Tanaman Hijau, Kamu Di Mana?

Tanaman Hijau

Saya mengenal istilah oleh salah satu temen saya di UI. Bahwa kampus UI adalah hutan yang ada di dalam kampus. Sedangkan untuk kampus IPB yaitu ada kampus di dalam hutan. Dua tanggapan ini mengatakan bahwa UI selalu mengutamakan penghijauan di dalam kampus. Sedangkan untuk IPB adalah memanfaatkan hutan untuk wilayah kampus.

Selama ini saya memasuki lingkungan kampus UI, saya kehilangan teman terbaik saya. Tanaman Hijau. Saya mencari kemana-mana. Kondisi teman saya begitu prihatin. Mereka seakan-akan merintih kepada saya. Saya melihat kondisi ini berbeda sekali sekitar tahun 2004. Teman saya, tanaman hijau masih begitu banyak. Saya bahagia melihatnya. Tetapi kondisi sekarang (Juli, 2012), teman saya sudah berkurang. Teman saya yang masih tersisa masih ada di sekitar FE UI dan FT UI. Suasana hijau masih terasa ketika melewatinya. Tetapi di wilayah Fasilkom UI, Perpus Utama UI, Fisip UI, dan wilayah lain sudah tersisa sedikit sekali.

Tanaman Hijau. Saya bagaikan orang gila menganggapmu sebagai teman. Padahal kamu hanya diam membisu. Gerakanmu oleh angin yang membuat saya tahu bahwa kamu hidup. Tetapi saya ingin kamu tetap hidup. Kamu sahabat terbaik saya. Kamu selalu memberikan nuansa nyaman ketika melintasi lingkungan kampus. Tugas kuliah bisa membuat saya lebih mudah untuk menghadapinya ketika melihatmu. Kamu sumber inspirasi bagi saya dan bagi mahasiswa lain (menurut saya).

Biarlah orang lain menganggap saya gila. Karena saya seakan-akan mengerti perasaanmu. Tetapi dari sikap gila saya ini, mungkin akan membangkitkan seluruh civitas akademi UI untuk memperhatikanmu. Menyayangimu. Serta memeliharamu agar selalu terjaga. Salam sayang buat dirimu, Tanaman Hijau.

Salam.

Azhar Firdaus

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA