Tabrakan Dasyat “Vixion vs Vega” @ Kampus Baru UI Depok 7 Desember 2009

7 Desember 2009 tepat Pkl. 18.05

Selepas pulang dari kampus selesai kuliah (OL dulu sih sebenarnya). Saya yang saat itu mengendarai sepeda motor sontak terkejut  dasyat karena baru beberapa saat melewati fakultas teknik tercinta ke arah utara tiba-tiba terdengar suara,,,,duarrrrrrrrrrrrrr, gubrak…brak…brak….prek! apa itu?(bertanya dalam hati) padahal jelas-jelas melihat kecelakaan dasyat!

Kejadian langsung membuat orang-orang yang melewati jalan merasa ngeri melihatnya termasuk saya, cekidot kejadiaan perkara:

“motor vega berwarna silver hitam yang di kendarai satu orang saat itu mencoba berputar balik dari arah utara ingin menuju arah utara, dia berbelok di pertigaan arah teknik industri di dekat stadion Universitas Indonesia. Namun naas baginya, tiba-tiba melintas motor vixion berwarna merah yang sedang digunakan pengendara berbonceng dengan kecepatan yang sangat tinggi sekali.

Entah karena sudah agak gelap dan belum menyalakan lampu plus ditambah kecepatan yang sangat tinggi, akhirya terjadilah kejadiaan naas itu, duarrrrrrrrrrrrrr, gubrak…brak…brak….prek! walaupun motor vega tadi bagian batok depan jok, dan lain-lainnya ancur berat tapi motor tersebut masih tidak jauh dari belokan tadi. Yang lebih naas adalah pengendara vixion dan boncenger yang  dari titik tabrakan tadi ter pelanting lumayan jauh sekitar 3-5 meter dan tentu dengan motor vixion baru yang kini jadi ancur(entah kredet apa ga).

Serentak sebagian warga indonesia yang ramah tama termasuk saya bertindak untuk menolong para korban tabrakan tadi. Pengemudi vega dengan motornya yang berantakan masih bisa berdiri ternyata, bagaimana dengan vixion? Karena dua-duanya terpelanting maka keduanya pun tersungkur di aspal dan hambpir tidak bisa bangun, tapi yang aneh ketika akan ditolong salah satu pengendara vixion(entah pengemudi atau boncenger) sambil mengerang menolak untuk ditolong. Namun, tetap kita para pengemudi lain yang saat itu melintas menolong semua korban paling tidak membereskan jalanan yang berserakan dengan sparepart motor yang hancur”

Kenapa yah kejadiaan ini perlu terjadi? Padahal ini adalah wilayah kampus tapi masih ada saja yang sok menjadi pembalap di sini. Ada yang bisa ditelisik lebih dalam yaitu dua pengendara vixion tadi, sepertinya siap mengantarkan nyawa sekali karena sudah ngebut-ngebutan yang terlihat saat itu mereka berdua ga pake helm (atau terlepas yah, ga keliatan jelas). Namun, bagaimana pun perlu sangat peranti  keamanan  ini. Budaya menggunakan helm ini harus bisa ditingkatkan lagi, karena mahasiswa dan warga sekitar pun sering lalai untuk menggunakan helm(mungkin mereka berfikir ”ngapain juga pake helm? Kan deket ini”) padahal jauh dekat kalo udah celaka celaka aja, makanya harus ada pengamannya karena tidak ada siapa pun yang menjamin keamanaan kita kecuali kita sendiri.

Loooooh…kok jadi ceramah gini, tak apalah namanya juga demi kebaikan bersama. Semoga kejadiaan seperti ini tidak perlu terjadi lagi baik karena warga UI maupun masyarakat pada umumnya juga, amin!

1 thought on “Tabrakan Dasyat “Vixion vs Vega” @ Kampus Baru UI Depok 7 Desember 2009”

  1. sebagai mahasiswa K3 FKM UI, ini adalah makanan kami sehari-hari…

    susah emg klo udh ngomongin kecelakaan di kampus sendiri,, faktor-faktor penyebabnya itu byk..

    kcelakaan itu terjadi menurut teori Domino karena :
    1. unsafet Act (80%)
    2. unsafe Condition
    3. Lack of managemen

    yups… unsafe act, ngebut, gak pake helm, dll itu udh HAL YANG BIASA bgt di INDONESIA,,

    unsfae condition, cuaca hujan, licin, gak ada polisi tidur dll..

    lack of managemen : SANKSI YANG TIDAK TEGAS..!!!

    solusi dari gw sih,,
    tetep adain razia tapi perlu prioritas nya.. apa yang mau dirazia biar efektif..

    tujuan razia buat apa? kelengkapan administratif kah atau keselamatan transportasi di UI kah?

    klo mau keselamatan yang jadi utama,, cara razia nya gini.. di pintu masuk UI (pocin, gerbataman, kukel, kutek) ada petugas yang memfilter bagi yang gak pake helm standar dilarang masuk…
    petugas ini kerja dari pagi ampe malem.. jam 05.00-21.00 (bisa dibagi 2 shift) jangan protes klo gak boleh masuk UI gara-gara gak pake helm standar..
    KARENA FUNGSI HELM BUKAN BUAT PETUGAS MAUPUN UPT PLK TAPI BUAT LOE-LOE JUGA..

    trus juga bangun polisi tidur-polisi tidur lebih byk lagi terutama di TIKUNGAN ATAU PERSIMPANGAN JALAN.. ini cukup efektif untuk mengurangi laju kendaraan yang melintas di kawasan UI…

    beberapa waktu lalu emg sie ada razia, tapi razia SIM dan HELM juga.. dan jadwalnya udh bisa ditebakk.. yaitu pagi dan sore DOANK… dan hari-hari tertentu doank.. di tempat2 tertentu DOANK.. mending dari sumbernya kita FILTER yaitu di PINTU-PINTU masuk…

    bukan untuk PRIVATISASI tapi untuk KESELAMATAN PRIBADI DAN ORANG LAIN..

    Terima kasih..

    Reply

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA