Tips Manajemen Waktu Untuk Mahasiswa Kura-Kura

Merasa bingung mengatur waktu di saat sibuk kuliah dan rapat ? Mungkin kamu perlu membaca beberapa tips time management ini!


0

Kura-kura? Emang ada ya mahasiswa kura-kura?!

Iya kura-kura, sebuah singkatan untuk mahasiswa yang sebagian besar waktunya dihabiskan untuk kuliah rapat – kuliah rapat. Banyak banget mahasiswa yang demi mengembangkan diri mereka, rela menyediakan waktu untuk mengikuti organisasi maupun kepanitiaan. Tentunya mereka juga harus melakukan rapat beberapa kali agar dapat melakukan tupoksi mereka secara maksimal. Nah, sayangnya tak sedikit mahasiswa kura-kura yang kewalahan dalam membagi waktu mereka. Apakah kamu bagian dari mereka? Tenang, simak tips berikut ini untuk bisa mengatur waktu kamu dengan lebih baik!

Sumber: stock.adobe.com by Drobot Dean

1. Tentukan Prioritas

Kuliah atau organisasi, mana yang lebih prioritas yaa? Organisasi adalah wadah kita untuk memperoleh softskill yang mungkin tidak kita dapatkan secara maksimal di kelas. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa sebagai mahasiswa tujuan utama kita adalah memperoleh pendidikan. Selain itu, kita juga bertanggung jawab atas diri sendiri dan orang tua untuk lulus tepat waktu. Maka jangan sampai salah dalam menetapkan prioritas ya! Kuliah atau organisasi? Kunci suksesnya ada di kamu.

2. Membuat To Do List

Membuat jadwal atau to do list adalah cara yang cukup efektif agar kita selalu mampu memanfaatkan setiap waktu yang ada secara maksimal. Sehingga tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia. Kuliah dan tugas-tugasnya kita selesaikan, organisasi serta rapatnya pun kita selesaikan. Kamu juga bisa cari referensi pembuatan to do list di internet loh!

3. Disiplin

Disiplinlah dengan keputusan yang telah kamu buat. Jangan menunda pekerjaan dan lakukan semuanya sesuai dengan to do list yang telah kamu buat. Menunda pekerjaan hanya akan memperburuk keadaan dan membuat jadwal yang telah kita susun menjadi berantakan.

4. Konsisten

Semua akan berjalan dengan baik apabila kita konsisten terhadap kedisiplinan kita. Jenuh dan bosan ketika harus kuliah dan rapat pastinya akan kamu alami, namun tidak menjadi alasan untuk kamu menjadi malas dan tidak melakukan tanggung jawab kamu. Tetaplah konsisten dan nikmati setiap proses yang ada!

5. Refreshing

Terakhir, di tengah kesibukan antara kuliah dan rapat, kita juga butuh refreshing, loh! Akan selalu ada hambatan dan rintangan yang kita lalui, tidak semua berjalan mulus. Nah, ketika kita mencoba untuk beristirahat, kita akan lebih fresh dan siap menjalani hari-hari. Jadi jangan lupa untuk refreshing ya. Supaya kuliah dan organisasi bisa berjalan beriringan.

Sumber: stock.adobe.com by Alex from The Rock

Lalu, gimana sih supaya kita disiplin terhadap manajemen waktu yang sudah kita susun?

1. Mulailah dari hal kecil

Kedisiplinan kamu akan meningkat secara otomatis ketika kamu disiplin dalam segala hal dimulai dari hal-hal kecil. Misalnya datang tepat waktu ke kampus atau pun sekecil membuang sampah pada tempatnya.

2. Jangan mencari-cari alasan

Jujurlah terhadap diri sendiri, apakah kamu sudah cukup baik ada di keadaan saat ini? Apakah kamu sudah layak? Jika belum, maka tidak ada alasan untuk menjadi tidak disiplin.

3. Buat tenggat waktu

Buatlah tenggat waktu pribadi kamu, karena kamu akan cenderung terpacu melakukan sesuatu ketika hal tersebut memiliki tenggat waktu.

4. Jangan menunggu motivasi datang

Kerjakan tanggung jawabmu dan lakukan apa yang harus kamu lakukan suka atau tidak suka. Jangan menunggu motivasi datang karena itu hanya akan membuang waktu kamu.

5. Tepis hal negatif

Jangan membuka diri terhadap hal-hal negatif yang akan menurunkan kualitas diri kamu. Akan selalu ada pihak yang menyepelekan apa yang kamu lakukan, maka dari itu abaikan dan tinggalkan saja hal-hal negatif seperti itu. Menanggapinya hanya akan membuang waktu kamu.

Semoga tips ini bisa membantu kamu mengatur waktu dengan lebih baik, ya! Tetap semangat 🙂


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
Andreas Chrisdikananda adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi angkatan 2017. Yuk, Baca artikel dari saya lainnya

0 Comments

Leave a Reply