TOENAS! Begitu Nasional!


0

“…Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia…” (Pembukaan UUD 1945 alinea 4)

Kutipan Pembukaan UUD 1945 di atas merupakan landasan konstitusi tujuan negara Indonesia, memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, yang bisa dikaitkan dengan bidang sosial ekonomi dan bidang pendidikan. Memajukan kesejahteraan umum merupakan suatu konteks bagaimana negara ini mampu memajukan, meningkatkan kesejahteraan dengan makna universal (berlaku untuk semua kalangan) kepada segenap warga negaranya, mencerdaskan kehidupan bangsa dapat dimaknai dengan tujuan negara Indonesia untuk mencerdaskan seluruh masyarakat Indonesia yang salah satu perannya mempermudah akses pendidikan.

Menurut catatan Kementerian Pendidikan Nasional, hampir 2-3 jutaan anak Indonesia putus sekolah setiap tahunnya. Pada jenjang SMA hanya 10% yang melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi. Ini juga tercermin dari rendahnya Angka Pertisipasi Kasar (APK) mahasiswa dari keluarga miskin untuk jenjang perguruan tinggi yang hanya 4,19% pada 2008 dan  26,34% pada 2010, itu pun tergolong masih rendah karena sebagian besar didominasi mahasiswa dari keluarga kaya. Dari jumlah tersebut, kami mengasumsikan bahwa mahalnya biaya perkuliahan dan buruknya perekonomian keluarga masih menjadi pemicu rendahnya siswa yang mampu kuliah. Beastudi Etos Dompet Dhuafa sebagai salah satu lembaga beasiswa menjembatani siswa SMA yang mempunyai keinginan untuk kuliah tetapi terhambat faktor finansial dengan program seleksi penerimaan beastudi Etos.

Berawal dari rasa syukur, rasa peduli dan tanggung jawab untuk ikut mencerdaskan bangsa, kami mahasiswa penerima beastudi Etos di tigabelas PTN di Indonesia (USU, UNAND, UI, IPB, ITB, UNPAD, UGM, UNDIP, UNMUL, UNIBRAW, UNAIR, ITS, UNHAS) berupaya memfasilitasi siswa-siswi SMA/SMK yang ingin berkuliah namun pesimis dengan biaya kuliah yang tinggi, kurang mempunyai akses informasi terkait PTN yang dipilih serta kurang mempunyai kepercayaan diri karena prestasi akademis yang kurang baik dengan mengadakan suatu rangkaian Achievement Motivation Training, informasi beasiswa dari PTN maupun lembaga swasta di Indonesia, Counseling on the Spot, Zona Almamater dan simulasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang dikemas dalam suatu acara bertajuk TOENAS “Try Out Etos Nasional” serentak di 11 wilayah di Indonesia (Medan, Padang, Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Samarinda, Semarang, Malang, Surabaya dan Makassar).

Konsep berbagi yang kami usung merupakan sebuah refleksi atas kondisi siswa di Indonesia dimana masih banyak dari mereka yang untuk membeli formulir SNMPTN saja tidak mampu. Melalui TOENAS, kami berusaha menggalang 36.000 siswa se Indonesia untuk bersama-sama memberikan bantuan kepada 3600 siswa SMA/SMK dalam bentuk formulir SNMPTN gratis dan melakukan pendampingan agar mereka bisa lolos SNMPTN.

Untuk merealisasikan tujuan pelaksanaan TOENAS tersebut, bantuan dari berbagai pihak untuk mempublikasikan acara ini akan sangat berarti. Untuk turut berkontribusi mewujudkan tujuan negara Indonesia pada alinea keempat Pembukaan UUD 1945 terutama mencerdaskan kehidupan bangsa.

Info lebih lanjut silakan kunjungi kami di www.toenas2012.com atau akun FB: TOENAS 2012 dan twitter di @toenas2012.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply