Penting: Supaya Liburan Kamu Tetap Produktif

“Libur tlah tiba, libur tlah tiba, hore, hore, hore… HORE!”

Sebelumnya anakui.com mengucapkan selamat liburan bagi teman-teman yang menjalankan. Tiba liburan tiga bulan gini, mulailah timbul pertanyaan Kira-kira liburan gue ngapain, ya?” atau “Ah bosen liburan, gini-gini aja.” Nah, untuk menghindari pertanyaan kamu yang seperti itu lagi, anakui.com kini hadir menawarkan solusi terpercaya bagi kamu yang gak mau liburannya sia-sia tanpa perkembangan yang berarti.

Oke, kira-kira gimana sih caranya agar supaya liburan kamu tetep produktif?

 Baca Juga: Liburan, Sih Liburan! Tapi Jangan Lupa Sama Hal-hal Ini, ya!

Manjat Rektorat

Manjat rektorat biar anak UI banget via mapio
Manjat rektorat biar anak UI banget via mapio

Sekali-sekali nih, mumpung kampus sepi dan gak terlalu banyak yang lalu-lalang, gimana kalau kamu mencetak rekor baru? Manjat rektorat, contohnya, biar dikira anak UI abis dan kalo masuk berita keliahatan prestige banget pokoknya; “Seorang Pemuda Nekat Memanjat Rekotrat Universitas Indonesia dikarenakan Rasa Cintanya yang Begitu Tinggi terhadap Kampusnya”

sebelum kemudian pada sore hari kamu habis digerogoti burung walet. Pada tau, gak?

 

Benerin Atap Crystal of Knowledge

Benerin atap yang udah bolong via skyscrapercity
Benerin atap yang udah bolong via skyscrapercity

Daripada ngeluh dan komentar mulu yang membuahkan hasilnya cukup lama, lebih baik bergerak bersama teman-teman kamu turun ke jalan untuk membenahi atap Crystal of Knowledge ini. Karena suatu material dapat digolongkan sebagai crystal jika merupakan suatu padatan yang atom, molekul, atau ion penyusunnya terkemas secara teratur dan polanya berulang melebar secara tiga dimensi.  Lha, kalo si Crystal of Knowledge ini udah gak padet sehingga bolong a.k.a bocor, gimana mau disebut crystal lagi? *sarkasme*

 

Nyupir Bikun

Bikin gerakan sendiri untuk nyupir bikun via bikunmania
Bikin gerakan sendiri untuk nyupir bikun via bikunmania

Lagi-lagi, daripada kamu geregetan bikun datengnya lama banget, mending kamu bikin gerakan sendiri untuk nyupir ini bikun, sekaligus bulan Ramadhan membantu Pak Bikun yang lelah selama ini udah menyupiri teman-teman sekalian. Siapa tau kan dengan kecepatan super, kamu bisa meringankan beban temen-temen yang punya keluhan yang sama. Anggap aja part time kayak Uber atau Grab gitu. Dibayarnya pake IPK, mau? Kalo dikasih bintang empat, IP-nya langsung empat. Apa sih garing.

 

Ngecat Jembatan Teksas

Mengecat ulang Jembatan Teksas biar lebih bersih via mohgavin
Mengecat ulang Jembatan Teksas biar lebih bersih via mohgavin

Tau kan kalo jembatan teksas yang menghubungkan Teknik-Sastra ini warnanya merah dan kuning, tapi selain itu juga terdapat banyak coretan orang-orang yang ingin mengabadikan momen di sana? Yha, itu jembatan apa prasasti? Kok penuh kenangan?

Daripada kamu liburan di rumah aja gak tau mau ngapain, mending berbakti kepada Universitas tercinta dengan cara mengecat ulang Jembatan Teksas biar lebih bersih dan sedap dipandang, gak kayak tembok-tembok pinggir jalan yang banyak corat coret anak SMA itu. Kamu juga bisa sedikit berinovasi dengan mengganti warnanya menjadi lebih fresh dan kekinian; light pink + tosca, mungkin?

 

Jagain Gerbatama

Jagain Gerbatama via suaramahasiswa
Jagain Gerbatama via suaramahasiswa

Hal produktif yang satu ini juga bisa jadi alternatif buat kamu yang pengin duduk nyantai aja tapi tetep bisa produktif. Tinggal jagain pos Gerbatama, ngasih karcis, udah deh beres. Malah kamu bisa beruntung kalo dapet cowok atau cewek yang lumayan, jadi bisa langsung digebet; “Eh, mau ke fakultas mana? Nebeng boleh gak? hehehehe.” Dan selamat, antrean di Gerbatama akan panjang gara-gara nungguin si tukang karcisnya gak balik-balik.

 

Nguras Danau UI

Kuras danau di UI via metronews
Kuras danau di UI via metronews

Kalo kamu merasa kurang greget dengan Program Cinta Kampus waktu Kamaba dulu, mungkin sekarang kamu bisa membuat gebrakan sendiri dengan menguras danau UI secara mandiri, lumayan juga untuk melestarikan lingkungan. Gimana? Enam danau di UI mau nguras? Kan mau produktif.

 

Tidur

Siapa bilang tidur gak produktif? via rri
Siapa bilang tidur gak produktif? via rri

Yak, gak usah dipungkiri lagi kalo ini adalah kegiatan paling nyaman dan paling disukai semua orang. Siapa bilang tidur gak produktif? Menurut info ilmiahnya nih ya, tidur itu dapat meningkatkan kualitas hidup. Tidak bisa dipungkiri lagi orang yang tidurnya berkualitas dan cukup memiliki hidup yang baik dan terkonsep, mereka tidak pernah kualahan dan tidak pernah terlihat stress. Makanya, kalo mau lebih produktif demi meningkatkan kualitas hidup, ya tidur aja… Gak deng jangan dibawa serius ya, nanti beneran tidur terus kan berabe.

Duh artikelnya kurang membantu, ya? Santai aja, gak usah serius-serius banget. Bahkan baca artikel 5 menit yang menyita waktumu ini juga merupakan hal produktif, kok. Daripada baca artikel yang engga engga hehehehehehehe kan bulan Ramadhan. Sampai jumpa!

Keputusan Akhir tentang Kenaikan Biaya Kuliah di UI Ditentukan Hari Ini

Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan jenis biaya tunggal yang harus dibayarkan oleh mahasisiwa per semester di perguruan tinggi. Bicara soal biaya kuliah di UI pasti berkaitan dengan isu tentang UKT yang akan dinaikkan tahun ini. Ya, isu ini memang benar. Tapi baru sekadar isu. Sampai saat ini, belum ada pernyataan dari pihak UI mengenai keputusan tersebut. Meskipun isu ini sudah ramai dibicarakan sejak tahun lalu, tepatnya pada akhir tahun 2015.

Biaya kuliah akan naik?
Biaya kuliah akan naik?

Banyak yang harus dipikirkan mengenai keputusan kenaikan biaya kuliah, sehingga proses penentuan pun harus dibicarakan dengan matang. Beberapa pertemuan dilakukan oleh Rektor dan jajarannya serta perwakilan mahasiswa. Dalam hal ini, pihak Universitas tidak dapat mengambil keputusan tanpa adanya suara dari mahasiswa.

Berikut beberapa tanggal penting sebagai ajang diskusi antara pihak Mahasiswa dan Rektorat yang membahas kenaikan uang kuliah:

  1. Tanggal 23 Desember 2015, dilakukan diskusi antara Mahasiswa dengan pihak Rektorat untuk membicarakan rencana UI yang akan menaikkan biaya kuliah. Pada diskusi publik dengan Rektor ini, pihak Rektor telah menyampaikan rencana kenaikan batas atas biaya kuliah. Alasan utamanya adalah peraturan yang dikeluarkan dari Kemenristekdikti dan UI pun sedang membutuhkan uang.
  2. Tanggal 11 Januari 2016, Perwakilan mahasiswa diberikan info oleh Rektorat untuk berdiskusi tentang UKT serta membentuk tim perwakilan mahasiswa. Perwakilan Mahasiswa dalam Pembahasan UKT kemudian dibentuk. Tim ini akan mengikuti beberapa rapat Rektorat bersama dengan Dosen dan Karyawan sekaligus mewakili suara mahasiswa yang lain. Perwakilan mahasiswa tersebut antara lain, Amanda Delia, FPSI 2012; Denny Yusuf, Fasilkom 2012; Hafizh Nuur, FISIP 2012; Khansa Asikasari, FKM 201; Sandi Aria M, FISIP 2012; dan Massaid Bimo S, FEB 2012.
  3. Perwakilan mahasiswa dalam pembahasan UKT
    Perwakilan mahasiswa dalam pembahasan UKT
  4. Tanggal 13 Januari 2016, dilakukan forum terbuka di Taman Lingkar UI. Kegiatan ini dilakukan agar setiap mahasiswa yang memiliki pendapat atau unek-unek bisa langsung disampaikan.
  5. Beberapa perjalanan panjang, diskusi, forum, dan berbagai pertimbangan lainnya akan sampai pada titik penentuan. Pada Rabu, 27 Januari 2016, pukul 13.00—16.00 bertempat di Lorong Rektorat, BEM se-UI mengadakan Undangan Terbuka bagi seluruh mahasiswa UI untuk menghadiri agenda terpenting dalam penetapan biaya kuliah. Agenda pertemuan tersebut yaitu keputusan akhir, naik atau tidaknya batas biaya pendidikan di UI. Pihak Rektorat dan tim perwakilan mahasiswa dalam peyusunan UKT akan kembali bertemu. Masihkah UI dapat disebut sebagai kampus berkeadilan? Temukan jawabannya!
Undangan terbuka
Undangan terbuka

Nasib ribuan calon mahasiswa UI akan ditentukkan melalui rapat final ini. Mahasiswa dari berbagai kalangan, yang peduli terhadap nasib sesama mahasiswa, fakultas, dan kampus perjuangan ini. Inilah momen yang paling dinantikan sebagai masa depan kampus perjuangan.

error: This content is protected by the DMCA