Review SteelSeries Arctis 7, Headset Gaming Serbaguna

anakui.com – SteelSeries Arctis 7 menetapkan standar untuk fungsionalitas, keserbagunaan, dan kepraktisan dalam headset gaming nirkabel.

Spesifikasi SteelSeries Arctis 7

Spesifikasi
Kompatibilitas: PS4, Xbox One, Switch, Seluler, PC
Driver: 40mm
Respon Frekuensi: 20Hz - 20kHz
Nirkabel: ya

Kelebihan

  • + Suara yang bagus
  • + Kenyamanan pas
  • + Harga wajar
  • + Nirkabel mulus

Kekurangan

  • – Menyempurnakan musik membutuhkan perbaikan.
  • – Fungsi telepon putar dan speaker

SteelSeries Arctis telah masuk dalam daftar headset gaming terbaik kami sejak pertama kali dirilis. Satu-satunya headset dengan keserbagunaan serupa adalah SteelSeries Arctis 1 Wireless.

Namun, Arctis 1 Wireless tidak menawarkan ikat kepala elastis yang nyaman atau suara premium yang sama seperti Arctis 7, sehingga Arctis 7 adalah investasi keseluruhan yang lebih baik untuk PC dan PS4.

Jika bersedia membayar mahal untuk sebuah headset gaming nirkabel, tentunya harus terdengar bagus, tetapi juga harus nyaman, bekerja dengan sebanyak mungkin perangkat, dan tampil gaya. SteelSeries Arctis 7 mencapai semua tujuan ini dengan warna-warna cerah dan harga yang terjangkau.

Semua fiturnya memerlukan beberapa solusi rumit, tetapi Arctis 7 menetapkan standar untuk fitur, keserbagunaan, dan kepraktisan yang harus dimiliki oleh headset gaming terbaik. Baca ulasan SteelSeries Arctis 7 lengkap kami untuk mengetahui apa yang kami pikirkan.

Harga dan Ketersediaan

SteelSeries Arctis 7 biasanya dijual seharga Rp. 2,2 jutaan. Sobat biasanya dapat menemukannya dengan mudah di penjual terdekat. Sobat juga bisa mendapatkan harga lebih murah dengan diskon yang diberikan oleh penjual seperti akhir tahun sekarang ini.

Desain SteelSeries Arctis 7

Seperti yang sobat lihat di ulasan SteelSeries Arctis 5 kami, Arctis 7 terlihat hampir sama. Headset ini ramping dan canggih, dengan tampilan yang elegan dan ramping serta ikat kepala yang dapat disesuaikan sepenuhnya.

Daripada menggunakan palang kaku yang dapat diperpanjang, cukup sesuaikan kedua tali velcro dan ikat kepala fleksibel menyesuaikan dengan ukuran dan bentuk kepala. Sejak itu, Arctis 7 hadir dalam warna hitam atau putih, dan tidak ada yang menarik darinya.

Sobat dapat dengan mudah memasang headset di kereta tanpa harus melihatnya lagi. Arctis 7 sedikit lebih besar dari headphone audio standar, tetapi masih cukup kecil untuk muat di ransel. Anda juga dapat memutar penutup telinga untuk meletakkan perangkat secara rata.

Earcup kanan menampung tombol daya dan penggeser volume obrolan. Penggeser volume reguler berada di earcup kiri, bersama dengan port khusus yang terhubung ke port micro USB untuk pengisian daya dan jack audio 3,5mm untuk mendengarkan seluler.

Arctis 7 membutuhkan daya untuk kemampuan nirkabel dan suara surround-nya, tetapi sobat dapat mendengar apa pun yang diinginkan dengan jack audio apakah unit memiliki daya atau tidak.

Kenyamanan

Seperti dijelaskan di atas, karet gelang memudahkan untuk menemukan yang pas untuk Arctis 7. Saya selalu kagum bahwa, dari semua produsen headset utama, hanya SteelSeries yang mengambil pendekatan ini.

Secara konsisten memberikan hasil yang jauh lebih andal dan nyaman daripada mencoba memperpanjang lengan dua takik yang sangat berubah-ubah. Cangkir telinga tertutup rapat di telinga, tetapi kami tidak pernah merasakan cangkir ditekan terlalu keras.

