Review Sony WF-1000XM4, Earbud Wireless Desain Baru

anakui.com – Desain baru, lebih banyak fungsi, dan fitur yang ditingkatkan menjadikan Sony WF-1000XM4 populer. Sony WF-1000XM4 adalah pemutakhiran earbud nirkabel yang kami tunggu-tunggu, dengan estetika yang lebih baik, suara, peredam bising, dan masa pakai baterai.

Spesifikasi Sony WF-1000XM4

Spesifikasi
Jenis headphone: nirkabel dalam telinga
Dimensi dan Berat: 1 x 0,8 x 0,8 inci (per bud), 2,4 x 1,5 x 1,1 inci (casing pengisi daya); 0,2 oz (per bud), 2 oz (casing pengisi daya)
Daya tahan baterai (nilai): 8 jam (ANC aktif), 12 jam (ANC mati), 24 jam (dengan casing pengisi daya), 35 jam (casing pengisi daya dan ANC mati)
Jangkauan Bluetooth: 33 kaki
ANC: ya
Dukungan codec: SBC, AAC, LDAC
Tahan air: Ya (peringkat IPX4)

Kelebihan

  • + Suara seluruh tubuh yang luar biasa
  • + Desain ulang yang cantik
  • + Pembatalan kebisingan yang kuat
  • + Masa pakai baterai yang hebat
  • + Banyak fitur yang dapat disesuaikan
  • + Kontrol pintar yang responsif

Kekurangan

  • – Kualitas panggilan masih buruk
  • – Pas tidak stabil
  • – Tidak ada teknologi multipoint atau NFC

Setelah berbulan-bulan bocor, Sony WF-1000XM4 akhirnya resmi. Penambahan terbaru pada seri in-ear Mark menyambut beberapa peningkatan. Secara khusus, prosesor audio baru (Sony V1) menjanjikan suara yang lebih jernih dan peredam bising aktif yang lebih baik.

Tunas ini juga memiliki desain ergonomis yang sama sekali berbeda dari pendahulunya, Sony WF-1000XM3 yang sudah jadi. Setelah beberapa hari pengujian, dapat dikatakan bahwa WF-1000XM4 adalah salah satu earbud peredam bising terbaik yang dapat dibeli dengan uang.

Faktanya, ini adalah salah satu earbud nirkabel terbaik secara keseluruhan. ANC yang lebih baik, suara yang lebih baik, masa pakai baterai yang lebih lama. Fitur baru aplikasi Sony Headphones Connect (bersama dengan favorit lama seperti 360 ​​Reality Audio dan kustomisasi EQ) dalam satu paket yang sangat seimbang.

Jika masih memperdebatkan earbud nirkabel mana yang akan dibeli, baca ulasan Sony WF-1000XM4 kami untuk mengetahui mengapa model ini sangat direkomendasikan.

Harga dan Ketersediaan

  • Pengiriman 1 Juli
  • Pilihan warna hitam dan silver

Sony WF-1000XM4 tersedia untuk pre-order sekarang. Toko Sony hanya mengatakan tanggal rilis “segera tersedia”, tetapi jika memesan dari Amazon atau Best Buy, sobat akan mendapatkannya dari 1 Juli. WF-1000XM4 tersedia dalam dua warna, hitam dan perak.

Sepasang kuncup ini berbagi MSRP yang sama Rp. 4,3 jutaan dengan pesaing peredam bising terkerasnya, Bose QuietComfort Earbuds, dengan peringkat lebih tinggi daripada favorit kategori seperti AirPods Pro  dan Samsung Galaxy Buds Pro.

Desain dan Kenyamanan

  • Desain yang ditingkatkan dengan peringkat IPX4
  • Namun, kecocokannya tidak terlalu aman.

Dengan bijak, Sony membuang bentuk WF-1000XM3 yang lebar dan memanjang dan memberi WF-1000XM4 desain oval yang lebih kecil dengan panel sentuh melingkar yang lebih besar.

Meskipun tidak menggantung di telinga seperti model lain (seperti Beats Studio Buds atau Jabra Elite 85t), bentuk WF-1000XM4 masih kurang menonjol dan lebih premium serta kokoh dibandingkan pendahulunya.

Detail adalah beberapa yang terbaik yang ditunjukkan Sony di headphone. Cincin tembaga di tepi setiap kuncup membuat kuncup ini terlihat mencolok dan berfungsi ganda sebagai rumah mikrofon ANC. Logo timbul dan penempatan mikrofon juga merupakan sentuhan unik.

Jika berpikir untuk berolahraga dengan kuncup ini, yakinlah bahwa kuncup ini memiliki peringkat IPX4 untuk ketahanan terhadap keringat dan air. Kami juga menyukai lapisan matte yang mengkilap.

Tetapi kami sarankan untuk menyimpannya di dalam wadah pengisi daya saat tidak digunakan. Karena permukaannya dapat menjadi magnet bagi sidik jari dan goresan. Berbicara tentang casing pengisi daya, sepertinya Sony mengambil casing pengisi daya WF-SP800N dan mengubahnya sedikit.

Versi ini lebih kecil dan lebih ringan dan meletakkan kuncup rata di setiap pot. Lampu LED di bagian depan lebih panjang, menunjukkan level baterai dan status pemasangan, dan logo Sony di bagian atas berwarna emas. Ini juga menampilkan tekstur matte lembut yang pas di tangan.

Fit adalah kelemahan utama WF-1000XM3, karena panjang dan berat WF-1000XM3 menyebabkan masalah stabilitas. Kami pikir desain WF-1000XM4 yang lebih kecil akan menyelesaikan masalah ini, tetapi sayangnya tidak.

Tip busa pra-pasang tidak seaman tip silikon yang dibundel, dan tidak ada jenis yang dapat membuat segel kedap udara yang menahan kuncup di tempatnya. Juga, port suara yang memanjang sangat panjang sehingga Anda harus menekannya. Jauh untuk mengisi lubang telinga.

Mendorong kuncup yang jauh ke dalam telinga terasa canggung, dan lubang tersebut menyebabkan ketidaknyamanan di sekitar telinga luar setelah satu jam pemakaian.

Akibatnya, kami tidak dapat merekomendasikan WF-1000XM4 sebagai salah satu headphone olahraga terbaik, bahkan dengan tambahan ketahanan air. Karena resiko kerja longgar saat berolahraga terlalu tinggi. Untuk mendapatkan kecocokan terbaik, sobat harus mengandalkan pengujian Tip Earbud Optimal Sony.

Kabar baiknya adalah ini seperti Apple Ear Tip Fit Test yang tepercaya. Fitur aplikasi dapat mendeteksi penyesuaian yang tidak tepat dan memberikan umpan balik yang diperlukan untuk memastikan bud terpasang dengan aman.

Kontrol Sentuh dan Asisten Digital

  • Kontrol responsif dan dapat disesuaikan
  • Asisten Google, Alexa, dan Siri semuanya berfungsi

WF-1000XM3 kesulitan mengenali ketukan dan deteksi gerakan, tetapi WF-1000XM4 mencatatnya secara akurat. Panel sentuh diprogram dengan satu set lengkap kontrol media termasuk manajemen panggilan, pemutaran, aktivasi suara, volume dan aktivasi mode mendengarkan.

Apa yang keren adalah bahwa masing-masing dapat ditetapkan ke kuncup dan memiliki metode operasinya sendiri (ketukan tunggal, ganda dan tiga kali atau tekan lama). Pemutaran juga otomatis dijeda saat melepas salah satu kuncup dari telinga.

Kami pikir Sony melewatkan kesempatan untuk membuat cincin tembaga multifungsi. Bayangkan sebagai dial yang berputar melalui mode mendengarkan atau menyesuaikan volume. Itu akan sangat inovatif. Mode perhatian cepat dapat diaktifkan di aplikasi pendamping.

Mode ini menurunkan volume hingga sekitar 10% sehingga sobat dapat mengobrol dengan orang lain atau mendengar apa yang terjadi di sekitar tanpa harus melepas kuncup. Fitur ini berfungsi seperti pesona dan dapat dengan mudah diaktifkan dengan menekan lama pada kuncup kiri.

WF-1000XM4 juga meminjam fitur Speak-to-Chat dari sepupu ocer-earnya yang luar biasa, Sony WH-1000XM4. Ini menggunakan mikrofon dan pemrosesan sinyal lanjutan untuk mengenali suara dan menjeda musik saat berbicara.

Kedengarannya berguna, tetapi juga bisa mengganggu jika lupa menonaktifkannya. Ini karena musik berhenti setiap kali berbicara atau bersenandung.

