Di postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan sedikit mengenai sejarah podcast, nah mungkin diantara kalian ada yang tertarik dan ingin mencoba berbagi cerita lewat podcast selama di rumah aja dalam masa pembelajaran jarak jauh, bisa banget loh, daripada gabut yakan. Kamu bisa membagikan cerita kegiatan selama di rumah, tutorial atau pengalaman membuat sesuatu seperti dalgona coffee misalnya, atau mau membahas materi perkuliahan menganai apa saja yang kamu pelajari, cerita tentang jurusan kamu, sharing pengalaman kamu pergi ke suatu tempat, berbagi opini mengenai suatu kejadian, apa aja deh pokoknya, boleh banget kamu sharing lewat podcast ini. Lewat postingan ini saya bakal ngasih tau apa aja yang mesti kamu persiapkan untuk membuat sebuah podcast, diantaranya yaitu: smartphone, aplikasi anchor, dan materi yang ingin disampaikan, simple kan?

Ya, salah satu kenapa wadah podcast ini banyak digemari adalah karena proses pembuatannya dapat dibilang tergolong murah dan mudah dibandingkan dengan wadah yang lain. Jika kamu ingin membuat konten di platform Youtube, maka kamu butuh ekstra usaha untuk membuatnya, mulai dari waktu, proses pengerjaan, dan biaya. Berbeda dengan podcast ini yang bisa kamu buat kapan saja dan dimana saja.

Edit di Laptop/Komputer dan Gunakan Aplikasi Pendukung

Sebenarnya merekam audio lewat smartphone sudah cukup bagus untuk memulai sebuah podcast, tapi kalau kamu mau niat banget dalam proses pengerjaannya kamu bisa menggunakan laptop atau komputer, tetapi harus dilengkapi dengan sebuah microphone, ada juga aplikasi untuk mengedit sebuah audio yaitu Adobe Audition, nah lewat aplikasi ini kamu bisa menambah efek-efek suara jika ingin membangun suasana untuk suatu podcast, misalnya kamu mau membahas sesuatu yang horror, maka lewat Adobe Audition ini kamu bisa menambah efek suara hantu atau suara-suara mistis lainnya.

Selanjutnya yaitu aplikasi anchor, aplikasi ini merupakan ‘anak’ dari aplikasi spotify dan dapat didownload lewat App Store atau Play Store, ibaratnya anchor ini adalah aplikasi pengepul podcast yang nantinya secara automatis akan didistribusikan langsung lewat Spotify.

Lebih jelasnya Anchor merupakan startup yang menciptakan aplikasi seperti snapchat tapi dalam bentuk audio, jadi lewat aplikasi ini para pengguna bisa membagikan rekaman audio kepada para followers-nya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pihak Anchor memodifikasi aplikasinya, dan terciptalah Anchor yang sekarang, dimana para penggunanya dapat membagikan podcast dalam bentuk yang utuh, tidak hanya sebatas potongan-potongan audio saja.

BACA JUGA: Nyesel Karena Udah Beli Laptop yang Ngga Sesuai Kebutuhan Kamu?

advertisement

Siapkan Tema dan Materi

Terakhir kamu perlu mempersiapkan tema dan materi untuk diangkat dalam sebuah podcast, kamu dapat membagikan cerita apa saja, yang penting penyampaian narasi kamu harus jelas, agar orang yang mendengar tidak kebingungan, maka diusahakan agar kamu mengangkat materi yang kamu kuasai betul ya. Jika kamu sudah mempersiapkan materi yang ingin dibawakan, maka kamu bisa langsung rekaman di aplikasi anchor, saya bukannya hendak berpromosi tapi aplikasi ini memang sangat mudah untuk digunakan dan sangat cocok bagi pemula yang ingin membagikan ceritanya lewat podcast audio.

Di dalam podcast kamu dapat mewawancarai atau mengundang teman yang memiliki pengalaman yang unik atau sudut pandang yang menarik mengenai suatu hal, jangan lupa kamu juga dapat menambahkan foto sebagai cover podcast buatannmu, bisa berupa foto atau sekedar tulisan atau gambar yang menggambarkan kepribadian dan isi dari podcast kamu. Podcast yang kamu buat nantinya dengan otomatis akan diunggah oleh pihak anchor ke spotify, dan kamu dapat mempromosikannya ke berbagai media sosial, selamat mencoba!

BACA JUGA: 9 Tipe Penonton Konser Musik yang Bisa Kamu Temukan di UI

Sumber header gambar podcast



advertisement