Review Sony WH-1000XM5, Headphone Performa Premium

anakui.com – Suara terbaik dan sertifikasi lingkungan terbaik. Headphone Sony WH-1000XM5 menghadirkan performa luar biasa dalam desain penuh gaya dengan harga lebih premium.

Sony mendemonstrasikan keahliannya secara keseluruhan dengan XM5, dengan performa ANC yang luar biasa dan headphone bersuara bagus yang memenuhi syarat sebagai Echo.

Spesifikasi Sony WH-1000XM5

Spesifikasi
Daya Tahan Baterai (Terukur): Hingga 40 jam; 30 jam (ANC diaktifkan)
Jangkauan Bluetooth: Tidak ditentukan
Fitur Khusus: ANC
Berat: 8,8 ons

Kelebihan

  • + Suara jernih dan menarik
  • + Opsi kontrol yang bagus
  • + Pembatalan kebisingan yang mengesankan
  • + Masa pakai baterai yang lama
  • + Kualitas panggilan yang sangat baik

Kekurangan

  • – Kenaikan harga dengan desain ulang dan sertifikasi lingkungan
  • – Area sekitar telinga menjadi panas saat mendengarkan dalam waktu lama

Headphone over-ear peredam bising aktif nirkabel Sony WH-1000XM5 adalah masalah besar. Mereka secara luas dianggap sebagai headphone nirkabel terbaik yang dapat dibeli, terutama mengingat headphone yang mereka gantikan (Sony WH-1000XM4).

Mereka memiliki semua kualifikasi untuk menjadi headphone audiophile terbaik di luar sana. Jadi, terlepas dari variasi yang dapat diprediksi, kami beruntung melaporkan pickup WH-1000XM5 tepat di mana XM4 berhenti.

Kualitas suara yang sangat baik dalam segala hal, pembatalan kebisingan yang lebih baik dan proposal gema yang sangat andal menjadikan satu set kaleng ini semenarik model alternatif. Tapi itu tidak semua kabar baik.

Pengalaman kami dengan headphone Sony menunjukkan bahwa meskipun kami yakin harga yang diminta akan segera turun, harga peluncuran XM5 akan sangat menarik. Dan jika mengharapkan bling-bling untuk pengeluaran (tidak signifikan), sobat akan kecewa.

Terutama pada hasil akhir ‘ecru’ dari sampel ulasan kami, WH-1000XM5 memiliki tampilan yang hambar dan biasa-biasa saja. Tetap saja, mudah untuk melupakan tampilannya saat memakainya. Dan masih lebih mudah saat mendengarkan.

Harga dan Ketersediaan

Headphone over-ear peredam bising aktif nirkabel Sony WH-1000XM5 mulai dijual akhir bulan ini. Mulai dari Rp. 6 jutaan dan tersedia untuk pre-order melalui situs web Sony, Amazon dan Best Buy serta pengecer lainnya. Jika tinggal di Australia, sobat dapat memesan di muka WH-1000XM5 langsung dari Sony.

Ini tidak diragukan lagi berada di puncak pasar headphone over-ear ‘mainstream’, bergerak menuju ranah ‘gaya hidup mewah’ tempat orang-orang seperti Bang & Olufsen, Apple (dengan AirPods Max) dan Montblanc berkumpul.

Tentu saja, pesaing XM5 yang paling jelas, seperti Bose dan Sennheiser, semuanya terasa lebih murah. Sobat juga dapat melihat perbandingan AirPods Max — Sony WH-1000XM5 vs AirPods Max. Tapi sepertinya Sony tidak akan mempertahankan harga ini untuk waktu yang lama.

Setiap model 1000X sebelumnya telah dirilis dengan label harga terbaik, dan setiap model 1000X sebelumnya menjadi jauh lebih murah untuk pesanan yang cukup singkat. Jadi, kecuali menikmati menjadi pengguna awal (dan tidak keberatan membayar untuk hak istimewa), pasti layak untuk melihat diskon apa yang terungkap.

Adapun pendahulu XM5, ini juga merupakan penipuan, karena XM4 masih tersedia dan harganya setidaknya Rp. 750 ribu lebih murah. Pertikaian antara Sony WH-1000XM5 dan WH-1000XM4 akan membantu sobat memilih di antara keduanya.

Desain Sony WH-1000XM5

Sony telah memikirkan kembali desain WH-1000XM5. Tentu saja mereka berangkat dari WH-1000XM4 yang keluar, atau setidaknya sebanyak mungkin dalam hal headphone over-ear nirkabel. Ada sesuatu yang sedikit licik tentang tampilan XM5.

Ini memiliki bentuk yang lebih ramping dari model sebelumnya. Sengan desain aerodinamis yang meningkatkan aliran udara di bingkai headphone untuk mengurangi kebisingan angin. Branding minimal, hanya logo kecil ‘Sony’ di setiap engselnya.

Ear cup dan ikat kepala hampir tidak memiliki fitur dan sepenuhnya anonim. WH-1000XM5 tersedia dalam warna hitam atau krem ​​(baca ‘uncool beige’) dan sebagian besar terbuat dari acrylonitrile butadiene styrene (ABS). Sony sangat tertarik dengan ABS saat ini.

ABS adalah bahan yang sangat berguna dalam hal akustik, dan sertifikasi ramah lingkungannya sempurna. Karena sebagian besar terbuat dari plastik daur ulang dan dapat didaur ulang lagi setelah masa pakainya berakhir.

Keramahan lingkungan keseluruhan dari WH-1000XM5 harus diperhitungkan, dan itu juga berlaku untuk kotak ritelnya. Kemasan kami yang tidak diputihkan, tidak dicetak, dan dapat didaur ulang sepenuhnya dijamin terbuat dari ‘bahan campuran asli’ dan benar-benar bebas dari plastik.

Dengan berat 8,8 ons, XM5 sedikit lebih ringan dari model yang mereka gantikan. Hadir dengan tas jinjing yang praktis dan dapat dilipat yang sedikit lebih besar dari headphone itu sendiri. Ada banyak artikulasi di mana engsel bertemu dengan penutup telinga, tetapi XM5 tidak terlipat sendiri seperti XM4, dan hanya terlipat rata, yang nyaman.

Kenyamanan

WH-1000XM5 adalah salah satu headphone over-ear nirkabel premium yang lebih ringan. Dan berkat kombinasi desain gantungan yang cermat, kulit buatan yang lembut, dan busa memori di bagian tengah penutup telinga dan di dalam ikat kepala, mengenakannya tidak lebih berat daripada bobot trimnya.

Earcup memiliki ukuran yang masuk akal, jadi selama telinga tidak terlalu besar, ukurannya akan pas. Tidak seperti beberapa desain alternatif, Sony tidak akan membuat kita kewalahan dengan kepala yang lebih kecil.

Namun meski tidak dapat disangkal nyaman, konstruksi material bantalan telinga tampaknya mengembalikan panas tubuh lebih cepat daripada beberapa desain pesaing.

Kontrol Sony WH-1000XM5

Ada banyak pilihan di sini, dan itu kabar baik, tetapi kabar baiknya adalah semuanya bekerja dengan sangat baik. Permukaan sentuh kapasitif di earcup kanan menangani yang jelas dengan cara yang konsisten dan andal.

Di sini sobat dapat ‘play/pause’, ‘volume up/down’, ‘skip forward/skip back’ dan ‘answer/end/reject calls’ tanpa usaha apa pun. Earcup kiri, sementara itu, memiliki tombol fisik untuk menggilir opsi peredam bising (‘Aktif’ atau ‘Suara Sekitar’).

Tingkat ‘Suara Sekitar’ yang ingin didengar dapat ditentukan di aplikasi kontrol ‘Headphone’, dan itu bukan satu-satunya fitur yang disertakan dalam aplikasi.

Di sini sobat dapat menyesuaikan pengaturan EQ, mengizinkan peredam bising aktif agar sesuai dengan situasi atau lingkungan khusus, mengatur XM5 agar berfungsi dengan algoritme suara spasial Audio Realitas 360 Sony, dan menyambungkan headphone secara nirkabel ke kedua perangkat secara bersamaan.

Ini adalah aplikasi yang andal, berguna, dan berfitur lengkap, lebih baik daripada hampir semua alternatif yang pernah saya temui. Namun, kami tidak menyarankan untuk menyesuaikan pengaturan ‘Clear Bass’. Beberapa fitur diberi nama yang lebih tidak tepat.

WH-1000XM5 memiliki total 8 mikrofon, yang terlibat dalam interaksi berbantuan suara serta peredam bising dan telepon. Tidak mengherankan, Sony bekerja dengan asisten suara asli Source Player, tetapi juga memiliki Amazon Alexa built-in.

Apa pun asisten suara yang dipilih, Sony dapat berkomunikasi dengan jelas dan konsisten. OK Google, dengan deteksi kata bangun penuh, diimplementasikan dengan sangat baik dan cukup di luar persaingan nominal.

Kualitas Suara

WH-1000XM5 menghadirkan suara menggunakan dua driver dinamis jangkauan penuh seluler yang disempurnakan dengan mika. Dengan diameter hanya 30mm, ini terlihat seperti gerakan retrograde.

Dengan diameter hanya 30mm, mereka lebih kecil dari yang ditemukan pada XM4 keluar dan lebih kecil dari driver yang ditemukan di hampir semua headphone over-ear saingan.

Tapi pertempuran audio tidak menang atau kalah di atas kertas, dan XM5 membuang sedikit waktu untuk menunjukkan apa yang dilakukannya dengan driver, bukan ukurannya. Bagaimanapun, Sony adalah pendengar yang percaya diri, meyakinkan, dan menyenangkan.

