Tips & Trik Menulis Paper Ilmiah

Halo calon kontributor Jurnal UI Untuk Bangsa! Gimana nih, sudah siap mengirimkan naskahnya ke Redaksi belum? Sebelum mengirimkan, kami dari Redaksi ingin berbagi sedikit informasi mengenai ciri-ciri karya ilmiah serta karya populer dan yang membedakan keduanya, sehingga teman-teman tidak kebingungan nantinya. Semoga membantu ya!

Secara umum, karya ilmiah dapat diartikan sebagai suatu tulisan yang merujuk pada topik tertentu yang dibahas dan dianalisa secara detil menggunakan studi literatur. Literatur dapat bersumber dari buku teks, jurnal ilmiah, hasil penelitian, atau artikel-artikel dari media cetak maupun media elektronik yang terpercaya kebenarannya. Penulisan karya ilmiah menggunakan bahasa yang baku dan formal serta terikat dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sistematika penulisan karya ilmiah bermacam-macam, namun pada intinya terdapat pendahuluan, isi tulisan beserta analisis, dan kesimpulan.

Hampir sama dengan karya ilmiah, karya populer juga membahas suatu topik tertentu, namun disajikan dengan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dimengerti orang awam. Tidak ada aturan yang baku mengenai penulisan karya populer, selain itu topik yang dibahas biasanya lebih ‘ringan’ dan dapat dinikmati oleh semua kalangan usia karena sifatnya yang cukup umum.

Untuk membuat karya ilmiah, teman-teman tidak perlu memikirkan sesuatu yang terkesan serius, cukup pikirkan satu topik sederhana yang bisa dianalisa dengan menggunakan literatur yang ada sesuai dengan rumpun ilmu masing-masing. Dengan menjadi kontributor dalam Jurnal UI Untuk Bangsa 2010, teman-teman sudah berpartisipasi mengembangkan budaya menulis di kalangan mahasiswa terutama mahasiswa UI. Selain itu, teman-teman juga akan mendapat hadiah menarik jika tulisan teman-teman terpilih menjadi salah satu tulisan terbaik. Jadi, tunggu apa lagi?

Selamat Menulis!

“Ilmu pengetahuan, Tuan-tuan, betapa pun tingginya, dia tidak berpribadi. Sehebat-hebatnya mesin, dibikin oleh sehebat-hebatnya manusia, dia pun tidak berpribadi. Tetapi sesederhana-sederhana cerita yang ditulis, dia mewakili pribadi individu atau malahan juga bangsanya”.

-Pramoedya Ananta Toer

Ayo, ikuti Call for Paper UI UNTUK BANGSA, ada hadiah jutaan rupiah untuk kamu yang tulisannya dimuat. Selain itu, dapatkan pula kesempatan untuk menorehkan namamu pada buku yang akan didistribusikan ke seluruh lembaga internal UI, dan 55 perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia.

Update terus info dari redaksi dengan add account facebook kami di http://www.facebook.com/uiuntukbangsa, dan follow twitter di @uiuntukbangsa

Sumber: www.uiuntukbangsa.co.cc

2 thoughts on “Tips & Trik Menulis Paper Ilmiah”

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA