Tim FKG UI Juara Satu Scientific Research Competition Asia Pasifik


0

Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia  meraih juara pertama pada Scientific Research Competition yang diselenggarakan oleh Asia Pasific Dental Student Association, di Penang, Malaysia. Tim peneliti yang menamakan dirinya “Candida Mania” (karena selama beberapa bulan meneliti Candida albicans) terdiri dari mahasiswa klinik angkatan 2005, yaitu Rahmat Hidayat, Shandy Sastra, dan Theodorus Hedwin K menyisihkan peneliti Malaysia dan Korea setelah mempresentasikan penelitian berjudul Effect of Xylitol on Candida albicans Growth and Its Resistance in Serum (In Vitro Study).

Kompetisi prestisius yang berlangsung dari tanggal 17-21 Agustus 2009 ini diikuti oleh 14 tim dari berbagai fakultas kedokteran gigi di Asia Pasifik seperti Indonesia, Malaysia, Korea, Kamboja, dan perwakilan European Association of Dental Student oleh Yunani. Kompetisi berlangsung setiap tahun dan merupakan sebuah kegiatan yang diprakarsai oleh APDSA, sebuah Asosiasi Mahasiswa Kedokteran Gigi se-Asia Pasifik yang memiliki 11 negara anggota yang terdiri dari 38 universitas.

Setiap tahun FKG UI selalu mengirimkan tim peneliti mahasiswa ke kompetisi riset tahunan tersebut, dan selalu membawa pulang kabar gembira. Sebelumnya Tim FKG UI meraih Juara harapan I pada tahun 2008, dan Juara III pada tahun 2007. Selain memenangkan kompetisi riset, Delegasi FKG UI juga pernah memenangkan persembahan budaya terbaik di malam kebudayaan APDSA.

Semoga prestasi ini dapat memacu mahasiswa UI lainnya untuk mengembangkan riset, tidak hanya untuk kompetisi tetapi juga untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa.

Selamat untuk Tim Candida Mania dan selamat berprestasi untuk kita semua!!!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Fiona Verisqa

6 Comments

Leave a Reply