Spesifikasi Laptop Razer Blade 14: Laptop Gaming Ringan

AnakUI.com – Ketika kami menerima Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 untuk ditinjau, kami penasaran untuk melihat apa yang dapat dilakukan oleh perangkat keras seri Ryzen 5000 dan Nvidia RTX 30 di laptop yang tipis dan ringan. Untuk pujian Laptop Razer, Blade 14 secara mengejutkan mampu dengan beberapa kompromi. Tetapi Anda harus menjangkau lebih dalam untuk sistem tingkat atas ini, yang harganya Rp. 42 jutaan di marketplace.

Spesifikasi Laptop Razer Blade 14

Laptop Razer memasukkan beberapa perangkat keras yang mengesankan ke dalam Blade 14, terutama mengingat ukurannya. Berikut adalah Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 dibawah ini:

CPUAMD Ryzen 9 5900HX
RAM16GB DDR4-3200MHz
GPUNvidia GeForce RTX 3080 (8GB GDDR6 VRAM)
Display14-inch IPS-grade QHD (2560×1440), 165Hz, 16:9 aspect ratio
Storage1TB NVMe SSD
Right side ports1 x USB-C (3.2 Gen 2), 1x USB-A (3.2 Gen 2), Lock, HDMI 2.1 (up to 120Hz)
Left side portsPower, 1 x USB-C (3.2 Gen 2), 1 x USB-A (3.2 Gen 2), 3.5mm Combo audio
NetworkingWi-Fi 6E (802.11ax), Bluetooth 5.2
Dimensions12.5 x 8.66 x 0.66 inches (319.7 x 220 x 16.8 mm)
Weight3.9 pounds (1.78kg); 5.6 pounds (2.5kg) including AC adapter
Operating systemWindows 10 Home
HargaRp. 43.000.000

Laptop Razer telah mengonfirmasi bahwa semua unit akan dikirimkan dengan CPU, RAM, dan penyimpanan AMD yang sama. Pembeli akan memiliki dua pilihan GPU lainnya: GeForce RTX 3070 ($2.200 di Amazon) dan GeForce RTX 3060 ($1.800 dari Razer). Varian RTX 3060 juga diturunkan ke layar FHD (1920×1080) dengan kecepatan refresh 144Hz. Ini juga merupakan laptop editing terbaik dari AnakUI.com.

spesifikasi Razer Blade 14

Desain

Desain Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 sangat presisi. Hilang sudah tepi bulat dari iterasi sebelumnya, digantikan oleh sudut yang lebih rapat dan profil yang lebih rapi, dibalut dengan hasil akhir matte-black yang tampak seperti industri. Laptop Razer Blade 14 adalah laptop gaming 14 inci tertipis yang saat ini ada di pasaran—hanya 0,66 inci, lebih tipis dari Asus ROG Zephyrus G14 (2021) (0,7 inci), dan Predator Triton 300 SE (2020) (juga 0,7 inci) ).

Namun meski sangat ramping, bodi aluminium anodized Laptop Razer Blade 14 terasa kokoh di mana saja. Ambil Laptop Razer Blade 14 dengan satu tangan dan Anda tidak akan melihat kelenturan atau gerakan apa pun di bagian mana pun darinya, yang merupakan jenis kekokohan yang saya butuhkan dalam sistem sebesar ini, yang pasti akan mencapai dasar. tas olahraga saya.

Build

Bagian atas dan alas ditutup ke cangkang yang hampir tidak bisa ditembus. Setelah ditutup, tutupnya tetap rapat, berkat magnet yang menahannya dengan kuat. Saat Anda ingin membukanya, lekukan di bagian depan memberi Anda daya ungkit.

Brandingnya kuat tanpa mencolok. Menutup penutup atas , logo Laptop Razer hijau menyala yang ikonis terlihat bagus—dan menegaskan bahwa saya telah berhasil mematikannya. Logo Laptop Razer hitam bersahaja terpampang di bezel di bawah layar, seperti ukiran pada piala.

CPU Laptop Razer Blade 14

Dengan berat 3,92 pon (1,78kg), Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 ringan untuk laptop gaming. Namun, kebutuhan dayanya yang besar berarti memang membutuhkan adaptor AC yang serius–yang satu ini berbobot 1,7 pound. Meskipun cukup ringkas dengan ukuran 6,7 x 2,7 x 0,9 inci, batu bata beserta kabelnya menambah beban ekstra yang tidak nyaman pada paket Anda. Steker kabel daya keluar ke bagian belakang laptop, yang menurut banyak gamer lebih nyaman.

Keyboard

Keyboard dan trackpad Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 berfungsi dengan baik. Trackpad dipusatkan di area pergelangan tangan , memberikan banyak ruang bagi tangan Anda untuk duduk di kedua sisi. Saya menemukannya merespons dengan cepat dan akurat, dan itu mencatat klik yang solid.

Tombolnya ringkas (sekitar lebar sidik jari), seperti yang Anda harapkan di laptop 14 inci, tetapi nyaman untuk mengetik dan memiliki perjalanan yang layak.

Seperti halnya keyboard yang lebih kecil, ada beberapa kompromi. Tombol kursor atas dan bawah berukuran setengah, dan tombol Fungsi juga menyusut sedikit, membuatnya sedikit lebih sulit untuk ditargetkan. Tapi ini adalah hal-hal sepele dalam tata letak yang bagus.

Trackpad

Tombol-tombolnya memiliki lampu latar yang nyaman tanpa adanya pendarahan cahaya yang terlihat. Perangkat lunak Synapse yang sudah diinstal sebelumnya dari Razer memungkinkan Anda mengotak-atik iluminasi setiap tombol, yang sangat berguna untuk perintah permainan hot-keying. Anda juga dapat mematikan lampu latar sama sekali, yang sangat berguna untuk menghemat daya baterai. Saya mendapat waktu bermain tambahan selama satu jam dari unit saya, yang membuat perbedaan besar pada hari Minggu sore ketika saya meninggalkan adaptor AC yang berat itu di kantor.

Tampilan

Panel layar Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 terlihat jauh lebih besar dari diagonal 14 inci, sebagian berkat bezel kiri dan kanannya yang super tipis. Meskipun rasio aspek 16:9 sudah ketinggalan zaman pada laptop produktivitas, bermain game di layar benar-benar menyenangkan. Panel QHD 165Hz menghadirkan visual mulus seperti mentega pada game seperti Shadow of the Tomb Raider dan Metro Exodus. Meskipun Razer tidak memberikan spesifikasi kecerahan resmi, pengukur lux kami mencatat 380 lux, atau sekitar 320 nits—cukup untuk bermain di dalam ruangan, tetapi mungkin tidak di luar kecuali di tempat teduh.

Laptop Razer menjanjikan kualitas warna yang bagus dari layar, dengan mengatakan bahwa ia memiliki cakupan DCI P3 100 persen secara keseluruhan. Saya menemukan warna dan kontras tampak pas: Dalam Shadow of the Tomb Raider, pemandangan hutan menampilkan beragam nada, mulai dari kecerahan cahaya yang menyaring dari kanopi pohon bagian atas hingga kegelapan bayangan pohon.

Audio

Pengaturan audio Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 menghadirkan THX Spatial Audio dan suara surround 7.1. Seperti kebanyakan laptop, suara speaker lumayan. Di atas volume 70 persen, sekali atau dua kali speaker Laptop Razer sedikit berdengung. Juga seperti biasa, mengenakan headphone sangat meningkatkan kualitas.

Konektivitas

Hari-hari ini saya memiliki begitu banyak perangkat saat bepergian sehingga saya menyukai kemudahan menghubungkan semuanya ke laptop saya. Laptop ramping terkadang harus berhemat pada port, tetapi Laptop Razer Blade 14 menutupi dasarnya dengan baik, dengan dual USB-C dan USB-A serta HDMI. Satu hal yang hilang adalah dukungan Thunderbolt 4, artinya Anda tidak dapat menghubungkan dua layar 4K (atau satu 8K), atau menikmati transfer data tercepat. Agar adil, bagaimanapun, dukungan Thunderbolt hampir tidak ada di mesin berbasis AMD.

Performa

Kami terkesan bahwa Laptop Razer memasukkan CPU mobile high-end Ryzen 9 5900HX AMD dan GeForce RTX 3080 Nvidia ke dalam laptop Blade 14 kecil ini. Sementara beberapa tolok ukur yang lebih intensif dengan jelas mendorong Blade 14 melewati zona nyamannya, hasil pengujiannya secara keseluruhan bagus, meskipun jarang yang terbaik — sepenuhnya dapat dimengerti mengingat keterbatasan ruangnya. Hebatnya, Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 bekerja sangat senyap selama pembandingan dan bermain game, seperti yang juga kami amati dengan laptop Ryzen 5000 lainnya. Sistem perbandingan kami mencakup pilihan generasi model berbasis AMD Ryzen dan Intel Core.

Cinebench R15 Maxon mengukur kinerja CPU. Sementara kinerja single-threaded (mewakili aplikasi mainstream) hampir sama untuk semua model, Laptop Razer Blade 14 membukukan salah satu skor multi-threaded yang lebih baik. Ini menjadi pertanda baik bagi para gamer yang ingin memainkan judul yang lebih intensif (dan mungkin juga mengedit video).

Laptop Razer Blade 14

Demikian pula, Laptop Razer Blade 14 adalah pemain yang solid dalam tolok ukur yang menggunakan utilitas HandBrake 0.9.9 gratis untuk menyandikan file MKV 30GB, 1080p ke MP4 menggunakan preset Tablet Android. Tes yang berkepanjangan ini cenderung menunjukkan laptop mana yang harus mempercepat kinerjanya sebelum menjadi terlalu panas.

Sistem Asus ROG Strix G15 Advantage Edition dan Alienware Area 51m R1 yang menduduki puncak bagan ini adalah sistem yang besar dan berat dengan banyak ruang kepala termal. Blade 14 mengikuti di belakang, di depan Asus ROG Flow X13 yang tipis dan ringan dan banyak perbandingan generasi sebelumnya. Laptop Razer Blade 14 harus dapat menangani tugas-tugas seperti streaming, vlog, dan editing video, serta pengkodean, kompresi, dan dekompresi file besar yang semakin menjadi tugas umum bagi para gamer dan pembuat konten.

Performa Gaming

Secara anekdot, bermain di Laptop Razer Blade 14 terasa seperti mengendarai mobil sport baru dengan kopling yang sangat mulus. Saat beban kerja tampak semakin berat, sistem tampaknya meningkatkan daya pemrosesannya dengan mudah. Dari Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 tampaknya menangani game AAA paling kuat dan membuatnya terlihat mudah.

Yang penting untuk diketahui tentang GPU RTX 3080 Blade 14—dan chip seri RTX 30 seluler apa pun—adalah bahwa Nvidia memungkinkan vendor memvariasikan watt. Akibatnya, chip yang sama akan bekerja sangat berbeda tergantung pada cara pengaturannya. RTX 3080 Razer Blade 14 diatur pada 100 watt, tetapi bagian yang sama di Asus Strix Scar G17 diatur pada 130 watt, dan 105 watt di Gigabyte Aorus 17G. Anda akan melihat perbedaan tersebut terlihat pada bagan kinerja di bawah ini. Laptop Razer untuk profil berat dan ukurannya bekerja dengan sangat baik, tetapi tidak memiliki keuletan yang dapat dikumpulkan oleh laptop besar lainnya.

Performa gaming Razer Blade 14

Di Metro Exodus (atas),Laptop Razer Blade 14 (2021) sekitar 17 persen lebih rendah dari kecepatan RTX 3080 Asus Strix Scar G17 yang lebih besar, menetap di 41,56 frame per detik (fps) yang layak.

Dalam tolok ukur Shadow of the Tomb Raider di bawah, Razer Blade 14 menampilkan bagian belakang, dilampaui oleh GPU RTX 3080 dengan pengaturan watt yang lebih tinggi serta RTX 3070 dengan watt yang lebih rendah. Sebuah sistem dengan AMD Radeon 6800M juga melompati Blade 14. Agar adil, bagaimanapun, sistem lain lebih berat dan lebih tebal, dengan lebih banyak ruang internal untuk mengelola keluaran termalnya.

Melihat hasil ini, muncul pertanyaan apakah Nvidia RTX 3070 akan lebih cocok untuk laptop dengan ukuran dan profil Razer, mungkin mencapai tempat yang lebih manis untuk uang mengingat perbedaan $ 600. Sayangnya, kami tidak dapat mencoba varian 3070 dari Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 untuk menguji hipotesis ini.

Performa Baterai

Jarak tempuh Anda akan selalu bervariasi dalam kinerja baterai, terutama jika Anda mencoba bermain game saat Anda mematikan AC. Hasil kami di bawah ini paling akurat mencerminkan apa yang akan Anda alami dalam tugas umum yang ringan. Masa pakai baterai Laptop Razer Blade 14 sangat lama untuk laptop gaming.

Baterai Laptop Razer Blade 14

Kami mengisi baterai hingga penuh, lalu mengukur waktu yang dibutuhkan untuk habis saat memutar video 4K secara berulang, dengan suara berubah menjadi 50 persen dan sepasang headphone dimasukkan. Seperti yang dapat Anda lihat dari bagan kami, Razer Blade 14 (2021) bertahan selama 7 jam 23 menit, paling lama dibandingkan dengan kompetisi yang dipilih. Jika Anda mencoba menjalankan game, harap baterai bertahan paling lama beberapa jam.

Kelebihan

  1. Performa Gaming sangat baik
  2. Panel QHD tampak hebat
  3. Sangat sunyi

Kekurangan

  • Adaptor AC beratnya 1,7 pound
  • Produk Razer mahal
  • Tidak ada dukungan Thunderbolt 4

Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 adalah laptop gaming 14 inci yang tipis, ringan, dan berkemampuan luar biasa. Tetapi Anda harus menjangkau lebih dalam untuk sistem tingkat atas ini, karena bahkan model kelas bawah pun tidak semurah itu.

Penutup

Laptop Razer telah mendapatkan beberapa alat peraga: Suku cadang kelas atas Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 bekerja dengan baik meskipun ada kendala ruang, dan game terlihat luar biasa di panel QHD-nya. Jelas pada harga ini Blade 14 bukan untuk semua orang, tetapi ini adalah bukti lebih lanjut bahwa ‘laptop gaming tipis dan ringan’ bukan lagi sebuah oxymoron.

Nah, itulah tadi pembahasan kita tentang Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 dari kami, jika bermanfaat jangan lupa share artikel ini ke sosmed kalian ya, Terimakasih!!

Leave a Comment