Spesifikasi Laptop HP Victus 16: Laptop Gaming Murah

AnakUI.com – Spesifikasi Laptop HP Victus 16, Seri ini bergabung dengan keluarga laptop gaming kecil dengan keyboard yang kuat dan nyaman dikelilingi oleh desain yang simpel, minimalis, dan mutakhir. Komponen ini sangat cocok untuk bekerja atau bermain game. Seri ini merupakan Laptop Gaming Terbaik dibawah 15 juta yang tak merusak kantong kalian.

Ya, HP membuang RGB bling ke luar jendela. Meskipun demikian, kami tidak terlalu terkesan dengan audionya, dan GPU GeForce RTX 3050 Ti yang disertakan jelas berada di ujung bawah spektrum seri GeForce RTX 30. Konon, Laptop Victus 16 menawarkan nilai signifikan untuk PC gaming arus utama.

Spesifikasi Laptop HP Victus 16

Spesifikasi Laptop HP Victus 16

Spesifikasi Laptop HP Victus 16 pada dasarnya menggantikan merek HP Pavilion Gaming. Simbol “V” “berasal” dari “berlian” yang digunakan di lebih banyak game bermerek Omen hardcore. Intinya, ini adalah game PC yang dirancang untuk berbagai tugas, tercermin dalam lencana dan bangunan.

ProcessorIntel Core i5-11400H, Core i7-11800H (i7-11800H as tested)
Display16.1-inch (1,920×1,080, 144Hz), 300 nits rated (as tested); 16.1-inch (2,560×1440, 165Hz), 300 nits
Memory8/12/16/32GB DDR4-2933; 16GB (2x8GB) as tested
Storage256GB/512GB/1TB PCIe SSD, with 32GB Optane options; 512GB PCIe NVMe M.2 SSD + 32GB Optane as tested
GraphicsGeForce RTX 3050Ti (4GB)/ RTX 3060 w/6GB GDDR6 (as tested)
Ports1 USB-C (5Gbps, DisplayPort 1.4, charging); 3 USB-A (5Gbps, 1 w/charging enabled); HDMI 2.1, Gigabit Ethernet, SD card slot, 3.5mm jack
CameraUser-facing: 720p video
BatteryDesign: 70.2Wh; Full: 65.2 Wh
WirelessWi-Fi 6 (802.11ax 2×2), Bluetooth 5.0
Operating systemWindows 11 Home
Dimensions14.57 x 10.24 x 0.93in
Weight5.44lb
ColorMica Silver (as reviewed), Performance Blue, Ceramic White

Laptop HP Victus 16 ini dikirim dari HP dalam tiga bagian. 18 jutaan 16-e0097nr (dengan Ryzen 7 dan GPU Nvidia RTX 3050 Ti), 12 jutaan 16z-e000 (dengan Ryzen 5 dan Nvidia GTX 1650), dan 10 jutaan 16t -d000 (dengan Core i5 dan GTX 1650). Unit penelitian kami adalah kelas atas 16-d0097nr.

Saya menemukan 16-d0020tg (dengan Core i5-11400H dan Nvidia RTX 3050Ti) seharga 15 jutaan di Target, dan 16-e0010nr (dengan CPU Ryzen 5600H dan GPU RTX 3050) seharga 14 jutaan di Norwegia.

Kelebihan

  1. Nilai yang sangat bagus
  2. Keyboard yang sangat nyaman
  3. Layar besar 16 inci 1080p dengan kecepatan refresh 144Hz yang tinggi

Kekurangan

  • RTX GPU kurang bagus
  • Audio kurang jernih
  • Engsel layar agak tipis

Harga stiker yang rendah membantu menghadirkan laptop gaming 16 inci beranggaran rendah ini ke dalam jajaran notebook gaming pilihan yang layak dibeli.

Desain dan Build

Beberapa laptop gaming terbaik menawarkan terlalu banyak pengalaman “gamer”, dengan pencahayaan RGB menutupi seluruh keyboard. Spesifikasi Laptop HP Victus 16 lebih tenang, perangkat diskusi yang menampilkan seni serba hitam yang memprioritaskan apa yang Anda lihat di monitor daripada yang lainnya. Dengan berat 5,44 pon dan tebal 0,93 inci, rasanya tidak terlalu mengesankan. Beratnya sedikit lebih berat dari laptop gaming 16 inci lainnya yang kami bahas, Acer Predator Triton 500 SE. Acer Predator Triton 500 SE lebih mahal tetapi menyertakan monitor beresolusi lebih tinggi dengan kecepatan refresh yang lebih cepat.