Satu-satunya masalah adalah mereka cenderung terpental saat berjalan. Meskipun demikian, jika berencana untuk memakainya saat bepergian, sobat mungkin akan kecewa.

Mengencangkan tali Velcro mengatasi masalah ini, tetapi perlu beberapa percobaan dan kesalahan untuk mencapai keseimbangan sempurna antara kenyamanan dan kesesuaian. Kamimenyerahkan Arctis 7 kepada seorang kolega yang biasanya merasa sangat nyaman memakai headset.

Dia mengatakan penutup telinga terasa terlalu nyaman pada awalnya, tetapi dia terbiasa setelah sekitar 30 menit. Dia juga mengutip nuansa perangkat yang ringan sebagai keuntungan. Tidak mengherankan mengingat perangkat beratnya hanya 9,9 ons.

Performa Gaming

Seperti rekan kabelnya, Arctis 7 menawarkan opsi permainan yang bagus. Dengan suara stereo dan DTS 7.1 surround dan berbagai opsi ekualisasi. Baik ingin mendengarkan musik atau melakukan percakapan Skype, sobat mendapatkan konfigurasi yang sama sekali berbeda dari headset.

Untungnya, menyiapkan profil gim cukup sederhana. Perangkat lunak SteelSeries Engine 3 memungkinkan bermain-main dengan suara surround dan pengaturan ekualisasi, membuat profil, dan menghubungkannya ke game dan program individual.

Kami menguji profil suara dengan Overwatch, The Witcher 3: Wild Hunt, StarCraft II: Nova Covert Ops, dan Marvel Heroes untuk melihat bagaimana headset menangani berbagai genre.

Opsi pemerataan datar dengan audio stereo membuat semuanya terdengar, dari teriakan perang Captain America hingga teriakan kematian Zerg saat pasukan Terran merobohkan mereka.  Namun, dengan beberapa penyesuaian, suaranya menjadi bagus.

Suara surround Overwatch membuat langkah kaki musuh dan teriakan minta tolong rekan satu tim terdengar segera dan mendesak. Sementara pengaturan Immersion The Witcher 3 memberikan keseimbangan sempurna antara dialog, pertarungan pedang, dan badai badai laut.

Sobat juga dapat mengoperasikan Arctis 7 dengan PS4 atau Xbox One dengan menyambungkan jack audio ke pengontrol (PS4 juga berfungsi secara nirkabel dengan dongle USB). Sobat harus mengorbankan opsi suara surround, tetapi periferal tetap menghadirkan audio yang bagus dan mikrofon sangat baik untuk pertandingan multipemain yang kompetitif.

Performa Musik

Untuk musik, Arctis 7 kurang dari kinerja game. Rolling Stones, G.F. “Messiah” Handel dan kami senang dengan keseimbangan yang indah antara vokal, instrumen nada tinggi, dan instrumen nada rendah.

Suara surround membuat kami mendengar paduan suara seolah-olah sedang duduk di katedral, dan stereonya cukup bagus untuk semua lagu rock dan funk favorit.

Sementara itu, kami harus membuka perangkat lunak Engine 3 untuk setiap trek baru dan bermain-main dengannya sebelum menemukan keseimbangan suara surround dan opsi ekualisasi yang tepat untuk setiap genre.

Mode surround dan stereo memiliki preset musik, dan keduanya terdengar cukup bagus dalam banyak kasus. Pada “Salty Dog” milik Flogging Molly, mode default tidak terlalu menekankan vokal, tetapi mode ini memberikan salah satu rendisi terbaik dari “Let It Bleed” Rolling Stones yang pernah saya dengar.

Ketidakkonsistenan pilihan musik pada headset gaming tidak mengherankan dan agak bisa dimaafkan. Musiknya bagus, dan semua orang kecuali audiophile yang paling keras dapat menggunakan Arctis 7 sebagai headset musik sehari-hari.

Tetapi jika ada satu kategori di mana headset ini melewatkan puncaknya, itu adalah cara perangkat menangani musik.

Fitur SteelSeries Arctis 7

Pertama dan terpenting, Arctis 7 adalah headset nirkabel. Cukup colokkan amplifier nirkabel ke port USB komputer Anda dan pasangkan amplifier dengan headset Anda. Nirkabel sangat jernih dan bekerja hingga sekitar 30 kaki dalam pengujian kami.

