Tahun ajaran baru sudah di depan mata, selamat datang wahai para maba! Sebagai mahasiswa baru pastinya kamu harus beradaptasi dengan semua-semua hal dan keadaan yang baru, mulai dari kehidupan kampus, pergaulan, dan cara mengelola keuangan serta menabung. Kondisi mahasiswa yang sebagian besar tinggal berjauhan dengan orangtuanya, entah itu ngekos, menyewa apartemen, atau ikut tinggal dengan sanak saudara menjadikan mahasiswa dituntut untuk bisa hidup mandiri. Karena tinggal berjauhan dengan orangtua, kita sebagai mahasiswa harus pintar dalam mengelola kondisi keuangan, jika tidak diatur dengan hati-hati uang yang seharusnya cukup untuk sebulan bisa habis dalam waktu dua minggu, bisa sih kalau mau minta orang tua lagi, tapi kok rasanya gaenak ya, tapi kamu juga gamau kan makan indome tiga kali sehari sampai kiriman uang berikutnya datang? Nah berikut beberapa tips untuk menabung dan mengelola keuangan yang bisa kamu coba berdasarkan pengalaman pribadi saya.

1. Buat skala prioritas

Sumber: pixabay.com

Pertama-tama tulis apa saja kebutuhan pokok yang kamu butuhkan bulan ini, misalnya mulai dari uang untuk makan, transportasi, pulsa, dan untuk kebutuhan kuliah, nantinya alokasi uang untuk kebutuhan pokok ini tidak bisa diganggu. Kemudian tulis kebutuhan atau pengeluaran yang perlu kamu beli di bulan ini, seperti perawatan tubuh, alat tulis, atau uang untuk mendaftar kepanitiaan, nah dalam list ini kamu bisa memprioritaskan pengeluaran apa yang kamu harus dahulukan. Sisanya bagi kebutuhan yang memiliki prioritas rendah, kamu bisa membelinya di bulan depan atau mencari subtitusinya atau barang penggangti dengan harga yang lebih murah.

BACA JUGA: 5 Tips Mendapatkan Buku Kuliah Murah, bahkan Gratis!

advertisement

2. Membuat rencana anggaran pengeluaran setiap bulan

Segera pisahkan uang ketika mendapat kiriman uang dari orang tua, pisahkan uang berdasarkan prioritas dan kebutuhan kamu saat ini, dan jangan lupa sisihkan uang untuk menabung berjaga-jaga jika ada keperluan yang mendesak.

BACA JUGA: Seberapa Tersiksa Sih Mahasiswa Ketika Masa PJJ?

3. Simpan uang di beberapa tempat

Dengan menyimpan uang dibeberapa tempat, uang yang kamu punya akan terorganisir dengan lebih baik, kamu bisa menggunakan celengan untuk menabung barang yang kamu inginkan, rekening di bank untuk membeli kebutuhan pokok, dan dompet digital untuk jajan, nongkrong atau membayar kebutuhan lainnya di bulan ini.

advertisement

BACA JUGA: Saat Kamu Kehabisan Uang dan Gak Tau Mau Ngapain, Ini yang Harus Kamu Lakukan!

4. Jangan tergoda diskon

Jujur saja saya sering gagal menabung karena tergoda produk yang diskon atau sedang promo, entah itu promosi beli dua gratis satu di mall, atau tiba-tiba ada voucher potongan harga untuk membeli makanan di suatu aplikasi ojek online, pengeluaran yang sudah saya atur sebelumnya tiba-tiba jadi membengkak karena diskon atau promo yang saya liat dan akhirnya menyebabkan impulsive buying, jika kamu tipe orang yang sulit menahan godaan diskon ada baiknya kamu membatasi diri ketika membuka aplikasi e-commerse atau mengurangi frekuensi pergi ke mall.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Untuk Menghemat Pengeluaran Kalian, Wahai Anak Kos!

advertisement

5. Batasi pengeluaran untuk belanja online

Masih berkaitan dengan point sebelumnya, jika kamu terbiasa untuk membeli barang dari aplikasi e-commerce maka batasi budget pengeluaran tiap bulannya. Misalnya dalam sebulan maksimal budget belanja kamu di aplikasi e-commerce adalah 200.000, jika pengeluaran kamu melewati nominal tersebut maka pengeluaran di bulan depan harus kamu kurangi agar kondisi keuangan kamu tetap stabil dan tidak menjadi kebiasaan.

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa, Menarik untuk Dieksplorasi!

6. Jangan lupa menabung

Sumber: pixabay.com

Tabungan yang kamu punya bisa berfungsi sebagai pos dana darurat ketika kamu dalam kondisi keuangan yang terdesak, bisa saja tiba-tiba kamu tertimpa musibah kehilangan barang, atau tiba-tiba kamu sakit, atau tiba-tiba ada project yang mengharuskan kamu mengeluarkan uang dalam nominal yang cukup banyak. Nah hal ini dapat kamu antisipasi dengan memiliki tabungan, pastikan kamu menyimpan  uang tabungan di tempat yang aman, sedikit tips, ketika kamu menyisihkan uang untuk menabung maka anggaplah uang itu hilang sebisa mungkin jangan diingat-ingat bahwa kamu memiliki tabungan, jangan dihitung juga nominalnya, karena hal ini dapat membuat kamu tergoda untuk membeli barang baru.

advertisement

BACA JUGA: Kamu Sulit Menabung? Ini Cara Menabung Unik yang Harus Kita Coba

***

Itu dia tips mengelola keuangan dari pengalaman pribadi saya, tapi perlu diperhatikan bahwa kebutuhan setiap orang berbeda-beda dan tidak dapat dipukul sama rata, semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk mengelola keuangan.

Header image reference: nbcnews