Stop Bullying! – Belajar dalam Damai: Acara Puncak Momentum Anti Kekerasan, 10 November 2011


0

Dear teman-teman semua yang punya concern terhadap masalah pendidikan, khususnya bullying.

anakUI.com dapat undangan dari temen-temen di Yayasan SEJIWA (LSM yang bergerak di bidang pendidikan/anti bullying).

Mereka mengadakan sebuah kegiatan pada hari Kamis, tanggal 10 November 2011 di Al Izhar, Pondok Labu, Jakarta. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengatasi kekerasan di sekolah, mengembangkan anak-anak yang berperilaku positif, serta menciptakan budaya damai dan mengurangi bullying.

Meskipun acara ini tentang “anak sekolah”, tapi tetep banyak yang bisa diambil inspirasinya buat mahasiswa.

Kalau ada yang pengen ikutan acara ini, kasih tahu di kolom komentar ya, kita bisa berangkat bareng atau gimana nanti, ikut meramaikan acaranya di sana 🙂

Kerangka Acuan Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Anak:

“Stop Bullying! – Belajar dalam Damai” Momentum Anti Kekerasan di Bulan Bahasa Al Izhar

10 Oktober 2011 – 10 November 2011

Awas Bully
Awas Bully (sejiwa.org)

Bangsa kita tengah didera oleh berbagai macam permasalahan, diantaranya semakin banyaknya persoalan persoalan anak yang belum kunjung membaik, antara lain maraknya kekerasan, termasuk tawuran, yang terjadi di seputar mereka.

Didorong oleh semangat untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut, Perguruan Al Izhar Pondok Labu (Al Izhar) akan berkolaborasi dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI), dan LSM Semai Jiwa Amini (SEJIWA) untuk mengadakan rangkaian kegiatan positif anti kekerasan yang dimulai 10 Oktober hingga 10 November 2011.

Selama ini, setiap tahun pada bulan Oktober, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Al Izhar mengadakan Bulan Bahasa dengan berbagai rangkaian kegiatan di semua level pendidikan dari TK hingga SMA dengan fokus menghargai dan meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia mereka.

Kali ini Bulan Bahasa akan dipersatukan dengan berbagai kegiatan lain di dalam program kampanye anti kekerasan terhadap anak: “Stop Bullying! – Belajar Dalam Damai”.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan berupa lomba dan pameran Karya Tulis, Poster, Menulis Surat Kepada Presiden, Pidato, Story Telling, Menulis dan Membaca Puisi. Untuk lomba Menulis Surat Kepada Presiden, maka hasil karya mereka selanjutnya akan disampaikan kepada Presiden.

Selain itu para siswa juga akan melakukan Temu Penulis (bersama Doni Dirgantoro – Penulis “5cm” dan “2” untuk SMA; dan Arin dari “Kecil Kecil Punya Karya” untuk SD) untuk semakin menarik minat baca mereka. Pada acara Story Telling, para siswa akan berbagi cerita kepada adik adik kelasnya akan pentingnya menghormati dan peduli kepada sesama, dan cinta damai.

Berbagai kegiatan tersebut akan diramu dengan berbagai kegiatan seni musik, tari, dan drama. Puncak acara akan dilaksanakan pada 10 November, Hari Pahlawan, dimana akan dilaksanakan pula Talk Show Anak dan Talk Show Guru/Orang Tua yang akan dibacakan Deklarasi Anti Kekerasan dari Anak, dan Deklarasi Anti Kekerasan dari Pendidik.

Acara penting ini akan dilanjutkan dengan ‘happening arts and music’ serta penyerahan hadiah hadiah lomba hingga sore hari. Ragam kegiatan tersebut dirancang dengan tujuan agar dapat meningkatkan kesadaran untuk hidup damai dalam berkarya. Lihat rangkaian kegiatan pada lampiran.

Program “Stop Bullying, Belajar dalam Damai” ini bermaksud mengingatkan kembali kepada para orangtua, guru serta para pelajar untuk bersama sama mengupayakan terciptanya suasana damai agar pelajar dapat belajar secara optimal.

Seluruh kegiatan mengajak anak untuk hidup dengan respek kepada sesama, mampu melakukan kerjasama, berempati, bertanggung jawab, toleransi terhadap perbedaan perbedaan, dan santun, yang semuanya bermuara kepada terciptanya kedamaian.

Selain itu, program ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah sekolah lain agar dapat  bersama sama mengatasi kekerasan terhadap anak anak di sekolah dengan cara cara yang damai dan menumbuhkan potensi.

Acara Puncak, 10 November 2011, Hari Pahlawan: 

# Talk Show Pelajar: “Stop Bullying! – Belajar Dalam Damai”,  jam 8.30 s/d 10.00

Pembicara, Moderator dan Peserta melibatkan Pelajar SMP dan SMA di Jakarta, di Teater Kecil, Al Izhar

Diselingi Musik lintas angkatan, Puisi dan Pembacaan Pemenang Surat kepada Presiden”

Deklarasi Pelajar: “Stop Bullying! – Belajar Dalam Damai”

# Talk Show Pendidik (Guru dan Orang Tua): “Stop Bullying! – Belajar Dalam Damai”, jam 10.30 s/d 12.00, di Teater Kecil, Al Izhar

Pembicara, Moderator dan Peserta melibatkan para Guru, Orang Tua dan Ahli Pendidikan di Jakarta.

Diselingi Musik, Puisi, Drama oleh para Guru

Deklarasi Pendidik: “Stop Bullying! – Belajar Dalam Damai”

# Pameran Poster, Science, Filateli, Puisi, dan lain lain: di seluruh selasar (TK, SD, SMP, SMP), tgl 9 dan 10 November 2011, pagi hingga sore.

# Happening Arts: Tempat di Panggung Seni, Selasar SD, jam 13.00 s/d 15.30, 10 November, 2011

Gema Musik, Puisi, Tari, Drama, suarakan “Stop Bullying! – Belajar dalam Damai”

Pemberian penghargaan lomba lomba

Penggagas/Pendukung/Pelaksana:

Al Izhar:

Sebuah sekolah swasta yang menyelenggarakan pendidikan yang menumbuh kembangkan potensi siswa untuk menjadi manusia yang beriman, mandiri, kreatif dan cerdas. Visi Al Izhar adalah menjadikan anak anak sebagai pemimpin masa depan Indonesia dan intelektual Islam yang berwawasan luas dan memahami perkembangan lingkungan secara lokal, nasional maupun global. Alamat: Jl RS Fatmawati Kav 49 Pondok Labu, Jakarta. Phones: 021-7695542, 7506128; Fax: 7503662. Email: humas@al-izhar-jkt-sch.id.

Contact person: Sari Nurhadian (Humas): 0811161674; Taufan: tofanwibisono@gmail.com; 08811443482.

IGI : 

Ikatan Guru Indonesia merupakan organisasi profesi guru yang menjadi wadah komunikasi para guru untuk mengembangkan kualitas guru di Indonesia serta meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dengan moto “Sharing and Growing Together”, dan visi memperjuangkan mutu, profesionalisme, kesejahteraan guru Indonesia, serta turut secara aktif mencerdaskan kehidupan bangsa, Ikatan Guru Indonesia menjadi komunitas bagi para guru dan siapa saja yang tertarik dan peduli pada pentingnya memajukan dunia pendidikan dan keguruan.   Alamat Jl Jatipadang Raya Contact person: Dhitta Puti Saraswati (Program Director): 081284111811

SEJIWA:

adalah lembaga non profit yang mengupayakan terwujudnya dunia pendidikan yang anti kekerasan, dan memusatkan perhatian pada usaha usaha pengaktualisasian diri pada anak anak melalui penerapan nilai nilai respek, peduli, kasih, empati, toleransi, integritas dan damai.

Alamat: Jl. Rawa Bambu 14C, Pasar Minggu. Telp: 78843283, 70601060. Fax www.sejiwa.org. Contact person: Ikhlasul Amal: 085715062748


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
ilmanakbar

suka menulis dan berbagi. sudah lulus dari kampus. sudah tidak jomblo lagi, yeay! \^_^/

3 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals