Tips Penelitian di Laboratorium


0
Botol di Laboratorium
Botol di Laboratorium (Ilustrasi Ditambahkan Admin) (cc/flickr/zhouxuan12345678)

1. Deketin senior, manfaatnya :
a. bs dpt jurnal2 yg lu butuhin buat referensi, jd bs menghemat waktu untuk mencari jurnal trus donlot.
b. dpt bocoran ttg kisi2 pertanyaan yg mgkn nnt diajuin sama penguji (klo pengujinya sama)
c. bs jd tempat konsultasi ttg permasalahan ringan waktu lu penelitian
d. bs dapat barang2 rijekan, biasanya klo abis penelitian ada banyak bgt alat2 lab yg dirijek & umumnya masih dalam kondisi yang baik. Nah lu bs pake tuh barang rijekan dr mereka, usahakan jgn pake barang2 lab agar nnt gak usah ganti alat pas penelitian udah kelar tapi itu juga klo seniornya ngasih.
e. bs jd lebih dekat dengan hatinya, ini klo lu naksir sm senior.

2. Usahakan memakai bahan yang sama dengan teman
Penelitian sudah pasti akan menghabiskan duit karena bahan2 yang digunakan umumnya mahal oleh karena itu patungan wajib dilakukan untuk menghemat biaya.

3. Jangan iri
Sifat iri biasanya timbul saat lu tau klo ada teman lu yg selesai duluan. sebaiknya lu cuek aja klo ada temen lu yg selesai duluan, fokuslah pada penelitian lu sendiri. ingetlah satu hal, “penelitian itu untung2an, lu beruntung kalau penelitian lu bs cepat selesai krn biasanya ada aja faktor X waktu lu penelitian.” Bagi lu yang selesai duluan, sebaiknya lu bantuin teman lu yang belum selesai. Ingat motto “Masuk UI bersama, Lulusnya juga bersama”

4. Siapkan Mie
Mie berguna buat lu yg mau nginep klo pas malam2 lu lapar berat dan gak sempet nitip makan malam sama temen yg datang nginep. klo ada mie, lu tinggal masak pake kompor listrik dan beaker glass 1000 ml sebagai pengganti panci. Makannya pake apa kan gak ada mangkok dan sendok/garpu/sumpit? gampang. langsung aja pake beaker glass tsb dan gunakan dua batang pengaduk sebagai pengganti sumpit.

5. Bawa baju ganti & alat mandi
Penting banget tuh klo lu nginep terus lanjut kuliah atau lanjut penelitian tapi klo lu merasa udah terlihat keren walaupun gak mandi sih gak apa2 asal gak ketahuan aja. tetapi alangkah baiknya klo lu mandi, malu dong klo ketahuan klo lu blm mandi apalagi klo ketahuan sama gebetan beuh.. bisa menghancurkan reputasi lu di depan dia.

6. Bawa tiker/matras & bantal
Penting banget buat lu tidur nanti, biasanya klo udah dipakai tiker/matras & bantal jangan dibawa pulang tapi disimpan untuk dipakai klo nginep lagi.

7. Gunakan alat perekam
Digunakan saat konsultasi sama pembimbing yang biasanya kita gak sempet nulis apa yg pembimbing ucapin tapi bukan berarti lu lupain buku catatan penelitian karena waktu bimbingan seringkali pembimbing menggunakan kata ganti “ini” dan “itu”. Di sinilah pentingnya buku catatan.

Tampaknya itu saja yg bisa saya berikan, kalau ada yang kurang mohon ditanyakan pada senior yang lain. Enjoy Your Research.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
jackbahlul

2 Comments

Leave a Reply