Review Technics EAH-AZ60, Headset dengan Banyak Fitur

anakui.com – Suara High-End dari buds terjangkau. Technics EAH-AZ60 menghadirkan suara warisan dan ANC yang efektif dalam paket earbud yang menarik. Ini adalah earbud menarik yang mengemas suara audiophile, ANC, dan banyak fitur berguna ke dalam paket penuh gaya, semuanya dengan harga terjangkau.

Spesifikasi Technics EAH-AZ60

Spesifikasi
Dimensi: 1x0,87x0,87 inci
Berat: 0,24 ons
Masa pakai baterai (nilai): 7 jam (ANC aktif), 7,5 jam (ANC mati), 24 jam (ANC pada casing pengisi daya), 25 jam (ANC mati pada casing pengisi daya)
Jangkauan Bluetooth: 50 kaki
Dukungan codec: AAC, SBC dan LDAC

Kelebihan

  • + Suara jernih dan ekspansif
  • + ANC yang kuat
  • + Aplikasi menarik dengan banyak fitur
  • + Desain ramping
  • + Masa pakai baterai yang hebat

Kekurangan

  • – Kualitas panggilan sedang
  • – Tidak ada pengisian nirkabel

Technics EAH-AZ60 merupakan earbud nirkabel andalan terbaru dari para pecinta audio hi-fi. Itu dilengkapi dengan lembar spesifikasi mengesankan yang disorot oleh Active Noise Cancellation (ANC) yang dapat disetel, integrasi Alexa, Bluetooth 5.2 dan arsitektur akustik yang menghasilkan suara yang sangat kaya.

Ini juga kaya fitur melalui aplikasi pendamping. Tidak ada yang salah dengan kuncup ini. Kualitas panggilan lumayan, tetapi beberapa langkah di bawah yang terbaik di pasaran. Beberapa fitur unik yang diperkenalkan oleh Technics berhasil atau gagal.

Kurangnya fitur standar seperti pengisian daya nirkabel, yang semakin umum di earbud nirkabel di bawah Rp. 3 jutaan, juga mengurangi resume EAH-AZ60.

Terlepas dari kekurangan ini, Technics memiliki pengganggu audio yang membuat pesaingnya menjadi sorotan. Lihat ulasan Technics EAH-AZ60 lengkap kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang permata sonik ini.

Harga dan Ketersediaan

Technics EAH-AZ60 dijual seharga Rp. 3,5 jutaan di pengecer online besar termasuk Amazon dan Adorama . Pilihan warnanya hitam dan silver. Di dalam kotak terdapat wadah pengisi daya, wadah pengisi daya USB-C, dan 5 set tip dalam berbagai ukuran.

Sebagai perbandingan, kuncup ini lebih terjangkau daripada pemimpin kategori seperti AirPods Pro dan Sony WF-1000XM4. Tetapi memiliki MSRP yang lebih tinggi daripada model kelas atas seperti Beats Fit Pro dan Samsung Galaxy Buds 2.

Tandai halaman penawaran headphone terbaik kami untuk semua penjualan earbud nirkabel terbaru.

Desain dan Kenyamanan

EAH-AZ60 melambangkan silsilah desain mewah Technics. Meski sebagian besar terbuat dari plastik, namun secara estetika kuncupnya meninggalkan kesan terbuat dari bahan berkualitas. Ada banyak detail untuk dikagumi, mulai dari penempatan mikrofon terpisah hingga panel sentuh yang seperti vinil.

Konstruksinya juga bagus. Peringkat IPX4 juga membuat kuncup ini tahan keringat dan air. Sangat disayangkan bahwa Technics tidak melakukan upaya yang sama dalam mendesain wadah pengisi daya.

Selesai matte dan logo timbul di bagian atas sangat menarik, tetapi kualitas pembuatannya tidak tahan lama seperti kasing pesaing. Bagian luarnya akan mudah tergores jika terjatuh di permukaan. Setidaknya bentuknya yang ramping dan memanjang membuatnya mudah dimasukkan ke dalam saku sempit untuk dibawa-bawa.

Menurut kami EAH-AZ60 lebih nyaman dipakai daripada EAH-AZ40. Plastiknya tidak keras di kulit dan kuncupnya lebih pas di telinga. Memakainya selama 2-3 jam tidak masalah.

Fitnya juga stabil. Memiliki banyak tip untuk mengakomodasi ukuran telinga yang berbeda adalah sikap bijaksana dari merek, dan setiap tip tertutup rapat. Port suara miring meluncur mulus ke dalam kanal.

Kontrol dan Asisten Digital

Rangkaian lengkap kontrol media diprogram ke dalam EAH-AZ60. Ini termasuk pemutaran, manajemen panggilan, volume, bantuan digital, dan aktivasi mode mendengarkan. Sobat dapat menetapkan masing-masing ke buds di aplikasi pendamping.

Deteksi telinga, yang secara otomatis menjeda/memutar konten saat Anda melepas atau memasang kembali kuncup ke telinga, tidak tersedia. Kontrol merespons isyarat masukan.

Sensor jarang salah mengartikan perintah multi-ketuk, dan bagus untuk memiliki skema kontrol penuh di luar kotak dengan perintah yang terbagi antara dua kuncup. Integrasi Alexa disediakan sebagai bagian dari paket.

Itu berarti sobat dapat memicu perintah Alexa secara manual (tekan dan tahan selama 3 detik di bud kiri) atau melalui aktivasi suara melalui kata bangun. Siri, Asisten Google, dan Bixby juga kompatibel dengan kuncup. Keempat bot AI bekerja dengan mulus dan dengan cepat memberikan hasil segera setelah diterima.

Yang paling penting, susunan 8-mikrofon Technics sangat mudah dipahami dan menangkap perintah dengan tepat.

Kualitas Suara Technics EAH-AZ60

EAH-AZ60 luar biasa untuk mendengarkan sehari-hari. Technics memasangkan driver 8mm dengan ruang akustik dan harmonizer, menciptakan suara yang mendetail dan luas dalam prosesnya. Codec Bluetooth LDAC Sony disertakan sehingga dapat menikmati trek audio lossless dari layanan streaming resolusi tinggi yang kompatibel.

Sebagian besar waktu mendengarkan saya dihabiskan dengan codec AAC dan profil suara default (yang menyediakan rentang frekuensi yang datar dan luar biasa). Harta karun orkestra seperti “Love Theme From Spartacus” karya Yusef Lateef disajikan dengan baik berkat pemisahan instrumen yang fantastis.

Bass ganda musikal dan penuh bass, hi-hat hidup dan setiap tuts piano memancarkan jiwa. Semuanya menyatu dengan indah untuk mendengarkan dengan tenang.

Lagu-lagu yang terinspirasi oleh Rhythm & Blues seperti “Just Your Fool” dari Rolling Stones diikuti oleh ketukan mengemudi yang ditekankan oleh harmonika yang energik dan membawakan piano honky-tonk yang terdengar bersih.

Pecinta bass akan mengapresiasi performa low-end EAH-AZ60. 808 yang memekakkan telinga dari Roddy Ricch’s “Thailand” sangat seimbang dan kuat tanpa mengorbankan elemen sonik lainnya. Bahkan penyanyi EDM seperti “Reborn” Kaivon terdengar hidup.

Penurunan bass yang dahsyat akan mengirimkan aliran adrenalin ke seluruh tubuh Anda. Ada EQ yang dapat disesuaikan yang memungkinkan menyesuaikan frekuensi secara manual jika merasa perlu mengubah suara.  Pilihan lain adalah memilih dari beberapa preset yang dirancang dengan baik (Bass+, Dynamic, Treble+, Vocal) untuk genre musik yang berbeda.

Mereka yang memilih rute LDAC akan melihat peningkatan halus pada treble yang terdengar lebih bersih, terutama pada track audio lossless. Mengaktifkan ANC juga sedikit meningkatkan bass.

Peredam Bising Aktif

Menurut Technics, kuncup menawarkan “pembatalan kebisingan terkemuka di industri.” Bose dan Sony, serta sebagian besar peninjau audio, akan memberi tahu sebaliknya.

EAH-AZ60 memiliki penetral kebisingan yang solid yang mengungguli AirPods Pro dan banyak model kelas menengah, tetapi tidak bersaing dengan raja ANC saat ini seperti Earbud QuietComfort atau WF-1000XM4.

Ada tombol penyesuaian yang mengubah seberapa banyak kebisingan sekitar yang ingin diblokir, tetapi Anda ingin mempertahankannya pada level maksimum untuk hasil maksimal. Dengan demikian, kami dapat memblokir keributan sehari-hari di rumah, seperti obrolan keluarga yang keras di ruang tamu atau peralatan yang beroperasi pada waktu yang berbeda.

Gangguan umum seperti bel pintu dan mesin cuci berjatuhan tidak menarik perhatian. Itu juga menyenangkan untuk menggunakan fitur-fitur di luar. Alat lansekap dan orang yang lewat cerewet kebanyakan diam. EAH-AZ60 melakukan pertempuran mulia melawan frekuensi tinggi.

Kicauan burung dan bayi yang menangis tidak akan merusak konsentrasi , tetapi sirene dan peluit akan mengganggu konsentrasi. Hambatan angin juga bukan yang terbaik, tetapi setidaknya tidak harus berurusan dengan efek goyangan besar yang dimiliki earbud ANC nirkabel paling murah saat dikenakan dalam kondisi angin kencang.

Kontrol Suara Sekitar adalah salah satu mode mendengarkan ambien terbaik yang tersedia dan memiliki dua mode: Transparansi untuk umpan balik ambien total dan mode Perhatian untuk penekanan vokal. Transparan menangkap sebagian besar suara dari luar dan meningkatkan kewaspadaan saat berjalan-jalan di malam hari.

Tapi Perhatian bagus untuk komunikasi. Mikrofon dengan jelas menangkap suara istri dari seberang ruangan, memudahkan untuk mendengar dan menjawab pertanyaannya.

Aplikasi dan Fitur Khusus

Aplikasi Technics Audio Connect berada di samping beberapa aplikasi pendamping terbaik dalam kategorinya. Produk ini sarat dengan fitur yang meningkatkan pengalaman pengguna dalam banyak hal.

Kami telah membahas spesialisasi seperti ANC yang dapat disesuaikan, integrasi Alexa, kustomisasi kontrol, LDAC, dan EQ dengan preset. Ternyata masih banyak lagi yang harus dibongkar di backend. Halaman pengaturan di kanan bawah membuka pintu ke fasilitas suara tingkat lanjut.

Ada pengaturan peredam bising dengan tiga opsi, tetapi masing-masing memiliki trade-off yang mengakibatkan kelambatan atau gangguan yang sering terjadi. Fitur pengurangan kebisingan memiliki dua pengaturan, sedang dan kuat, untuk meminimalkan gangguan latar belakang di sisi penelepon.

Ini sedang dalam proses dengan perbaikan kecil pada kualitas panggilan dan Penafian kuat yang dapat memengaruhi kualitas suara.

Pengoptimal peredam bising tersedia untuk kinerja ANC yang lebih baik. Ini bekerja dengan baik untuk membersihkan bagian bawah dan tengah, tetapi sobat akan melihat peningkatan tekanan yang signifikan jika menaikkannya beberapa tingkat.

JustMyVoice adalah fitur aplikasi paling populer yang menganalisis suara dan mengurangi kebisingan sekitar dengan teknologi beamforming untuk panggilan yang lebih jelas. Namun, orang yang kami telepon tidak melihat banyak perbedaan saat mengobrol di telepon atau di Zoom.

Melengkapi aplikasi adalah pengaturan daya otomatis, mode koneksi yang mengutamakan kualitas suara atau koneksi, fungsi pencari headphone, dan pembaruan firmware.

Masa Pakai Baterai dan Tempat Pengisian Daya

Technics menilai masa pakai baterai pada 7 jam dengan ANC aktif. Ini bagus mengingat volume tinggi dan fitur lainnya, meskipun LDAC ‘resolusi tinggi’ memangkas waktu pemutaran secara dramatis menjadi 4,5 jam. Mematikan semua fitur utama akan memperpanjang masa pakai baterai hingga 7,5 jam.

Kasing pengisi daya bertahan hingga 25 jam tergantung bagaimana menggunakan kuncup. Jika menghitungnya, sobat akan menemukan bahwa ini satu jam lebih lama dari kasing AirPods Pro. Pengisian cepat adalah masalah lain dengan kuncup menghasilkan 1 jam pemutaran dalam 15 menit. Pengisian daya nirkabel tidak cukup.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

EAH-AZ60 bukanlah model yang akan Anda temukan di headphone terbaik dengan mikrofon untuk daftar panggilan suara dan video karena beberapa alasan. Ini berguna untuk mengobrol di lingkungan yang sunyi, tetapi kebisingan adalah masalah serius, bersama dengan hambatan angin mikrofon yang lemah.

Baik di dalam maupun di luar ruangan, istri mengeluh tidak bisa mendengar kalimat dengan baik. Kebisingan latar belakang yang terdengar di mikrofon saat menerima panggilan di lingkungan yang bising juga mengurangi kualitas. Setidaknya Bluetooth 5.2 stabil.

Buds ini langsung terhubung ke perangkat Android dan MacBook Pro. Jangkauannya meluas hingga 50 kaki, memberi fleksibilitas yang cukup untuk bergerak di sekitar rumah tanpa putus sekolah. Teknologi multipoint memungkinkan bud untuk dipasangkan dengan dua perangkat secara bersamaan.

Kesimpulan

Dengan harga Rp. 3,5 jutaan, Technics EAH-AZ60 cukup terjangkau. Sobat mendapatkan suara kelas atas yang dapat ditingkatkan dengan dukungan EQ atau LDAC, serta netralisasi kebisingan dinamis dan serangkaian fitur kaya yang tidak ditawarkan oleh banyak model kelas atas.

Penambahan Bluetooth 5.2 dan kontrol yang mudah dipahami untuk pengoperasian yang responsif menambah daftar poin penjualan yang kuat.

Tidak semua fitur mencapai tujuannya. Kualitas panggilan secara mengejutkan mengecewakan mengingat kinerja mikrofon dan ANC, dan kurangnya pengisian nirkabel terasa seperti pengabaian harga yang signifikan.

Sebagian besar kekurangan ini dapat dimaafkan, terutama mengingat keahlian audio Technics, di mana EAH-AZ60 unggul. Sobat bisa mendapatkan lebih banyak fitur dengan sedikit tambahan untuk Sony WF-1000XM4, tetapi itu saja membuat investasi tersebut bermanfaat bagi pecinta musik.

Leave a Comment