The Death of Education – Teman-teman sesama dosen LUAR BIASA


0

Bagian ketiga (habis) dari tiga tulisan (tulisan pertama, tulisan kedua)

Kalau semester sebelumnya kita suka santai saja tidak ambil slip gaji, sekarang sebaiknya buanglah pikiran itu. Saya yakin, dulu (sampai sekarang juga) kita datang mengajar dengan hati tulus, tanpa pamrih dan senang untuk memajukan pendidikan UI, sekarang sebaiknya kita juga memikirkan aset dan keahlian diri kita. Bila Anda cinta dan sayang dengan diri sendiri, maka beri apresiasi yang maksimal dengan KEPEMILIKAN ILMU KITA! Jangan mau diperdaya lagi…

Sudah saatnya kita semua bersatu untuk mendapatkan HAK KITA! Nah… jangan lagi tidak perduli dengan pendapatan yang kita peroleh. Untuk FISIP:
1. Ambil slip gaji ke Gedung A, lt 1-bagian Manajemen UMUM. Ada kemungkinan slip gaji Anda bulan September TIDAK ADA. Kemungkinan bisa: (a) Benar-benar tidak ada, karena digajinya TERLAMBAT, (2) Slip ada di DEPARTEMEN MASING-MASING. Tanya ke ketua departemen. Untuk fakultas lainnya, sebaiknya segera cari tahu.

2. Slip gaji Oktober sampai dengan hari Rabu, 4 November 2009, belum ada. Alasannya BELUM TURUN DARI PUSAT.

3. Kalau slip gaji belum dapat, langsung ke lantai dasar, ketemu Mas Aeb. Dia akan print-out perhitungan penggajian. Tanya beliau untuk menjelaskan perhitungan yang didapatkan, karena naik turunnya dipengaruhi: jumlah kehadiran, koofisien, jumlah SKS, dan jumlah dosen yang mengajar pada 1 matak kuliah. Kita punya hak untuk mengetahuinya secara detil.

4. Cek apakah sudah sesuai dengan jumlah kita masuk atau enggak.

Kalau ada yang belum dibayarkan, maka perlu ditanya kembali. Cek sekarang kita dibayar berapa untuk semua program studi, coba bandingkan dengan semester sebelumnya. Di FISIP untuk ngajar S1 memang ada kenaikan, tetapi untuk D3/Vokasi dan Ekstensi besar kemungkinan turun.

Mau mengingatkan saja:(khusus FISIP)
– Honor periksa UTS/UAS tidak cash & carry, dibayarkan sesuai dengan jumlah kedatangan pengajaran kita (padahal apa ya hubungannya?).
– Honor PA dibayarkan pada akhir semester, karena menurut petinggi, membimbing itu sampai akhir semester. Jadi honor Rp X : 4 bulan, bukan untuk 1x PA. Honor yang sama, tetapi diseret untuk 4 bulan.

Kita diperlakukan seperti ini, karena banyak diantara petinggi menganggap banyak orang sudah antri mau menjadi dosen UI. Sayang sekali ya pemikirannya seperti itu… lha kok kita disamakan dengan buruh tekstil. Tendang satu, 10 akan merengek pekerjaan.

Biaya hidup makin tinggi, gaji dosen luar biasa…. MAKIN SEKARAT!
(Mohon forward ke teman-teman sesama dosen luar biasa di UI)

dipublish pertama kali pada Saturday, November 7 2009 at 10:45am


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf

4 Comments

Leave a Reply

  1. serem –”
    kok gak ada yg nge-demo ttg masalah ini ya?
    kalo dosen2 sampe mogok, nasib mahasiswa gimana??? –“

  2. Kesetiaan Untuk Kemajuan “Loyalty for Better Achievements”
    semoga slogan di situs alumni UI yang bagus ini, tidak disalahartikan oleh para pembuat kebijakannya.