Arctis 7 berjalan pada perangkat lunak SteelSeries Engine 3 dan merupakan program yang bersih, intuitif, dan dirancang dengan baik yang membuat hampir semua periferal SteelSeries modern siap digunakan. Selain mengatur profil suara, sobat dapat bermain-main dengan opsi mikrofon.

Kalau tidak, program tidak akan member terlalu banyak bel dan peluit untuk perangkat khusus ini. Berbeda dengan Arctis 5, tidak ada lampu RGB berwarna di penutup telinga. Menurut pendapat kami, ini merupakan kerugian yang dapat diabaikan karena pengguna tidak akan dapat melihat cahaya warna pada headset mereka.

Satu hal yang sangat kami sukai adalah bagian Perpustakaan program, yang mengawasi semua profil yang saya buat untuk berbagai game dan menyimpan semua profil perangkat saya di bawah judul yang sama.

Misalnya, jika membuat profil mouse, keyboard, dan headset untuk The Witcher 3, sobat akan melihat semuanya di kotak yang sama. Ini adalah cara yang sangat nyaman untuk menyinkronkan semua periferal, semuanya ditawarkan oleh SteelSeries.

Meski sedikit rumit, sobat juga dapat memanfaatkan kemampuan nirkabel perangkat untuk hp atau speaker. Kami menyediakan kabel audio kami sendiri sehingga dapat menghubungkan hp ke amp atau menyambungkan amp ke speaker.

Ini berarti sobat dapat mengalirkan audio nirkabel di luar komputer dan headset, meskipun tidak senyaman memiliki Bluetooth bawaan. Itu lebih dari yang diharapkan dari perangkat nirkabel seharga Rp. 2,2 jutaan. Headset dilengkapi dengan mikrofon yang dapat dilipat dan fleksibel di earcup kiri.

Seperti mikrofon Arctis 5, ini masih agak berat pada suara “p” dan “s”, tetapi ini adalah perangkat kelas atas yang menangkap suara dengan pola yang jelas dan halus. Kami tidak akan merekam podcast, tapi bagus untuk game kompetitif atau streaming Twitch.

Model SteelSeries Arctis Lainnya

Ada berbagai jenis headset Arctis, termasuk Arctis 3 dan Arctis 5. Headset memiliki desain dan fitur yang serupa, tetapi Arctis 3 dan Arctis 5 tidak setinggi Arctis 7. Arctis 3 hanya terhubung melalui jack 3.5mm, jadi tidak ada opsi pemerataan yang dapat disesuaikan pengguna.  Arctis 5 memiliki koneksi USB.

Baik 3 maupun 5 tidak memiliki kemampuan nirkabel, yang merupakan alasan utama Arctis 7 lebih mahal. Baru-baru ini, SteelSeries memperkenalkan SteelSeries Arctis 9, headset nirkabel seharga Rp. 3 jutaan dengan kemampuan Bluetooth.

Jika pernah menginginkan SteelSeries Arctis 7 kompatibel secara nirkabel dengan perangkat seluler, ini mungkin perangkat yang tepat untuk sobat.

Namun, kualitas suaranya hampir sama dengan Arctis 7, jadi pada dasarnya sobat harus membayar tambahan Rp. 750 ribu untuk fitur Bluetooth. Apakah itu layak tergantung pada seberapa banyak sobat menggunakan hp untuk musik dan game.

Kesimpulan

Mempertimbangkan bahwa headset nirkabel dapat beroperasi dengan jutaan, dan bahwa headset yang berpusat pada PC sering mengabaikan fitur-fitur penting seperti jack 3.5mm, fakta bahwa Arctis 7 menawarkan paket lengkap hanya dengan Rp. 750 ribu lebih mahal daripada headset kabel.

Beberapa fitur memerlukan upaya dari pihak pengguna, tetapi tidak ada yang sulit dan semuanya bekerja persis seperti yang diharapkan. Tambahkan suara yang bagus untuk lebih banyak bermain game daripada musik, dan Arctis 7 adalah proposisi yang sulit untuk ditolak.

Kami belum mencapai headset gaming yang sempurna, tetapi ulasan SteelSeries Arctis 7 kami menunjukkan bahwa ini sedekat mungkin dengan perusahaan mana pun.

Leave a Comment