Integrasi Alexa dengan Asisten Google memungkinkan sobat mengakses bot AI dengan mengucapkan frasa tindakan “Hai Google” atau “Alexa”, tanpa memerlukan aktivasi manual melalui input sentuh. Siri juga tersedia untuk pengguna iOS/macOS.

Mereka semua bekerja sangat baik dengan rangkaian mikrofon Sony yang menunjukkan pengenalan suara yang bagus. Kami tidak mengalami masalah dalam menjalankan perintah suara untuk menangani tugas dasar sehari-hari, pencarian, dan tugas musik tanpa menggunakan tangan.

Peredam Bising Aktif Sony WF-1000XM4

  • ANC yang sangat efektif
  • Mode ambien yang sangat dapat disesuaikan

Bose telah mencapai prestasi yang luar biasa dengan menjejalkan teknologi ANC terbaik di kelasnya yang sebelumnya digunakan di Bose 700 ke dalam earbud kecil QuietComfort.

Sony juga menghadirkan sirkuit peredam bising adaptif WH-1000XM4 ke WF-1000XM4, yang dirancang untuk menyesuaikan dengan cepat berdasarkan lingkungan. Apakah sesukses langkah Bose? Tidak terlalu. Tapi itu tidak membuat ANC bud ini kurang mengesankan.

WF-1000XM4 melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam meminimalkan efek suara insidental saat mendengarkan musik. Suara-suara normal di sekitar rumah seperti bel pintu, peralatan dapur, dan dengungan dari AC terpusat semuanya telah diredakan.

Sprout melayani dengan baik selama jam kantor sementara bibi mengawasi bayi. Geramannya tidak pernah berhasil melewati pemandangan suara. Tetapi tangisannya yang keras juga tidak, yang secara mengejutkan tidak mengganggu kecuali terjadi di ruangan yang sama.

Sony juga mengubah peredam bising untuk menangani frekuensi dan gemuruh yang lebih keras dengan lebih baik. Misalnya, pekerjaan tongkang yang ditempatkan tepat di seberang jalan tidak diperhatikan saat berjalan, dan tidak ada sirene atau klakson mobil yang berbunyi dari beberapa blok jauhnya.

Itu adalah hantu pelari yang berisik menerima panggilan di Apple AirPods mereka. Ada juga pengaturan pengurangan kebisingan angin otomatis yang menyesuaikan ANC untuk mengurangi keberadaan angin.

Tidak apa-apa dan kedengarannya tidak terlalu bagus. Tetapi mengingat betapa buruknya hambatan angin dari semua headphone seri Mark lainnya, itu sebenarnya adalah pujian. Kontrol kebisingan sekitar kembali dengan 20 tingkat kebisingan sekitar yang dapat disesuaikan.

Setiap naik level membuka mikrofon untuk membiarkan lebih banyak suara dari luar masuk. Sobat ingin menyimpannya di suatu tempat antara 10 dan 20 untuk kesadaran. Level maksimal berfungsi paling baik untuk berbicara dengan istri dan mengawasi bayi melalui monitor bayi.

Sungguh menyenangkan juga bisa mendengar semua suara hula di luar rumah, mulai dari pengendara sepeda yang membunyikan bel di kawasan pejalan kaki hingga mobil yang berputar. Ada juga opsi untuk fokus pada suara. Ini jika menurut sobat percakapan yang lebih jelas itu penting.

Sobat juga dapat mengaktifkan peralihan otomatis di lokasi yang sering digunakan, yang menyesuaikan fungsi berdasarkan tindakan.

Kualitas Suara Sony WF-1000XM4

  • Audio yang lebih seimbang daripada WF-1000XM3
  • 360 Reality Audio Immersion bahkan di luar ruangan

Sony dapat mewarisi performa audio yang sama dari WH-1000XM3 dan kami akan puas. Untungnya, perusahaan telah meningkatkan profil suara. Memberikan WF-1000XM4 profil suara yang lebih dinamis dan terdefinisi dengan baik yang melengkapi semua jenis media mulai dari musik dan film hingga podcast dan eBook.

Pencitraan stereo bud ini menakjubkan, dengan instrumen ditempatkan dan diposisikan secara akurat di trek. Kami mendengarkan lagu Marvin Gaye “I Heard It Through the Grapevine” dan sungguh menakjubkan mendengar hi-hat yang menghentak dengan lembut dari saluran kiri dan bassline yang ikonik dan menjulang dari saluran kanan.

Ada perasaan imersif pada rekaman yang terasa hampir tidak nyata, seolah-olah para musisi sedang bermain di ruang tamu. Yang lebih mengejutkan adalah kejelasan dan kecemerlangan harmoni tegang Gaye. Sobat bisa merasakan rasa sakit dalam suaranya. Bass dahsyat memang identik dengan produk audio Sony.

Saat mengenai gendang telinga , kepala bergetar saat mengenai gendang telinga Bass yang meletup jauh lebih senyap dari model sebelumnya. Bass, mid, dan treble berbaur dengan menyenangkan, karena EQ default dirancang dengan mempertimbangkan keseimbangan.

Dentuman drum pada “Summer Love” milik Justin Timberlake tidak sekeras pada WF-1000XM3, tetapi keseluruhan presentasi tetap menyenangkan. Karena panggung suara diperlebar untuk menangkap karakteristik sonik yang tidak terlihat di radio lain. earphone.

Mengalihkan DSEE Extreme membuat perbedaan pada trek lo-fi. WF-1000XM4 mendemonstrasikan kemahiran yang patut dicontoh dalam “Protect Ya Neck.” Efek sensor baru dan sampel film kung fu terdengar bersih dan jernih. Bahkan konversi trek YouTube yang buruk di perpustakaan saya telah meningkatkan fidelitas.

WF-1000XM4 juga mendukung 360 Reality Audio. Ini pada dasarnya adalah jawaban Sony untuk audio spasial Apple, dan membawa efek 3D ke musik yang didukung.

Ini patut diperhatikan dan menawarkan pengalaman musik yang menarik pada layanan streaming musik yang kompatibel termasuk Deezer. Kuncup ini juga mendukung codec LDAC, AAC, dan SBC.

Aplikasi dan Fitur Khusus

  • Baik fitur baru maupun utilitas tepercaya
  • Tidak ada multipoint atau NFC

Aplikasi Sony Connect Headphones adalah hub untuk semua fitur headphone dan earbud nirkabel Sony yang diperluas. Pengguna diberikan sejumlah fitur dan mode yang dapat disesuaikan di berbagai kategori termasuk Audio, Kontrol, Konektivitas, Mode Mendengarkan, dan Fit.

Kami sudah menyebutkan beberapa: 360 Reality Audio, ANC, ambient listening, DSEE Extreme, Speak-to-Chat, dan Quick Attention. Sekarang mari kita uraikan aplikasi lainnya.

Ekualiser internal adalah fitur Sony yang memungkinkan membuat profil suara sendiri atau memilih dari berbagai prasetel yang dirancang dengan baik seperti Bass Boost, Bright, Excitement, Sweet, Relaxed, Treble Boost, Speech, dan Vocal.

EQ dasar sudah bagus, tetapi memiliki kebebasan untuk mengubah level frekuensi untuk suara yang dipersonalisasi adalah hadiah yang tidak boleh dianggap remeh.  Di bawah EQ terdapat pengaturan kualitas koneksi Bluetooth yang mengutamakan kualitas suara atau konektivitas.

Ini adalah opsi yang dapat diservis berdasarkan preferensi sobat. Detail lainnya seperti indikator level baterai pada earbud dan casing pengisi daya, kontrol sakelar untuk beberapa fungsi, pemutar musik, dan pembaruan firmware sangat dihargai.

Setelah Sony akhirnya menambahkan dukungan konektivitas multipoint ke WH-1000XM4, kami berharap WF-1000XM4 juga menyertakan fitur ini. Bagi siapa pun yang dapat hidup tanpa memasangkan kuncup ini ke kedua perangkat secara bersamaan, ini bukan kerugian besar. Tanpa NFC, ini jauh lebih sulit.

Sayang sekali tidak ada opsi untuk memasangkan WF-1000XM4 dengan mudah dengan mengetuk wadah pengisi daya di bagian belakang smartphone yang kompatibel.

Masa Pakai Baterai dan Wadah Pengisi Daya

  • Bukan pengecualian tapi masih perbaikan
  • Kasing sekarang mendukung pengisian daya nirkabel.

WF-1000XM3 awalnya menetapkan standar masa pakai baterai untuk earbud peredam bising pada pemutaran ANC selama 6 jam. Waktu telah berubah dan standar telah meningkat, tetapi Sony telah meningkatkan masa pakai WF-1000XM4.

Set bud ini menyediakan hingga 8 jam dengan ANC aktif, dan dapat diperpanjang hingga 12 jam dengan ANC nonaktif. Dengan memperhitungkan volume, streaming berat, dan panggilan, waktu pemutaran turun dari sekitar 45 menit menjadi satu jam, yang masih lebih lama dari AirPods Pro (4,5 jam) dan Earbud QuietComfort (6 jam).

Saingan earbud kelas atas seperti Master & Dynamic MW08 dapat mengisi daya lebih lama dengan ANC aktif (10 jam). Tetapi WF-1000XM4 memiliki pengoptimalan baterai yang lebih baik, memungkinkan mereka memeras semua daya sebelum mengisi ulang.

Dan jika sobat adalah tipe orang yang tidak suka mendengar notifikasi baterai lemah, bud ini hadir dengan teknologi pengisian cepat paling kuat yang pernah ada. Pengisian daya 5 menit memberi 1 jam penggunaan.

Casing pengisi daya juga secara signifikan meningkatkan total waktu putar antara 24 dan 36 jam tergantung cara menggunakan bud. Itu mengesankan mengingat seberapa kecil kasing ini dari versi sebelumnya.

Pengisian nirkabel berkemampuan Qi juga tersedia sebagai bagian dari paket, tetapi casing menjadi sangat panas saat menggunakan pengisian nirkabel.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

  • Kualitas panggilan membutuhkan kerja ekstra.
  • Bluetooth 5.2 biasanya berfungsi dengan baik.

Satu area yang perlu diperbaiki Sony masih membutuhkan perhatian serius. Kualitas panggilan WF-1000XM4 sedikit lebih baik daripada WF-1000XM3, tetapi jangan salah mengira itu baik atau bagus.

Menurut istri, banyak kebisingan dan kebisingan sekitar yang tertangkap di mikrofon, dan sulit untuk berkomunikasi dengan kami. Hambatan angin juga di bawah standar, tetapi menerima panggilan di dalam rumah tidak akan memberikan hasil yang jauh lebih baik.

Namun, WF-1000XM4 bagus untuk obrolan video. Meskipun kami menerima umpan balik positif dari beberapa pelanggan selama panggilan Zoom kami, Mike tidak tahan dengan tangisan bayi di ruangan di sisi lain. Sisi positifnya, Bluetooth 5.2 menyediakan koneksi yang kuat dan stabil.

Membuka kasing mengaktifkan mode berpasangan dan kuncup secara otomatis muncul di daftar perangkat yang tersedia. Google Fast Pair mempercepat proses sehingga sobat dapat memasangkan hanya dengan menekan satu tombol di smartphone Android.

Fitur ini juga menawarkan saran untuk menyiapkan asisten digital asli atau mengunduh aplikasi pendamping jika Anda belum melakukannya.

Kesimpulan

Sony WF-1000XM4 adalah pemutakhiran hebat yang mengemas suara elit, peredam bising, dan fitur luar biasa ke dalam desain cantik yang diperbarui. Harga mungkin menjadi batu sandungan, tetapi fakta bahwa rangkaian kuncup ini menawarkan fitur yang secara keseluruhan lebih baik daripada semua model lain di kelasnya sangat berharga.

Tambahkan masa pakai baterai yang lebih lama dan spesifikasi yang lebih kuat ke persamaan, dan sobat akan melihat mengapa mereka menjadi pesaing teratas dalam peringkat earbud nirkabel terbaik kami.

Namun, tidak semua perubahan berjalan sesuai rencana. Desain baru menarik perhatian, tetapi tidak menawarkan kesesuaian atau kenyamanan yang paling aman. Mikrofon yang lebih kuat tidak sebanding dengan kualitas panggilan yang lebih baik.

Namun sejujurnya, sobat akan lebih mementingkan performa audio dan noise cancelling daripada menggunakan WF-1000XM4 sebagai headset untuk menelepon. Jika demikian, set kuncup andalan Sony terbaru adalah pilihan yang sangat baik dan alternatif utama untuk pemukul berat seperti AirPods Pro dan Earbud QuietComfort.

Leave a Comment