Dalam buku saya, itu nilai tambah yang nyata. Kami belum melihat masa depan di mana laptop tipis dan ringan cocok dengan casing grafis eksternal, memadukan dan mencocokkan produktivitas dan permainan, jadi PC seperti Victus mengisi ceruk itu. Pada dasarnya, laptop cukup dingin sehingga kipas mekanis menyedot udara dari bagian bawah laptop dan mendorongnya ke samping dan ke belakang. Di dalam, Victus menyertakan empat pipa panas, yang menurut HP memiliki panjang sirip 54% lebih panjang, ukuran kipas 33% lebih besar, dan aliran udara 30% lebih banyak daripada laptop Pavilion Gaming sebelumnya.

Dalam praktiknya, ini diterjemahkan menjadi desisan yang sangat rendah saat kipas berbunyi selama tugas kantor seperti menjelajah web, yang sedikit lebih keras daripada laptop produktivitas lainnya di kantor. Tidak mengherankan, penggemar membuat banyak panggilan telepon selama pertandingan. Jika mau, Anda dapat membuka Omen Gaming Hub dengan mengetuk tombol berlian di dekat tombol daya. Ini memiliki tab kontrol kinerja satu tombol untuk menempatkan laptopk secara manual ke mode senyap untuk penggunaan kantor dan model standar atau kinerja terpisah untuk bermain game.

Spesifikasi Laptop HP Victus 16

 

Namun, meskipun kipas berputar dengan kecepatan penuh, koil tidak dapat berdengung. Yang bisa saya dengar hanyalah “desisan” dari mekanisme kipas. HP telah melakukan pekerjaan dengan baik di sini. Namun, seperti yang ditunjukkan oleh pengujian kinerja kami, kinerja laptop menurun drastis dari waktu ke waktu karena masalah termal.

Dari Spesifikasi Laptop HP Victus 16 adalah laptop plastik yang cukup kokoh untuk digunakan tanpa menambahkan apapun ke keyboard. Monitor dapat bergetar bolak-balik saat digerakkan atau dipindahkan, terutama saat dimiringkan ke depan atau ke belakang. Ini tidak hanya menarik bagi saya, tetapi cukup tipis.

Kelihatannya tidak terlalu bagus, tapi tidak buruk untuk harganya. Bezel monitor memiliki dagu 1 inci di bagian bawah, tetapi tidak terlihat lebih dari beberapa milimeter. Rasio layar ke bodi adalah 84%.

laptop yang ada biasanya dalam kategori 15 inci atau 17 inci, jadi 16 inci ini (atau 16 inci dalam faktor bentuk 15 inci sebagaimana HP menyebutnya) sangat tidak biasa. HP menawarkan opsi tampilan mulai dari 1080p (250 nits) low-end hingga 1080p pada 144Hz (300 nits) pada unit ulasan kami tanpa kekuatan HDR. HP menjual monitor 1440p dengan opsi 165Hz dengan tambahan $110, dan menawarkan monitor beresolusi lebih tinggi dengan kecepatan refresh lebih tinggi. Menurut pengukur kami, monitor 300 nit berperforma sangat tinggi menghasilkan 360 nit pada pencahayaan puncak. Colorimeter kami melaporkan bahwa tampilan menyediakan 100% gamut warna sRGB, tetapi tidak di tempat lain.

Spesifikasi Laptop HP Victus 16

 

Unit Diskusi tidak menyertakan tampilan layar sentuh, fitur yang tidak biasa untuk laptop gaming.

Ada banyak opsi memori dan penyimpanan yang dapat dipilih di halaman konfigurasi HP. Ada dua opsi yang tidak dijelaskan dengan baik di atas. Pertama, ada opsi khusus untuk mengonfigurasi dua SSD 256GB secara bersamaan dalam konfigurasi RAID 0 di mana data dibagi menjadi dua drive untuk kinerja yang lebih baik. Kedua, HP menawarkan penyimpanan Optane sebagai fungsi seperti cache untuk hard drive, secara teoritis meningkatkan kinerja penyimpanan.

Spesifikasi Laptop HP Victus 16 menawarkan berbagai port I/O, dari port Gigabit Ethernet paling kiri hingga port HDMI, USB-A dan USB-C dan pembaca kartu SD ukuran penuh. Saya perhatikan bahwa port USB-A pada unit penelitian kami tidak selalu mengenali kunci USB setelah pertama kali menempatkannya, dan ada sedikit ruang gerak saat menyiapkan jaringan.

