Review Sony WF-C500, Headset Wireless Fitur Premium

anakui.com – Sony WF-C500 seharga Rp. 1,5 jutaan adalah headset wireless yang terjangkau bagi pecinta bass. Earbud anggaran ini menawarkan fitur premium dan kualitas suara dalam paket yang rapi dengan harga yang terjangkau.

Spesifikasi Sony WF-C500

Spesifikasi
Ukuran: 1,2 x 1,1 x 0,9 inci (per buds)
Berat: 0,2 ons (per buds)
Masa pakai baterai (nilai): 10 jam; 20 jam (casing pengisi daya)
Jangkauan Bluetooth: 70 kaki
ANC: tidak

Kelebihan

  • + Bass bertenaga
  • + Dukungan +360 Reality Audio dan DSEE
  • + Waktu bermain yang lama
  • + Bekerja dengan aplikasi Sony Headphones Connect
  • + Konektivitas yang kuat

Kekurangan

  • -Kurangnya beberapa fitur yang ditemukan di model kelas atas Sony.
  • – Casing pengisi daya hanya mampu mengisi 2 kali pengisian penuh tambahan.
  • – Tidak ada kontrol sentuh

Saat memikirkan sepasang earbud nirkabel Sony, sobat mungkin memikirkan salah satu model berperforma tinggi yang dapat ditawarkan dengan harga tinggi. Tapi itu tidak selalu terjadi, dan raksasa elektronik sering merilis desain yang memberikan pengalaman merek yang luar biasa untuk sebagian kecil dari biaya in-ear andalan mereka saat ini (WF-1000XM4).

WF-C500 adalah model itu, dan meskipun merupakan pilihan yang ramah anggaran, ia hadir dengan beberapa fitur penting termasuk 360 Reality Audio, Digital Sound Enhancement Engine (DSEE) Extreme, dan dukungan untuk aplikasi Sony Headphones Connect.

Tidak semua fitur kelas atas Sony terpotong (mis. Pembatalan bising aktif, dukungan LDAC, dan kontrol cerdas semuanya MIA), dan casing pengisi daya juga tidak banyak daya. Tetap saja, paket keseluruhannya sangat berharga dan terlalu bagus untuk dilewatkan.

Baca ulasan Sony WF-C500 lengkap kami dan cari tahu mengapa ini adalah salah satu penawaran nirkabel sejati terbaik.

Harga dan Ketersediaan

  • Model nilai yang seringkali lebih didiskon
  • Pilih dari tiga warna

WF-C500 dijual seharga Rp. 1,5 jutaan melalui toko Sony, tetapi juga dijual di pengecer online besar seharga Rp. 1 jutaan. Tersedia dalam warna hitam, putih sebagai eksklusif Amazon atau hijau sebagai eksklusif Best Buy.

Casing pengisi daya, kabel pengisi daya USB-C, 4 set eartip dalam berbagai ukuran, panduan pengguna, dan kartu garansi disertakan di dalam kotak. Sebagai perbandingan, earphone ini memiliki daftar harga yang lebih tinggi daripada beberapa earphone nirkabel termurah di pasaran, termasuk OnePlus Buds Nord dan 1More PistonBuds Pro dengan peredam bising.

Ini juga jauh lebih murah daripada seluruh jajaran AirPods: AirPods 2, AirPods 3, dan AirPods Pro. Tandai halaman penawaran headphone kami untuk informasi penjualan terbaru.

Desain dan Kenyamanan Sony WF-C500

  • Desain yang kokoh
  • Kasing transparan terlihat keren.
  • Beberapa ketidaknyamanan saat menggunakan kontrol

Earbud WF-C500 tidak akan membuat terkesan dengan penampilannya. Sobat mendapatkan desain minimalis dengan sedikit detail seperti logo, LED, dan bukaan mikrofon. Tombol oval diletakkan rata di atas latar belakang polos.

Kualitas pembuatannya kokoh dengan seluruh rangka dibuat dari plastik keras yang diberi peringkat IPX4 untuk ketahanan terhadap keringat dan air. Bagian WF-C500 yang lebih menarik secara estetika adalah wadah pengisi daya.

Kami suka penutup transparan yang memamerkan LED jingga yang bersinar terang dari dalam saat mengisi ulang. Desain berbentuk pil membuatnya nyaman untuk disimpan di saku dan tas sehari-hari. Magnet menutup penutup plastik dengan rapat, dan bagian luarnya dibuat untuk menahan goresan dan benturan sehari-hari.

Kontrol WF-C500 membutuhkan ambang rasa sakit yang tinggi untuk beroperasi, karena tombolnya sangat kaku sehingga memerlukan tenaga ekstra untuk menekan dan menyebabkan ketidaknyamanan di telinga dalam prosesnya. Saat tidak perlu mengaktifkan fitur, bud tidak memberikan banyak tekanan dan nyaman dipakai di perjalanan atau di meja.

Ujungnya pas dan menutup rapat di sekitar saluran akar. Sepasang tambahan di dalam kotak mengakomodasi pendengar dengan ukuran telinga yang berbeda. Banyak juga yang menganggap ukuran WF-C500 tidak mencolok.

Kontrol dan Asisten Digital

  • Tidak ada kustomisasi kontrol atau fitur pintar Sony
  • Tombol fisik sulit ditekan.
  • Dukungan digital yang dapat dipercayai

Kurangnya kontrol modern menghambat kegunaan WF-C500. Tidak ada panel sentuh atau deteksi keausan untuk memulai jeda otomatis saat kuncup dilepas. Seperti yang disebutkan, tombol-tombolnya sulit untuk ditekan dan tidak menyampaikan banyak umpan balik taktil, membuat pengguna menebak-nebak apakah suatu perintah sedang diaktifkan.

Sony juga membatasi skema kontrol, membiarkan bud kiri untuk volume dan bud kanan untuk yang lainnya (misalnya pemutaran, asisten digital). Manajemen panggilan adalah satu-satunya fungsi yang ditetapkan untuk kedua bud.

Siri, Asisten Google, dan Bixby semuanya dapat diaktifkan, dan perintah suara dapat dikeluarkan tanpa hambatan di setiap platform. Susunan mikrofon Sony melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menangkap kata-kata dan menafsirkan permintaan, memungkinkan bot AI dari Apple, Google, dan Samsung melakukan keajaiban mereka.

Karena kuncup ini tidak dikirimkan dengan prosesor Sony V1, sobat tidak akan mendapatkan fitur pengaktifan suara mewah seperti Speak-to-chat, yang secara otomatis menjeda musik saat mendengarnya.

Kualitas Suara Sony WF-C500

  • Profil Suara Hangat dan Bersemangat
  • Kompatibilitas dengan sebagian besar teknologi audio Sony
  • Tidak ada dukungan codec LDAC

Musik dari WF-C500 terdengar bertenaga. Profilnya mungkin tidak sedalam earbud nirkabel Sony lainnya, tetapi sobat dapat mengharapkan bass yang kuat dan nada tinggi yang tajam dengan mid yang tidak ditekankan.

Untuk menyetel suara, gunakan fungsi equalizer aplikasi pendamping untuk menyesuaikan frekuensi secara manual atau pilih dari sembilan prasetel yang memprioritaskan elemen sonik berbeda berdasarkan genre atau konten musik.

Di “Mask Off” Future, bassline yang mengancam terdengar keras dan seruling muram terdengar jelas dan berbeda. Banyak model di bawah Rp. 1,5 jutaan tidak dapat menangani produksi rekaman yang meledak dan cenderung membuat kekacauan yang terdistorsi.

WF-C500 menjaga bass tetap seimbang, tetapi semua nada rendah diambil dari bagian tengah, membuat vokal rapper sedikit teredam, meski tidak terdengar sepenuhnya.

Simbal dan nada piano menonjol dalam musik jazz klasik seperti “Dolphin Dance” karya Ahmad Jamal. Bass ganda juga memiliki gema yang bagus yang tetap konsisten selama perekaman.

Mengaktifkan DSEE di aplikasi telah membantu saya meningkatkan banyak file robekan CD di MacBook Pro saya. Pada mahakarya lo-fi seperti album “Enter the 36 Chambers” dari Klan Wu-Tang, ketepatannya bahkan lebih baik.

Sangat mengesankan bahwa Sony membuat kuncup ini kompatibel dengan platform audio spasial mereka (360 Reality Audio), meskipun teknologinya berjalan lebih baik pada model yang lebih bertenaga. Elemen tertentu, seperti umpan balik penonton, akan tetap terdengar imersif.

Tetapi jika merasa terlempar ke tengah medan perang saat menonton film perang, sobat mungkin ingin berinvestasi di earbud Sony WF-1000XM4 atau alternatif audio spasial lainnya seperti AirPods Pro. .

WF-C500 tidak memblokir kebisingan sekitar dengan baik. Kadang-kadang, suara-suara di sekitar memasuki soundscape. Apakah mereka cukup mengalihkan perhatian untuk menjauhkan saya dari musik? Tidak. Namun, disarankan untuk mendengarkan di lingkungan yang sunyi untuk menikmati audio yang lengkap.

Buds ini hanya mendukung AAC dan SBC. Kedua codec berjalan dengan lancar di perangkat iOS/macOS dan Android. Sebagian besar earbud nirkabel Sony mendukung LDAC untuk pemutaran beresolusi tinggi hingga 990 kbps, dan beberapa mendukung aptX, tetapi WF-C500 tidak mendukung keduanya.

Aplikasi dan Fitur Khusus

  • Sobat dapat mengakses beberapa fitur Sony, tetapi tidak semuanya.
  • Tidak ada fitur ANC atau Find My Bird

Sobat perlu mengunduh aplikasi Sony Headphones Connect untuk menggunakan fitur khusus WF-C500. Kami sudah membahas sebagian besar seperti 360 ​​Reality Audio, DSEE, Equalizer.

Pembulatan adalah pelacak aktivitas yang menunjukkan cara menggunakan kuncup, pemutar musik dengan penggeser volume, indikator level baterai, pembaruan firmware, dan pengaturan kualitas koneksi Bluetooth yang memprioritaskan koneksi stabil atau kualitas suara.

Itu tidak memiliki beberapa fitur eksklusif Sony lainnya seperti penyesuaian ANC / Ambient Sound, Speak-to-Chat, dan Quick Chat. Kelalaian mencolok lainnya yang akan Anda temukan di aplikasi pesaing adalah matikan otomatis, kontrol kustomisasi, dan temukan teman saya.

Daya Tahan Baterai

  • 10 jam bermain sejak awal
  • Kasing pengisi daya bertahan hingga 20 jam.
  • Tidak ada pengisian nirkabel

Kabar baiknya adalah muatan penuh memberi 10 jam waktu mendengarkan. Itu dua kali lipat dari apa yang ditawarkan AirPods 2 dan AirPods Pro (5 jam), dan merupakan peringkat tertinggi dalam kategorinya. Penggunaan sedang selama empat hari (sekitar 2,5 jam setiap hari) sebelum mengisi ulang berjalan cukup baik.

Kasing pengisi daya bertahan hingga 20 jam, yang setara dengan mengisi daya earbud 2 kali lebih banyak. Mode pengisian cepat 10 menit menghasilkan waktu mendengarkan selama 1 jam, yang sangat nyaman.

Sony menawarkan masa pakai baterai yang layak secara keseluruhan, tetapi kasingnya tidak mendukung pengisian daya nirkabel. Sebagai perbandingan, kasing AirPods menyediakan biaya tambahan sekitar 24 jam, dan versi terbaru menampilkan pengisian daya nirkabel MagSafe.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

  • Tidak cocok untuk panggilan audio atau video
  • Performa nirkabel yang luar biasa

Sony telah meningkatkan performa kualitas panggilan pada model yang lebih mahal, termasuk LinkBuds S dan WF-1000XM4. WF-C500 tampaknya tidak memiliki peningkatan ini. Beberapa penelepon menyebutkan peredam suara di pihak kami, yang efeknya meningkat saat berbicara di luar ruangan.

Mikrofon juga menangkap banyak kebisingan dan angin sekitar, dan kinerjanya hanya dapat diterima saat menerima panggilan di dalam ruangan di ruangan yang sunyi.

WF-C500 mengkompensasi kualitas panggilan yang buruk dengan konektivitas yang kuat. Bluetooth 5.2 berfungsi dengan baik, mencapai mendengarkan nirkabel hingga 80 kaki dan langsung dipasangkan dengan perangkat yang dikenali. Google Fast Pair mempercepat proses di perangkat Android.

Berharap kami memiliki teknologi multipoint (menyambungkan ke dua perangkat secara bersamaan) dan fungsionalitas tap-to-pair NFC? Tentu, tetapi kedua kelalaian tersebut dibenarkan saat mempertimbangkan MSRP.

Kesimpulan

Dengan WF-C500, Sony memiliki earbud nirkabel terbaik di bawah $100. Mendapatkan performa bass dari beberapa model mid-range dengan teknologi eksklusif yang meningkatkan pengalaman mendengarkan belum pernah terdengar pada titik harga ini.

WF-C500 tidak sempurna, seperti yang dicontohkan oleh kontrol yang tidak praktis dan kapasitas wadah pengisi daya yang biasa-biasa saja, tetapi itu adalah keluhan kecil mengingat tingkat suara yang direkayasa Sony ke dalam kuncup kecil ini untuk memberi mereka nilai yang luar biasa. pembelian.

Leave a Comment