#Tips n Tricks untuk Mahasiswa Agar Lebih Mudah Menyelesaikan Skripsi

Ada berbagai hal agar kamu bisa dengan mudah menyelesaikan skripsimu. Mulai dari menentukan topik dari jauh-jauh hari hingga menguasai materi sebelum sidang. Yuk simak detailnya dalam artikel ini.


0

Halo pejuang skripsi! gimana kabarnya? Sudah sampe bab berapa nih ngerjain skripsinya?  Kali ini aku mau berbagi tips dan trik untuk mengerjakan skripsi. Dari pengalamanku sebelumnya, ada beberapa hal yang harusnya dilakukan untuk memudahkan proses menyelsaikan skripsi. Hal pertama yang paling penting yaitu kita harus memiliki mindset bahwa skripsi hal yang menyenangkan, hehe. Langsung aja berikut ini tips dan trik yang bisa memudahkanmu menyelesaikan skripsi, semoga bermanfaat!

1. Tentukan topik dari jauh-jauh hari

Sumber : https://gadgetstouse.com/

Pada umumnya, kalau mau menulis sesuatu kita butuh menentukan topik utama terlebih dahulu. Topik ini lah yang akan jadi acuan kita untuk mengembangkannya jadi tulisan dengan bantuan kerangka tulisan. Kalau untuk menuyusun skripsi, sebelumnya kita perlu menulis proposal penelitian terlebih dahulu. Mahasiswa biasanya pada war dulu untuk milih departemen peminatan atau dosen pembimbing (dosbing). Setelah itu, mahasiswa perlu mengajukan judul topik sesuai dengan peminatan yang dipilih.

Kalau topik sudah di-acc dosbing, baru deh nentuin judul penelitian yang didukung dengan fenomena yang ada. Saran aku sih, pilih topik penelitian yang bener-bener kamu suka atau tertarik biar nanti ngerjain skripsinya jadi lebih enjoy. Untuk mencari topik penelitian yang menarik kamu bisa memperhatikan fenomena-fenomena yang ada disekitarmu. Kamu juga bisa cari inspirasi dari skripsi-skripsi sebelumnya udah banyak banget kok di internet.

Topik penelitian juga ga harus yang muluk-muluk atau susah buat dilakukan penelitian harus disesuaikan dengan tingkat pendidikan. Kalau S1 biasanya pakai metode penelitian yaitu studi kasus, kuantitatif, kualitatif, dan deskriptif. Untuk metode eksperimental biasanya anak S1 belum boleh ambil.

Selain pemilihan topik, hal yang penting juga menentukan responden, karena kalau menurutku part yang lumayan susah tuh saat mencari responden penelitian. Soalnya ada beberapa responden yang susah untuk diajak mengisi kuesioner.  Bagian mengolah data dan analisis statistiknya juga kadang bikin pusing sih. Nah, untuk mengatasinya sebisa mungkin review dulu materi tentang metodologi lalu pilih uji statistik yang sesuai dan mudah diaplikasikan ke penelitianmu

2. Cari referensi yang relevan sebanyak mungkin

Sumber : unsplash.com

Mencari referensi untuk menulis skripsi tuh wajib hukumnya karena selain bisa dijadikan sebagai dasar teori juga bisa dijadikan inspirasi. Semakin banyak referensi yang relevan untuk skripsi, semakin memudahkan kamu untuk mengaitkan hasil penelitian dengan kerangka teori yang ada.

Kalau anak UI bisa cari referensi di summonUI, remote-lib.ui.ac.id, proquest.com, site.ebrary.com/lib/indonesiau, dan journal.ui.ac.id. Jangan lupa juga selalu parafrase referensi yang akan kamu masukan ke skripsi agar terbebas dari palgiarisme. Di UI soalnya ketat banget masalah plagiarisme bisa jadi kami ga lulus sidang karena presentase plagiatnya lebih dari 20%. Jangankan skripsi, tugas-tugas kuliah aja sering di cek plagiarismenya.

3. Rajin kontak dosen pembimbing

Sumber : suara.com

Banyak yang bilang kalau mau skripsi-an nya gampang cari dosbing yang baik. Sebenarnya itu bener-bener salah,  sih. Kalau menurutku dosbing yang cocok buat memudahkan penyelesaian skripsi itu yang detail kalau ngasih revisian, solutif kalau ada masalah, dan ada timeline penyusunan skripsi.

Kalau dosbing ngasih revisian nya detail, kemungkinan skripsinya jadi lebih susah untuk dicari celah kesalahan yang akan ditanya saat sidang. Jadi, ga banyak revisi yang perlu dilakukan setelah sidang. Kemudian timeline penyusunan skripsi juga penting untuk ditentukan diawal dengan dosbing agar lebih terarah dan ga jadi molor waktu sidangnya. Kalau kontakan dengan dosbing jangan malu-malu tanya yang ga dipahami, sambil curhat juga boleh biar ga stres, haha.

BACA JUGA: Untuk Kamu Yang Sedang Skripsian, Jangan Menyerah!

4. Revisi adalah hal wajib

Sumber : http://www.kampusundip.com/

Siapa yang sering ngeluh revisiannya banyak? tenang aja, kerjain satu persatu pasti bisa selesai kok. Ayo dikerjain revisiannya, karena masukan dari dosbing itu perlu penting banget. Dosbing sudah berpengalaman dalam membimbing skripsi mahasiswa dari tahun ke tahun jadi masukan yang diberikan pastinya relate dan kemungkinan akan jadi problem saat sidang kalau tidak diperbaiki sekarang. Semakin banyak revisi semakin bagus nanti skripsinya karena sering mendapatkan review sehingga kemungkinan bisa berkurang. Kalau kamu ga ngerti maksud revisi yang diberikan jangan sungkan untuk bertanya kepada dosbing.

5. Kuasai materi sebelum sidang

Sumber : https://www.lifesize.com/

Saat memasukan referensi ke dalam skripsi pastikan kamu juga menguasai materi tersebut. Jangan sampai kamu masukin teori tapi ga paham tentang hal tersbut karena nanti bisa ditanya habis-habisan saat sidang. Selain menguasai materi, perlu juga latihan cara presentasi yang baik dan benar untuk sidang skripsi. Lakukan survey terkait pertanyaan-pertanyaan yang sering dimunculkan saat sidang, kamu bisa tw-tw kakak tingkat atau nyari di youtube. Kamu juga bisa lihat simulasi sidang di youtube atau ikut minimal seminar proposal temen kamu agar lebih tergambar suasana sidang nanti. Ajak temen kamu untuk menyaksikan latihan presentasi dan minta meraka untuk bertanya ke kamu juga. Hal ini bisa membantu kamu banget untuk lebih siap menghadapi sidang skripsi yang sesungguhnya.

Itu dia 5 tips dan triks untuk memudahkan kamu menyelesaikan skripsi. Semua itu berdasarkan pengalaman pribadiku sih yang aku harap tahu tentang hal tersebut sebelum mengerjakan skripsi. Tentunya, setiap orang punya pengalaman yang berbeda jadi tips-tips tersebut bisa disesuaikan lagi dengan situasi yang ada, hehe.

Bikin skripsi tenyata ga sesusah itu kok, semua mahasiswa pasti bisa menyelesaikannya. Jadi… jangan patah semangat yaaa!! yuk lanjut lagi kerjain revisiannya 🙂 Happy writing !

BACA JUGA: Apa Sih yang Terjadi Saat Sidang Skripsi? Ini Dia Bocoran-Bocorannya!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aisyah Syarofina
Hai! It's me Aisyah... I'm a nursing student (FIK 17). I like cooking, drawing, writing and singing also I'm a movie lover. To get to know me more...hit me up on IG: aissyarofina or visit my website on: https://aisyarofina.wixsite.com/website

0 Comments

Leave a Reply