Laptop HP Victus 16 menyertakan satu USB-C 5Gbps (dengan DisplayPort 1.4 dan penghematan daya serta daya pengisian daya), port HDMI 2.1, dan tiga port USB-A (5Gbps), salah satunya memiliki kemampuan penghematan daya dan pengisian daya. Ini memiliki port Gigabit Ethernet berbentuk “Rahang”. Ini memungkinkan Anda menghubungkan sepasang monitor 4K, satu melalui port USB-C dan yang lainnya melalui jaringan HDMI. Pada dasarnya tidak diperlukan port Thunderbolt.

Keyboard, Audio, dan Webcam

Anda tidak akan pernah mengharapkan HP Victus menjadi PC produktivitas, tetapi keyboard memenuhi harapannya. Keypad dapat diakomodasi di sebelah kanan keyboard, dan lebar tombol yang terlihat bisa satu milimeter lebih kecil dari pada laptop produktivitas. Pitch atau jarak antar tombol terlihat hampir sama. Beberapa tombol kecil agak mengganggu untuk mengetik, tetapi keyboard yang nyaman dan goyang harus cukup baik untuk menulis di atas kertas dan mengelola serangan MMO. Rasio tampilan sekitar 16:9 memungkinkan HP untuk memasukkan tombol angka di sisi kanan keyboard, penting untuk gamer kidal.

HP memiliki warisan keyboard yang hebat, dan Victus memenuhi rekam jejak itu. Saya menulis ulasan ini dengan keyboard Laptop HP Victus 16, dan saya dapat dengan yakin mengatakan bahwa saya dapat menggunakannya untuk waktu yang lama dengan relatif nyaman. Jangan berharap RGB atau lampu latar yang bagus karena hanya ada satu tingkat pencahayaan.

Laptop HP Victus 16

Jika tidak, keyboardnya standar, tetapi memiliki tombol khusus fungsi untuk meluncurkan program kalkulator Windows dan Omen Gaming Hub yang dijelaskan di bawah ini. HP membanggakan bahwa touchpadnya 19% lebih besar dari Pavilion Gaming PC. Rasanya agak murah dibandingkan dengan touchpad pada laptop produktif, tetapi permukaan atasnya halus dan touchpad pada dasarnya dapat diklik di seluruh permukaan atas.

Audio Laptop HP Victus 16

Spesifikasi Laptop HP Victus 16 dari segi suaranya kami menemukan audio agak mengganggu. Dual speaker pasti memberikan banyak volume. Nyatanya, saya harus menurunkan volume sedikit di bawah maksimum untuk pengujian. Seperti beberapa laptop, HP telah meminta Bang dan Olufsen untuk menyetel speaker. Soundscape yang dibuat terdengar cukup kikuk, dengan prioritas midrange, bahkan tanpa tinggi dan rendah yang tepat. Agar adil, menggunakan equalizer grafis yang ada di dalam program kontrol audio B&O pasti membantu, tetapi saya tidak dapat membuatnya terdengar benar.

Laptop HP Victus 16 menawarkan peredam bising untuk konferensi video atau sekadar terhubung dengan Cortana dan rekan digital lainnya. Biasanya berfungsi dengan baik, tetapi kantor rumah saya biasanya tidak memiliki latar belakang yang berantakan.

Seperti yang Anda duga, webcam Laptop HP Victus 16 berkisar dari biasa-biasa saja hingga jelek, menggunakan sensor menghadap pengguna 0,9Mpixel (video 720p). Bahkan dengan keseimbangan warna dan pencahayaan yang tepat, gambar tetap berbutir. Jangan berharap beberapa dari webcam. Maka kamu tidak akan sedih. Windows Hello tidak didukung melalui webcam atau sensor lain di laptop.

HP telah menyertakan 10 aplikasinya sendiri dengan Spesifikasi Laptop HP Victus 16. Sakelar Audio HP berkisar dari mereplikasi kemampuan Windows untuk mengalihkan output speaker ke myHP sebagai pintu gerbang ke panduan dan trik PC, dan memilih produk faksi ke-3. HP menyertakan Victus dengan uji coba Dropbox 100 GB, iklan ExpressVPN, McAfee LiveSafe, dan uji keamanan pribadi, Disney+, Amazon.com, dan Amazon Alexa.