Pendengaran dilakukan menggunakan iPhone 13 mini sebagai sumber untuk memutar konten dari layanan streaming Qobuz dan Tidal. Kami juga menyambungkan headphone ke ampli DAC/headphone eksternal yang terhubung ke Apple MacBook Pro (2020) dan mengalirkan musik menggunakan layanan yang sama.

Secara keseluruhan, nada suaranya netral dan alami, dengan hanya sedikit kesan pengurangan treble. Frekuensi yang lebih rendah berotot tetapi gesit, kaya akan detail dan tekstur, dan rentang frekuensi yang lebih tinggi menyampaikan dasar yang teratur tanpa membayangi presentasi.

Hal ini memungkinkan rentang midrange di mana vokal dapat disampaikan tanpa hambatan. Tingkat detail sama kayanya di sini, menjadikan XM5 komunikatif dan sejelas headphone dengan harga ini. Di ujung atas, XM5 memiliki selera bagus yang tidak membuat saya terlalu bersemangat, tetapi masih berhasil menggigit dan memoles dengan treble tinggi.

Frekuensi dari ujung bawah rentang ke ujung atas rata dan halus. Ada ekspresi ritmis yang bagus yang dibebaskan dari musik yang dapat diberikannya di awal. Banyak ruang kepala dinamis untuk menempatkan jarak yang tepat antara momen yang lebih tenang, lebih reflektif, dan tandingan terburu-buru parau ke paduan suara terakhir.

Seperti yang telah diamati, tingkat detailnya tinggi, dan perhatian yang cermat diberikan bahkan pada informasi yang paling singkat dan singkat yang terkandung dalam rekaman untuk melukiskan gambaran yang lengkap dan jelas.

Pembatalan Kebisingan Aktif

Sebaliknya, berita tentang peredam bising aktif lebih baik. Headphone Sony selalu ada dalam hal kualitas suara, tentu saja, tetapi mereka sering kali ‘sangat bagus’ daripada ‘hebat’ dalam hal peredam bising, tetapi tidak demikian di sini.

Tanpa meninggalkan jejak seberapa keras sirkuit ANC bekerja, XM5 membatalkan hampir semua suara luar, meninggalkan latar belakang gelap yang bagus untuk musik melakukan tugasnya. Yang mengatakan, XM5 sebanding dengan beberapa peredam bising terbaik (artinya Bose).

Daya Tahan Baterai

WH-1000XM5 dapat digunakan selama 30 jam di antara pengisian daya saat peredam bising aktif dibiarkan aktif, dan hingga 40 jam saat dimatikan. Saat mengisi daya melalui input USB-C di earcup kanan, XM5 membutuhkan waktu santai 3,5 jam untuk beralih dari ‘datar’ ke penuh, dan dapat menyimpan daya selama satu jam setelah sekitar 10 menit.

Tidak seperti produk yang mereka gantikan, XM5 kompatibel dengan USB-PD (Power Delivery), dan saat diisi dengan cara ini, sobat bisa mendapatkan daya tiga jam hanya dalam tiga menit.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

Yah, mereka membantu XM5 menunjukkan kualitas panggilan yang dapat dengan mudah digambarkan sebagai ‘teladan’. Kebisingan angin dijaga seminimal mungkin dan kedua ujung dialog berbeda dan langsung. Sulit untuk mengetahui apa yang dapat diminta secara realistis.

XM5 menggunakan Bluetooth 5.2 untuk konektivitas nirkabel dan, seperti XM4, kompatibel dengan codec SBC, AAC, dan LDAC. Kurangnya keterlibatan codec aptX masih mengecewakan. Lagi pula, kita tidak semua menginginkan smartphone Sony, tetapi XM5 dapat menangani konten beresolusi tinggi dengan baik di tingkat paling mahal dari layanan streaming favorit Anda.

Kasus terburuk dalam hal masa pakai baterai, ada input analog 3,5mm di earcup kiri dan kabel 3,5mm ke 3,5mm di tas pembawa (asalkan Anda memiliki sumber dengan jack output yang sesuai). ).

Kesimpulan

Ekspektasi tinggi untuk rilis headphone over-ear seri XM Sony generasi berikutnya, dan ekspektasi tersebut telah dipertahankan dalam hal performa keseluruhan.

Ini menunjukkan kepada para pesaing bahwa mereka perlu meningkatkan permainan mereka, terutama dalam hal kinerja ANC, dan sertifikasi lingkungan yang terus terang terpuji yang dibawa Sony dengan penggunaan bahan dalam headphone dan kemasan.

Apa pun yang mereka buat dari estetika desain yang bersahaja dan kenaikan harga, kombinasi kualitas audio, peredam bising, dan interaktivitas secara keseluruhan sangat mengesankan, dan Sony WH-1000XM5 generasi berikutnya adalah langkah maju yang bagus.

Leave a Comment