemetaan Nada HDR Otomatis secara otomatis mengenali monitor game Inzone selama proses penyiapan awal dan mengoptimalkan pengaturan HDR konsol. Ini adalah penghemat waktu yang rapi yang menghilangkan kebutuhan untuk menyesuaikan pengaturan HDR PS5 secara manual.

Tentu saja, kami seorang sombong yang lebih suka mengkalibrasi pengaturan HDR sendiri, tetapi suka fitur ini ada. Sejauh hasil tes, Inzone M9 mencapai kecerahan rata-rata 395,8 nits dalam mode standar. Itu lebih terang dari Acer Predator XB323QK, yang memiliki kecerahan rata-rata 378 nits dalam mode pengguna.

Mod lain di Inzone M9 mencapai rata-rata serupa di kisaran 390. Mode Save Game2, yang keduanya mencapai kecerahan 445 nits. Saat HDR diaktifkan, objek menjadi cerah secara eksponensial. Pengujian menunjukkan bahwa layar Inzone M9 mencapai kecerahan rata-rata 793 nits dengan HDR 40%.

Memegang gamut warna pada monitor, itu mencapai 145% gamut warna sRGB (100% paling akurat) dan 102,9% gamut warna DCI-P3. Nilai Delta-E mencapai 0,31 (mendekati 0 lebih baik). Mod lain berada dalam kisaran ini.

Sebagai perbandingan, Acer Predator XB323QK mencapai 138,1% gamut warna sRGB dan 97,8% gamut warna DCI-P3 yang lebih lebar. Keduanya dikalahkan oleh monitor gaming Alienware 34, yang mencapai gamut warna sRGB 183,2% dan DCI-P3 129,8%.

Namun, mengingat yang terakhir memiliki layar OLED Quantum-Dot, ini memiliki keuntungan yang agak tidak adil. Dalam pengalaman, kami merasa bahwa Inzone M9 memberikan kualitas dan kecerahan gambar yang fantastis.

Terutama dalam kasus Spider-Man: Miles Morales, ada jalan-jalan NYC yang tertutup salju tebal dan menara kaca yang berkilauan. Detail halus Elden Ring dan segudang warna juga muncul di layar. Alienware 34 menawarkan kualitas gambar terbaik dari semua layar yang telah diuji, tetapi Inzone M9 tidak membungkuk.

Performa Sony Inzone M9

  • Game PC dapat menampilkan hingga 144 fps, game PS5 hingga 120 fps
  • Waktu respons yang sangat cepat
  • Kualitas pengeras suara sedang

Inzone M9 adalah monitor yang sepenuhnya gaming. Karena mendukung HDMI 2.1, game PS5 tertentu dapat ditampilkan dengan lancar di 120 frame per detik. Di PC, sobat dapat merasakan hingga 144 fps dengan menyesuaikan pengaturan grafis game. Inzone M9 adalah monitor yang sangat baik untuk PC dan konsol modern.

Di PC, kami menguji Doom Eternal dan Cyberpunk 2077. Kedua judul tersebut, terutama Doom Eternal, terlihat bagus dan dijalankan dengan baik. Meledakkan setan menjadi potongan-potongan berdarah dengan senapan terasa luar biasa di monitor ini. Cyberpunk 2077 tidak mencapai 45 fps, tetapi berjalan sangat lancar.

Fitur G-Sync Inzone M9 dan waktu respons 1 ms sangat membantu. Game PS5 seperti Elden Ring, Spider-Man: Miles Morales, Ruang Bermain Astro, dan Gran Turismo 7 berjalan dengan baik di monitor.

Kami bukan penggemar berat simulator balap, tapi menikmati bermain GT7 karena terlihat sangat keren, belum lagi betapa asyiknya balapan melintasi trek. Game PS5 favorit selama pengujian adalah Miles Morales karena bisa tampil di 120 fps.

Konten non-game seperti video 4K UHD dari saluran YouTube Musik Relaksasi Alam terlihat bagus di layar ini. Menonton video tentang Yunani membuat merasa seperti berada di Mediterania. Laut pirus seperti Injon M9 asli.

Cuplikan film penuh warna seperti Spider-Man: Across the Spider-Verse bersinar, baik secara harfiah maupun kiasan. Sebagian besar speaker monitor cenderung memiliki sedikit atau tanpa bass. Sayangnya, hal yang sama berlaku di sini. Baik itu game atau video YouTube, semuanya terdengar datar dan tipis.

Untuk kredit speaker, mereka mengisolasi suara dengan baik sehingga semuanya terdengar jelas. Namun, kami menyarankan sobat memakai headset pilihan saat menggunakan Inzone M9.

Antarmuka Sony Inzone M9

  • Antarmuka monitor yang mudah digunakan dan intuitif
  • Ada beberapa opsi dukungan game.

Antarmuka sistem Inzone M9 menampilkan latar belakang abu-abu transparan, huruf putih, dan aksen ungu dari garis Inzone. Joystick OSD yang sangat responsif membuat navigasi berbagai menu monitor menjadi mudah dan intuitif. Sebaliknya, sobat dapat mengontrol pengaturan monitor melalui aplikasi Inzone PC.

Hub ini memungkinkan menyesuaikan semua pengaturan gambar yang disebutkan sebelumnya langsung dari desktop. Aplikasi ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Kami lebih suka menggunakan aplikasi ini daripada joystick OSD saat bermain di PC. Ada beberapa opsi dukungan game yang mungkin berguna atau tidak.

Ini termasuk overlay crosshair hijau untuk mendukung judul FPS. Kami menemukan opsi ini lebih mengganggu daripada berguna, tetapi dapat digunakan jika diperlukan. Sobat juga dapat mengaktifkan penghitung kecepatan frame dan menampilkan pengatur waktu untuk melacak waktu permainan yang telah berlalu.

Kesimpulan

Jika Sony terjun ke ruang game PC dengan merilis game eksklusif PlayStation seperti God of War dan Death Stranding on Steam, sekarang Sony langsung terjun langsung dengan merek Inzone. Jangan salah. Monitor gaming Sony Inzone M9 adalah pesaing langsung monitor terbaik dari Samsung, LG, Asus dan Acer.

Sony adalah salah satu produsen TV terkemuka di dunia, jadi tidak mengherankan jika mereka merilis beberapa monitor gaming yang hebat. Inzone M9 menghadirkan kualitas gambar tajam yang membuat game PS5 dan PC terlihat terbaik.

Fakta bahwa harganya yang sangat kompetitif yaitu Rp. 13 jutaan membuatnya hampir tak tertahankan, terutama jika sedang mencari monitor gaming tangguh yang tidak memakan banyak ruang. Ada monitor yang lebih baik, seperti Alienware 34, yang kami sukai, tetapi sulit untuk mengabaikan apa yang ditawarkan Inzone M9.

Tetapi jika mencari monitor yang lebih terjangkau, Gigabyte M32U adalah monitor gaming 32 inci 4K 144Hz solid yang dapat bersaing dengan Inzone M9 dengan harga Rp. 11 jutaan.

Itu tidak datang dengan fitur eksklusif PS5, tapi itu sangat berharga. Namun setahu kami, Inzone M9 adalah monitor yang lebih baik karena cocok untuk PC dan PS5. Itu saja membuatnya sepadan dengan harga yang sudah rendah.

Leave a Comment