Salah satu program yang patut dicoba adalah Omen Gaming Hub, fokus bagi mereka yang memiliki produk game HP dan dasbor untuk Laptop HP Victus 16. Hub memberi Anda kesempatan untuk memenangkan hadiah dan mencoba pelatihan untuk memiliki kemampuan kecerdasan buatan yang ditingkatkan HP dua tahun lalu . Dasbor ini menyediakan tampilan waktu nyata penggunaan dan suhu CPU dan GPU, dan menambahkan Penguat Jaringan (yang memungkinkan Anda menetapkan fokus jaringan khusus untuk program dan game) dan penggeser kinerja Windows 11 alternatif, Kontrol Kinerja.

Ada juga keran “undervolting” khusus yang memungkinkan Anda menurunkan voltase CPU (tetapi bukan kecepatan clock) untuk menghemat daya. HP memperingatkan bahwa bereksperimen dengan opsi ini adalah opsi yang berisiko karena dapat menyebabkan crash dan BSOD. Fitur ini belum diuji.

Performa Laptop HP Victus 16

Spesifikasi Laptop HP Victus 16 menggunakan Prosesor 16 Core i7-11800H sangat bertenaga, sedangkan GeForce RTX 3050 Ti berada di ujung bawah seri 3xxx, tetapi dapat menghadirkan grafis RTX ray tracing dan DLSS 2.0 untuk laptop anggaran. .

Kami membandingkan Laptop HP Victus 16 seharga 18 jutaan dengan beberapa laptop gaming yang telah kami uji sebelumnya, yang sebagian besar bervariasi dalam banyak hal. Perbedaan kami dimulai dengan 23 juta Asus ROG Strix G15 Advantage Edition, laptop gaming 15 inci terbaik. Untuk 12 jutaan, kami menyertakan Acer Nitro 5 (AN515-54-51M5), saat ini laptop gaming beranggaran terbaik dengan monitor 15,6 inci, dan keponakan terbarunya tahun 2021, Acer Nitro 5, seharga 24 jutaan AN515 -45 -R7S0. Kami membandingkan Laptop HP Victus 16 dengan Gigabyte Aorus 17G, laptop gaming 17 inci terbaik seharga 31 jutaan, dan HP Omen 17-cb0040nr seharga 40 jutaan, opsi laptop gaming 17 inci beranggaran terbaik (dengan bahan bakar fest). Selain itu, Acer Predator Triton 500 SE seharga 25 jutaan, saingan laptop gaming 16 inci. Dengan harga 18 jutaan, Acer Predator Triton 300 SE cukup bagus untuk monitor 14 inci, tetapi harganya hampir sama dengan Laptop HP Victus 16.

laptop tradisional sering termasuk dalam kategori laptopk 15 inci atau 17 inci dan biasanya memiliki sasis yang lebih besar untuk memungkinkan lebih banyak ruang untuk pendinginan tambahan. Kami menguji laptopk pada model standar di mana Anda dapat meningkatkan kecepatan kipas jika diperlukan.

Kami memilih benchmark PCMark 10 sebagai indikator kinerja laptop kami secara keseluruhan. Tentunya hal ini berguna saat laptop digunakan untuk bekerja seharian. Tolok ukur menguji game ringan, skenario kantor seperti pengolah kata dan spreadsheet, dan program yang lebih canggih seperti CAD. Kami baru-baru ini beralih menggunakan parameter ini, jadi hanya beberapa laptop gaming yang mendapat skor dalam pengujian ini. Pilihan kami untuk laptop 14/15-inci pekerja keras terbaik, HP Envy 14 melaporkan skor PCMark 10 sebesar 5.330. Victus membalikkan keadaan dengan 7.007 poin.

CPU dan GPU

Cinebench R15 dan R20 memberikan dua wawasan berbeda tentang kinerja CPU yang diberikan di Spesifikasi Laptop HP Victus 16 saat menjalankan laptop dalam tolok ukur multi-threaded atau hanya dalam tugas single-threaded. Meskipun game mulai menggunakan multi-threading dan threading, banyak game yang ada memiliki banyak keterikatan pada tugas single-threaded.

Saya menguji pelambatan termal laptop menggunakan Cinebench R23. Versi tolok ukur Cinebench yang lebih kuat memberikan kemampuan untuk menjalankan satu pengujian dan mengulang tolok ukur beberapa kali. Tes ini menemukan masalah termal yang dapat menghambat kinerja CPU sehari-hari. HP memuji mekanisme pendinginan yang sangat baik, tetapi kinerja turun 14% (dari 12.038 menjadi 10.405) saat menjalankan benchmark loop.

Saya menguji mekanisme pendinginan laptop dengan menggunakan Handbrake untuk mentranskode film fitur Hollywood menjadi pola yang dapat digunakan di tablet. Bahkan jika transcoding tidak berguna di dunia tempat Anda dapat mengunduh film dari Netflix, ini masih merupakan cara yang baik untuk mengetahui bagaimana Laptop HP Victus 16 mengatasi panas saat memuat.

3Dmark memberikan pengujian umum untuk kinerja game di luar game sebenarnya. Berbagai parameter Fire Strike mendukung CPU RTX 3060 Laptop HP Victus 16. Kami telah menyertakan pengujian Fire Strike dan Fire Strike Extreme untuk evaluasi yang lebih mendalam.

Saya menjalankan parameter Time Spy pada model iteratif untuk menguji apakah kinerja juga akan menurun setiap hari di sini. 3DMark ingin dan berusaha untuk memastikan bahwa performa 3D laptop tetap stabil dari hari ke hari, bahkan saat tolok ukur mendorong GPU (dan sampai batas tertentu CPU) hingga batasnya. Untungnya ini tidak ada dan laptop menghasilkan framerate konstan.

Lagi pula, baterai memiliki umur simpan. Seperti yang dipahami sebagian besar gamer, sesi permainan bertenaga baterai yang lama bukanlah sesuatu yang diharapkan para gamer, tetapi tentu saja menyenangkan untuk dilakukan dalam keadaan darurat. Di sini, Spesifikasi Laptop HP Victus 16 memberikan masa pakai baterai sekitar 5 setengah jam, yang tidak buruk untuk laptop gaming. Namun, itu jauh di bawah kompetisi. Ini termasuk fitur pengisian cepat. laptop ini memenuhi klaim HP yang mampu mengisi daya hingga 50% dalam waktu sekitar 30 menit.

Untuk menguji performa game, kami menggunakan parameter dari game yang sudah ada, Rise of the Tomb Raider. Laptop HP Victus 16 tidak seburuk itu. Saya menggunakan pengaturan yang sama dengan Shadow of the Tomb Raider versi terbaru dan mendapatkan hasil yang sama (95 FPS) dengan mengaktifkan DirectX 12. Dengan DirectX 11, skor benchmark adalah 75 FPS.

Pada game terbaru Metro: Exodus, Spesifikasi Laptop HP Victus 16 menghasilkan skor benchmark 29,9 FPS saat dijalankan pada setting Extreme 1080p. Asus ROG Strix Advantage Edition mencetak benchmark 48 fps dengan selisih. Acer Nitro 5 lainnya (AN517-41-R3NX dengan Ryzen 7 5800H dan GPU RTX 3080) memiliki clock 42 frame per detik. Secara umum, kami menemukan bahwa 30 fps hampir tidak dapat dimainkan di game orang ketiga yang bergerak lambat, di mana banyak orang cenderung memilih 60 fps atau lebih tinggi untuk penembak orang pertama.

Hasil kami menunjukkan bahwa Laptop HP Victus 16 harus menjadi pesaing kuat untuk game 1080p, tetapi mungkin harus mengorbankan kualitas grafis di beberapa tempat.

Penutup

Spesifikasi Laptop HP Victus 16 jelas merupakan laptop gaming termurah yang menawarkan nilai signifikan. Label harga 18 jutaan layak untuk dilihat. Terutama ketika rantai pasokan menggerogoti margin dan ketersediaan. Namun HP jelas mempertaruhkan sebagian kemewahan kompetisi laptopnya untuk menghasilkan PC gaming sejati bagi pengguna yang lebih peduli dengan apa yang ada di layar daripada apa yang ada di bawah jari mereka. laptop yang dapat bekerja dan bermain pada saat yang sama patut diperhatikan.

Agar adil, kami dapat memberikan Laptop HP Victus 16 penghargaan Pilihan Editor kami. Keduanya menawarkan kinerja yang fantastis dan monitor beresolusi tinggi, jika tidak banyak dikreditkan ke Asus ROG Strix G15 Advantage Edition dan Acer Predator Triton 500 SE. Tingkat penyegaran yang lebih baik. Namun, kedua laptop harganya beberapa ratus dolar lebih mahal. Jika itu suatu keharusan, Laptop HP Victus 166 adalah pilihan yang lebih ramah anggaran.

Dari laptopk yang kami uji, kami rasa wajar untuk merekomendasikan ROG Strix G15, Triton 500SE, dan Victus 16. Dari Spesifikasi Laptop HP Victus 16 mungkin bukan laptop gaming terbaik di dalam daftar pilihan kalian. Namun seri ini memiliki kelebihan dengan harga yang bersahabat.

Leave a Comment