The 1st Business Law Competition 2010


0

Perekonomian Indonesia kini sedang berkembang dengan sangat pesat dengan diibuktikan masuknya Indonesia ke dalam kelompok negara G-20. Kelompok ini adalah kelompok yang berisikan dua puluh negara dengan kekuatan perekonomian terbesar di dunia. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa Indonesia termasuk ke dalam negara dengan kekuatan ekonomi yang besar di dunia.

Dalam rangka pengembangan pemahaman mengenai aspek hukum di bidang ekonomi yang sangat berkembang saat ini dan sangat penting bagi generasi muda Indonesia sebagai generasi penerus pembangunan, dibutuhkannya kompetisi edukatif untuk menunjang keberhasilan pembangunan sumber daya manusia Indonesia agar mampu melanjutkan pembangunan di bidang tersebut dengan lebih baik. Namun, hingga saat ini, belum banyak ditemukan kompetisi di bidang hukum bisnis. Padahal, pada faktanya, tuntutan dan permintaan akan kompetisi di bidang hukum bisnis sangat besar

Oleh karena itu, kami selaku pengurus Business Law Society Fakultas Hukum Universitas Indonesia ingin  menyelenggarakan acara mengenai hukum bisnis dan dagang berupa, The 1st Business Law Competition 2010 yang akan dilakasanakan pada tanggal 8,9,10,11 Oktober 2010. Acara yang diselenggarakan oleh BSO BLS FHUI 2010 ini, merupakan acara pertama dari BSO Business Law Society sendiri. Dan ditujukan untuk menjadi event terbesar dalam lingkup hukum bisnis yang pernah ada di Indonesia.

Kegiatan-kegiatan yang akan dilangsungkan dalam The 1st Business Law Competition 2010 ini antara lain :

a. Penyusunan Kontrak Dagang

Ditujukan bagi mahasiswa fakultas hukum yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia dengan mengambil bentuk perlombaan berupa pembuatan dan penyusunan kontrak dagang yang sesuai dengan kasus yang akan diberikan oleh panitia. Babak penyisihan dari lomba penyusunan kontrak dagang ini akan dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus – 30 September 2010, dan babak semifinal serta babak final akan dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Oktober 2010.

b. Debat Hukum Bisnis

Ditujukan bagi mahasiswa fakultas hukum dengan mosi debat mengenai hukum bisnis. Babak penyisihan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2010, dan babak semifinal serta babak final akan dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 Oktober 2010.

c. Cerdas Cermat Hukum Bisnis

Ditujukan bagi mahasiswa seluruh Indonesia yang mana lomba ini adalah kecepatan menjawab mengenai hal – hal yang berkaitan dengan hukum bisnis. Lomba cerdas cermat hukum bisnis ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa/i dan menstimulus para peserta untuk lebih berpacu dalam memperoleh pengetahuan mengenai dunia hukum bisnis di indonesia. Materi yang dilombakan dalam cerdas cermat ini berupa pengetahuan umum dan analisis kasus seputar dunia hukum bisnis di Indonesia. Babak penyisihan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2010, dan babak semifinal serta babak final akan dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 Oktober 2010.

d. Penulisan Essai Hukum Bisnis

Ditujukan bagi SMA SE-Indonesia mengenai pembuatan penulisan essai yang mengambil tema hukum bisnis dan dagang. Babak penyisihan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus – 30 September 2010 dengan peserta mengirimkan hasil karya tulisannya kepada panitia dan akan langsung masuk pada tahap final (5orang peserta terbaik).

e. Seminar

Seminar The 1st BLC 2010 akan menyajikan materi mengenai bagaimana perkembangan hukum bisnis dan dagang di Indonesia saat ini. Dalam seminar yang terbagi atas dua sesi, peserta akan diberikan suatu penjelasan mengenai kejadian dan topik hukum bisnis dan dagang yang sedang hangat di indonesia beserta tanya jawab peserta dengan pembicara. Di dalam seminar ini akan dibawakan mengenai isu, permasalahan, ataupun kebijakan terkait hukum bisnis yang sedang hangat dibicarakan oleh khalayak ramai. Namun isu, permasalahan, ataupun kebijakan terkait hukum bisnis tersebut akan ditelaah lebih lanjut melalui beragam pandangan dari berbagai ahli di bidang hukum bisnis, seperti pemerintah (selaku stakeholders atas kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui menteri yang terkait), perusahaan, dan ahli-ahli hukum bisnis (baik akademisi maupun praktisi). Dan di dalam keberlangsungannya seminar ini nantinya akan ditengahi oleh moderator yang berasal dari staf pengajar FHUI sendiri. Seminar ini bertujuan untuk memberi paradigma baru mengenai hukum bisnis kepada para peserta  The 1st BLC 2010  dan masyarakat pada umumnya. Seminar ini akan di laksanakan pada saat opening ceremony The 1st BLC 2010 yaitu tanggal 8 Oktober 2010 di ruang Balai  Sidang Djokosoetono FH UI.

Speaker Candidate:

1. Mari Elka Pangestu(Menteri Perdagangan Indonesia)

2. Mohamad S. Hidayat (Ketua KADIN Indonesia)

f. Workshop

Workshop pada The 1st BLC 2010 nanti,akan menjelaskan secara komprehensif mengenai pembuatan kontrak (legal drafting). Pembahasan mengenai pembuatan kontrak ini sendiri akan dikaitkan dengan tema dari The 1st BLC 2010 tahun 2010 ini sendiri. Di dalam workshop ini akan diisi oleh para ahli okum (baik itu akademisi maupun praktisi) baik dari firma-firma okum, lembaga-lembaga pemerintahan, maupun korporasi yang dalam hal ini ialah bank. Dengan demikian, isu permasalahan, ataupun kebijakan terkait okum bisnis yang dibawakan melalui seminar ini dapat mencapai tujuan sebagaimana yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya. Workshop ini akan diadakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 9 dan 10 Oktober 2010 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

g. Company Visit

Company Visit the The 1st BLC 2010 akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2010 dengan kunjungan ke perusahaan ataupun lawfirm bagi para peserta yang masuk dalam final The 1st BLC 2010. Hal ini dimaksudkan agar para peserta The 1st BLC 2010 mendapat pengetahuan yang lengkap tentang lingkungan dari penerapan aspek praktis daripada ilmu hukum bisnis dan dagang.

h. Bazaar

Bazaar The 1st Business Law Competition 2010 akan membuka bazaar bagi penjual buku makanan, aksesoris dan retailer yang ingin memasarkan produknya.

i. Job fair:

The 1st Business Law Competition 2010 mempertemukan pencari kerja dan penyedia lapangan kerja, khususnya dibidang hokum. Pengunjung berkesempatan untuk menyerahkan CV.

j. Edu fair:

Edu Fair The 1st Business Law Competition 2010 akan menyediakan wadah bagi instansi – instansi pendidikan untuk memberikan informasi kepada pengunjung.

Contact person:

Anggi 08176952595    (project officer)

Teta   08164821594    (chief public relation)

Shima 085692549785 (chief sponsorhip)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply