Surat ‘Pembekuan’ BEM UI oleh Direktur Kemahasiswaan UI


0

14 Agustus 2009

No: 2146/H2.1/KM/2009
Lampiran: –
Hal: Tindakan Awal terhadap BEM UI

Kepada
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI
di tempat

Sehubungan dengan persangkaan yang ditujukan kepada BEM UI dalam hal:

1. Plagiarisme format publikasi resmi Beasiswa UI untuk Seribu Anak Bangsa tahun 2009 dan pelanggaran menggunakan merek UI untuk mempublikasikan berita negatif tentang BOP Berkeadilan

2. Pembuatan dan pemasangan baliho yang berisi penyiaran berita tidak benar seakan-akan telah dilakukan pelanggaran pelaksanaan BOP Berkeadilan oleh Manajer Kemahasiswaan FIK, FKM, FKG, FMIPA, dan FH UI

3. Tindakan penyebaran selebaran Kadiv Sospol BEM UI yang berisi pernyataan tidak benar tentang BOP Berkeadilan

dan berdasarkan kewenangan yang diberikan oleh Rektor, sebagaimana isi Ketetapan Majelis Wali Amanat No. 008/SK/MWA-UI/2004 tentang Perubahan Ketetapan MWA Universitas Indonesia Nomor 005/SK/MWA-UI/2004 tentang Tata Tertib Kehidupan Kampus Universitas Indonesia, maka untuk sementara kami tidak memproses segala perizinan kegiatan dari BEM UI. Tindakan awal ini berlaku sampai ada keputusan final terhadap rekomendasi tim P3T2 yang dibentuk untuk memproses persangkaan tersebut di atas.

Demikian surat ini disampaikan. Atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

Direktur Kemahasiswaan,

ttd

Dr. Kamarudin

Tembusan

  1. Rektor UI (sebagai laporan)
  2. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI
  3. Wakil Rektor Bidang SDM, Keuangan, dan Adm. Umum UI
  4. Para Kasubdit di Lingkungan Direktorat Kemahasiswaan UI
  5. Para Manager Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni di lingkungan UI
  6. Arsip

Surat Aslinya

Surat Pembekuan BEM UI
Surat 'Pembekuan' BEM UI

Baliho yang ‘Bermasalah’

Baliho yang Bermasalah
Baliho yang 'Bermasalah'

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
ilmanakbar

suka menulis dan berbagi. sudah lulus dari kampus. sudah tidak jomblo lagi, yeay! \^_^/

34 Comments

Leave a Reply

  1. -_-‘ saya heran..
    Itu emang fakta dan bener2 hasil temuan kok kenapa bgtu yak? -_-‘ kecuali kalo emang bo’ongan..bisa kena pencemaran nama baik juga.

    Tapi hebat juga idenya mengatasnamakan Plagiarisme -_-‘ *saya akui emang mirip template standar publikasi UI

    KACAU!!

  2. @Rhee: “SALAM kena banyak, tuh, plagiarisme”?
    hehe…
    kretivitas itu kan ATM! [amati,tiru,modifikasi].
    Pinter2 modifikasi aja!

    kalo masalah plagiarisme, saya rasa hanya tambahan/complementer, intinya rektorat merasa ketenangan nya sudah diusik.. tapi mencari2 kesalahan lain, biar sepertinya tidak beradab sekali..

    saya dukung BEM UI!
    Biar Beda Tetap Saudara!

    humas SALAM UI X2: Lebih Bersahabat!

  3. Plagiarisme??
    yah itu mah bisa2 nya pihak rektorat aj cari2 alasan, alasan pertama lagi.
    ckckc…

    Apa mereka (pihak rektorat.red) itu “nyindir” yah, bukan plagiarisme..

    bukan nya rektotorat isinya orang2 “pinter”, masa g bisa bedain..

    mungkin “pinter” yang lain kali yah..

    Semangat untuk Bem UI..

    Ayo lah Qta bikin aksi yang ditujukan untuk kebebasan berpendapat dan masalah transparansi BOP-B…

    Klo memang Benar, kenapa harus takut…

    Salam.

  4. Ya ampun….
    sebagai alumni saya merasa setengah marah setengah sedih… ternyata kampus yang saya banggakan paling demokratis ini ga bisa menyikapi sentilan anak2nya secara bijak….

    saya prihatin atas peristiwa ini dan setelah saya baca unsur hukumnya di link diatas, memang terlihat sekali pihak rektorat sebenarnya belum punya kapasitas untuk membekukan BEM.

    Semoga Cahaya illahi menyinari dan segera menyadarkan mereka kembali….

    kembalilah ke jalan yang benar wahai kau pengusa2 kampus.

  5. Kalo di Amrik, ini namanya pelanggaran 1st Amandment. Kalo di Indonesia, ada gak yah perlindungan hukum terhadap kebebasan ekspresi?

    *Lirik2 anak hukum*

  6. Asw..
    Kak beritahukan kpada kami apa yg dapat km bantu,sy sudh mengerti sjarah knp bem dibekukan..
    Sy tidak ingin kampus rakyat ini menjadi kampus kapitalis..

  7. Ini yang tanggal 14 ya? Itu surat tindak lanjut.
    Sebenarnya keluar lagi satu surat yang menyatakan pembekuan BEM UI tertanggal 18 Agustus 2009. Hanya saja pihak BEM UI belum terima secara formal..

    Ya Ampun..menjelang Ramadhan ini ternyata dikasih PR yang cukup berat….

    sebagai anggota BEM saya cukup terpukul ketika pertama kali mendengar masalah ini..

    Sepertinya memang ada keinginan dari pihak birokrasi kampus untuk membuat UI menjadi kampus yang kapitalis,,

  8. Loh UUD menjamin kebebasan mengemukakan pendapat dan saya sangat yakin bahwa baliho itu tidak hanya asal publish aja, tapi sudah melalui kajian yg ditemukan BEM UI..
    Ditunggu AKSI mengenai BOP-B..

  9. Nah, that’s the point, nih. Sepakat, SALAM! Seharusnya ga ada yg salah soal ATM. Anw patennya no. berapa, ya, kira2? Hhe.

    Gertakan pembekuan (padahal g ada peraturan yg membenarkan), alasan yg diada2kan biar BEM UI salah, sampe “klarifikasi” rektor yg menjatuhkan Mas Komar.. Gejala apa ini?

    Semangat semuanya! Jangan mau dipecah belah dan ditenggelamkan isu BOP-B yg mendzhalimi banyak orang ini.

  10. karna mahasiswa punya lebih banyak akal,,baiknya kita lihat kembali SK Rektor No 1465 tentang organisasi dan tata laksana kemahasiswaan ui,, jadi prinsipnya kegiatan BEM UI dapat berjalan terus- demo,dll-..
    “pembekuan”???who said so??

  11. yang gw bingung adalah, yang ‘membekukan’ itu direktur kemahasiswaan yang notabene dulunya ketua Senat Mahasiswa UI a.k.a BEM zaman dulu(wah,lupa kacang pada kulit nih kykny)…trus rektor kita pun di konferensi pers kemarin bilang ”gak tau apa2 soal pembekuan itu dan gak ada yg dibekukan, ini kerjaannya direktur kemahasiswaan”…walah2…

  12. Thx, Ilman…

    @Rhee: Plagiarisme itu jatuhnya ke Hak Cipta bukan paten dan itu otomatis ada saat ciptaan itu ada, tidak perlu didaftarkan segala. Sebagai lembaga mahasiswa, BEM harusnya tahu hal seperti itu dan tidak meremehkan.

  13. ga ada tuh kata kata dibekukan, yang ada menunggu investigasi dan rekomendasi tim P3T2….wajar dong,….segala sesuatunya harus di selidiki dengan baik,…..kok beritanya langsung provokatif begini ya?….:))))

  14. wuah, telat… baru sempat komen 😀

    @vina:
    trus rektor kita pun di konferensi pers kemarin bilang ”gak tau apa2 soal pembekuan itu dan gak ada yg dibekukan, ini kerjaannya direktur kemahasiswaan”
    bapak yg terhormat bilang gitu dimana?