Review Steelseries Arctis Nova 7, Headset Gaming Banyak Fitur

anakui.com – SteelSeries Arctis Nova 7 terdengar hebat dan menawarkan banyak fitur berguna. Headset gaming dari SteelSeries ini adalah entri lain yang memuaskan di jajaran headset gaming terkenal.

Konektivitas Bluetooth adalah tambahan yang disambut baik dan menjadikan perangkat ini serbaguna. Terutama jika sobat memiliki versi Xbox. Namun, pemasangannya agak ketat dan kualitas suaranya tidak bagus.

Spesifikasi SteelSeries Arctis Nova 7

Spesifikasi
Kompatibilitas: PC, PS4, PS5, Xbox One*, Xbox Series X/S*, seluler (*hanya versi Xbox)
Driver: 40 mm
Respon Frekuensi: 20 Hz - 22 kHz
Nirkabel: Ya
Berat: 11,05 ons

Kelebihan

  • + Berbagai opsi konektivitas
  • + Sonar membuat semuanya terdengar sedikit lebih baik.
  • + Desain ulang fisik yang cerdas
  • + Mikrofon yang nyaman

Kekurangan

  • – Kualitas suara tidak sesuai dengan harganya.
  • – Pas ketat

SteelSeries Arctis Nova 7 adalah penerus SteelSeries Arctis 7, salah satu headset gaming terbaik yang pernah kami ulas. Saat Arctis 7 memulai debutnya, Arctis 7 menetapkan standar baru dalam kenyamanan dengan menggabungkan adaptor USB-C serbaguna dengan headset yang nyaman. Fitur kustomisasi yang cocok dan kuat.

Dalam beberapa hal, Arctis Nova 7 adalah peningkatan yang sempurna. SteelSeries telah membuat beberapa peningkatan desain cerdas pada Arctis 7, termasuk tombol volume yang lebih besar, mikrofon tersembunyi yang lebih baik, ikat kepala yang lebih tahan lama, dan mode Bluetooth yang nyaman.

Dengan harga Rp. 2,7 jutaan, Nova 7 sedikit lebih mahal dari pendahulunya, tetapi fitur-fitur barunya bisa dibilang layak untuk premium. Di sisi lain, masalah terbesar Arctis 7 adalah kualitas suaranya. Arctis Nova 7 melakukan hal yang sama.

Protokol perangkat lunak yang disebut SteelSeries Sonar dapat meningkatkan kinerja PC sampai batas tertentu. Tetapi implikasi yang jelas adalah bahwa headset seharga Rp. 2,7 jutaan seharusnya dapat menghadirkan pemandangan suara yang lebih kaya dan bernuansa.

Tetap saja, kecuali seorang audiophile gaming hardcore, Arctis Nova 7 seharusnya baik-baik saja. Terutama jika memiliki berbagai sistem dan perlu terhubung ke semuanya dengan sedikit keributan. Baca ulasan lengkap SteelSeries Arctis Nova 7 kami.

Desain SteelSeries Arctis Nova 7

SteelSeries Arctis Nova 7 akan terlihat sangat familiar bagi siapa saja yang pernah menjumpai SteelSeries Arctis Nova Pro. Seperti rekan Pro-nya, Arctis Nova 7 memiliki sasis plastik dan logam hitam dengan ikat kepala elastis yang dapat disesuaikan di bawahnya.

Earcup busa berukuran besar dan bengkak, dengan logo SteelSeries yang bergaya di setiap sisinya. Dari segi kontrol, Arctis Nova 7 terbilang kompleks. Di sisi kanan terdapat tombol daya, tombol Bluetooth terpisah (yang dapat diaktifkan bersama atau terpisah), tombol chatmix (yang berfungsi ganda sebagai tombol volume Bluetooth), dan port pengisian daya USB-C.

Di sisi kanan sobat akan menemukan tombol bisu mikrofon, pemutar volume (yang membingungkan, bolak-balik bukannya naik turun), mikrofon yang dapat ditarik, dan port audio 3,5 mm. Kami menghargai fungsi pemisahan SteelSeries antara dua penutup telinga, tetapi ada banyak hal yang terjadi di sini.

Kenyamanan

Seperti pendahulunya, Arctis Nova 7 nyaman dipakai bahkan selama berjam-jam bermain. Kami memakainya selama berjam-jam dan tidak sakit bahkan di atas kacamata dan rambut panjang. Tapi secara keseluruhan, kami tidak yakin itu lebih nyaman daripada model Arctis 7 yang lebih lama.

Arctis 7 memiliki ikat kepala yang lebih longgar, membuatnya lebih longgar secara keseluruhan. Arctis Nova 7 tidak serta merta terasa tidak nyaman, tetapi terasa kencang. Kami pikir ini akan lebih menjaga integritas ikat kepala selama bertahun-tahun, tetapi tidak semudah Arctis 7.

Demikian juga, sobat sekarang dapat menyesuaikan ketinggian penutup telinga. Ini memberi pengguna lebih banyak kendali atas nuansa Arctis Nova 7, tetapi kehilangan kemudahan yang ditawarkan oleh Arctis 7 sebelumnya. Kami tidak membenci desain ulang Arctis Nova 7, tapi tidak yakin itu benar-benar lebih baik daripada yang diganti.

Performa

Arctis Nova 7 terdengar cukup bagus dan tergantung pada platformnya, suaranya hampir bagus. Jika sobat terutama menggunakan Nova 7 sebagai aksesori PC, sobat dalam kondisi yang cukup baik.

Perangkat lunak SteelSeries GG menawarkan fitur yang disebut SteelSeries Sonar, protokol suara surround berpemilik untuk menyempurnakan tata suara game kompetitif.

SteelSeries menyarankan bahwa Sonar berfungsi paling baik dengan penembak orang pertama yang menekankan langkah kaki dan tembakan. Tetapi kami menemukan bahwa Sonar meningkatkan suara game secara keseluruhan, dari kerja suara hingga efek suara hingga musik.

Kami menguji Arctis Nova 7 bersama Age of Empires IV, Cyberpunk 2077, Doom Eternal, dan Final Fantasy XIV untuk PC, dan bingung antara “Saya suka ini” dan “Saya lebih suka ini”.

Tanpa Sonar diaktifkan, soundscape setiap game terasa jauh dan sedikit metalik, seolah-olah mendengarkannya dengan headset seharga Rp. 700 ribuan dan bukan Rp. 2,7 jutaan. Sonar membuat suara lebih hangat dan lebih cepat.

FFXIV secara khusus mengandalkan interaksi kompleks dari pertunjukan suara yang hidup, berbagai efek suara, dan musik orkestra yang menyapu. Karena tidak dapat mengaktifkan Sonar di konsol, pengalaman dengan PS5 dan Switch sedikit lebih beragam.

Game seperti Assassin’s Creed Valhalla dan Bayonetta 3 terdengar lumayan, tapi treblenya berat dan lugas. Demikian pula, koneksi Bluetooth untuk bermain game di hp adalah earbud nirkabel yang bagus, jika tidak lebih baik.

Kurangnya bass yang kuat pada Arctis Nova 7 lebih merusak kinerja musiknya daripada bermain game. Pertunjukan Old Crow Medicine, Flogging Molly, The Rolling Stones dan G.F. Handel, saya menemukan soundscape datar dan tidak menarik. Cukup bagus untuk didengarkan sehari-hari, tetapi tidak akan mengalahkan audiophile mana pun.

Fitur SteelSeries Arctis Nova 7

Salah satu keunggulan SteelSeries Arctis Nova 7 adalah konektivitas. Versi dasar terhubung dengan PC, PS4, PS5, Switch (genggam dan berlabuh) dan ponsel. Versi Xbox melakukan semua hal ini, ditambah konsol Xbox menggunakan protokol milik Microsoft.

Jika memiliki atau berencana untuk membeli konsol Xbox, Arctis Nova 7 versi Xbox mungkin merupakan headset gaming terbaik yang dapat dibeli. Hanya karena itu membuatnya sangat mudah untuk beralih di antara banyak sistem.

Konektivitas Bluetooth adalah tambahan cerdas dibandingkan model Arctis 7 sebelumnya, karena menghubungkan dengan hp, tablet, dan smart TV jauh lebih mudah. Selain itu, sobat dapat menyesuaikan opsi ekualisasi dan mikrofon menggunakan perangkat lunak SteelSeries Engine.

Kami berharap ada lebih banyak preset EQ yang tersedia, tetapi perangkat lunak melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Demikian pula, mikrofon terdengar jernih dan masa pakai baterai (26-38 jam tergantung pada pengaturan Bluetooth) jauh lebih baik daripada model Arctis yang lebih lama.

Kesimpulan

Edisi Xbox dari SteelSeries Arctis Nova 7 adalah rekomendasi yang sangat mudah jika menginginkan headset yang dapat terhubung secara nirkabel ke sistem permainan apa pun di rumah dengan satu sentuhan tombol. Jika berada di pasar untuk aksesori PS5/PC, segalanya menjadi jauh lebih mudah.

Dengan konektivitas Bluetooth dan ikat kepala elastis yang nyaman, Arctis Nova 7 menawarkan banyak hal. Namun, dengan kualitas suara yang bagus dan pas di telinga, Arctis Nova 7 dapat dengan mudah mengalahkan HyperX Cloud Alpha Wireless, Razer BlackShark V2 Pro, Corsair Virtuoso RGB Wireless XT, atau beberapa perangkat nirkabel kelas menengah dan kelas atas. Kabar baiknya adalah tidak satu pun dari model ini yang salah.

Leave a Comment