Tim Roboboat UI Ikut Serta pada AUVSI Foundation and ONR’s 5th International RoboBoat Competition


0

Tidak mengeluhkan kondisi, tim Roboboat Universitas Indonesia tetap berusaha keras untuk menunjukkan yang terbaik bagi Indonesia.

AUVSI Foundation and ONR’s 5th International RoboBoat Competition merupakan sebuah kompetisi robot internasional dalam bidang maritim. Kompetisi ini mempertemukan para profesional, peneliti, pengajar, dan mahasiswa-mahasiswa internasional yang hanya diikuti oleh 3 negara di luar Amerika Serikat, yaitu India, Taiwan, dan Indonesia. Mereka berlomba menciptakan teknologi terbaru dan tercanggih untuk kapal tanpa awak dengan sebuah sistem kontrol yang dapat digunakan sebagai alat pertahanan negara. Untuk Indonesia, delegasi diikuti oleh Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Indonesia (UI).

Tim yang dibimbing oleh Dekan Fakultas Teknik UI, yaitu Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto M.Eng dan Dr. Ir. Sunaryo M.Sc ini terdiri dari 7 mahasiswa Universitas Indonesia yaitu Muhammad Hary Mukti (mahasiswa Teknik Perkapalan) sebagai manajer tim, Aditya Meisar (mahasiswa Teknik Perkapalan), Haski Apriliandi (mahasiswa Teknik Perkapalan), dan beberapa mahasiswa tingkat akhir seperti Ayun Erwina Afrianti (mahasiswa Farmasi), Irvan JP Elika (mahasiswa Teknik Komputer), Ikhwannul Kholis (mahasiswa Teknik Elektro), dan Hadid Fadillah (mahasiswa Teknik Mesin).

Dengan kondisi yang serba tidak mendukung, tim Roboboat UI tidak putus asa dan berusaha keras untuk dapat kompetitif. Dengan desain yang matang, Autonomous Surface Vehicle (ASV) yang dirancang oleh tim roboboat UI merupakan desain terbaik yang memiliki kemampuan manuver rotasi, kecepatan hingga 1,678 m/s dan dapat menghasilkan kekuatan tarik hingga 10kgf. Berikut adalah video ASV karya Roboboat UI:

Dengan kondisi keuangan tim yang terbatas dan jadwal yang bentrok dengan sidang skripsi, akhirnya tim memutuskan untuk mengirim 2 anggota tim terlebih dahulu dengan rencana sisanya akan menyusul. Namun apa boleh buat, Tim Roboboat UI mengalami kecelakaan saat perjalanan dari bandara Reagen  menuju tempat lomba di Virginia Beach, Founders Inn Spa. Robot yang diangkut dengan mobil tiba-tiba lepas, dan dilindas oleh truk yang berada di belakangnya.

crash

Hal ini tidak membuat tekad tim goyah dan putus asa, meskipun kesempatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal telah hilang, tim masih diizinkan untuk berpartisipasi dengan meminjam alat-alat dari tim lain. Dengan waktu dan jumlah tim yang hanya 2 orang ditempat, akhirnya kami dapat menyelesaikan 1 buah ASV pengganti dengan peralatan seadanya. Alhasil, tim mampu berpartisipasi hingga putaran kualifikasi dan berada di posisi di atas India.

kapal

Berikut adalah rekap kompetisi videonya :

– RoboBoat 2012 Friday Recap

– RoboBoat 2012 Saturday Recap

Pada tahun ini kontingen Indonesia tidak ada yang memperoleh juara, akan tetapi tim UNDIP masih beruntung mendapatkan penghargaan hull form design senilai 500 USD. Para juara AUVSI Foundation and ONR’s 5th International RoboBoat Competition ini adalah University of Michigan, AS, dengan hadiah USD7.000. Juara dua diraih oleh Villanova University yang berhak atas hadiah USD5.000, dan juara tiga dari Embry Riddle Aeronautical University mendapatkan USD 3.000. Pemenang keempat berasal dari AS juga, yakni University of Central Florida. Mereka membawa pulang hadiah senilai USD3.000. Berikut nama-nama universitas yang berhasil lolos pada putaran final:

final

 

Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat disini atau disini

 

Pantang menyerah, berkarya untuk bangsa,
Tim Roboboat UI
https://www.facebook.com/RoboboatUniversitasIndonesia


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply