UI Cuma Ngasih 750ribu Buat Kompetisi di FT Unhas Makassar! Inikah Research University???

— In salam4ever@yahoogroups.com, firmansyah no last name <fire_burnyourself@…> wrote:

biar pada tau lah, kondisi Research University kita ini,
barangkali bisa terdengar ampe Humas UI atau Rektor sekalian, yang setiap bulan ngeluarin buletin Update UI yang bangga dengan peningkatan peringkat UI di dunia.


—– Forwarded Message —-
From: risza syahreza <batosai_medas@…>
To: sipil_ui_2003@yahoogroups.com
Sent: Thu, December 10, 2009 9:33:30 PM
Subject: [sipil_ui_2003] yang mau sumbangsih ke almamater sipil ftui.. junior butuh bantuan nie.. (donny)

numpang milis lw ca…. (donny)

Dear Friends,
cuma mau sharing sekaligus barangkali ada yang punya niat baik untuk memajukan adik-adik kita di FTUI.

Ceritanya bulan lalu IMS mendapat undangan (baca: tantangan) untuk ikutan kompetisi disain “Struktur Peredam Gelombang Sederhana” yang diselenggarain Mahasiswa (FT) UNHAS. Perwakilan mereka dateng ke gw untuk konsultasi and langsung gw respons “Ladenin!”

Sedikit gw kasih pencerahan tentang prinsip peredam/pemecah gelombang (laut) terus mereka godok sendiri proposalnye. Ada 2 tahap, tahap pertama Penilaian proposal dan usulan desain, tahap kedua presentasi plus demo alat.
Singkat cerita, beberapa hari yg lalu pengumuman keluar…. Tim Sipil UI Lolos dan diminta hadir di Final… sayangnya final digelar di UnHas, Makasar tanggal 13-14 Des besok. Panitia cuma bisa ngasih akomodasi+konsumsi, biaya perjalanan dan bikin alat nggak disediain.

Alat bisalah gw modalin…. tapi ngongkosin 3 mahasiswa ke Makasar? wah… gw aje gak kepikiran kesono sendirian atas biaya sendiri…..

Nah, jadilah kita “minta bantuan” ke Departemen, FT, bahkan Rektorat….

Sampe sekarang, kampus kita tercinta ini cuma bisa nyediain dana sebesar 750.000 doang…. padahal proposal dana yg diminta 7,5 jutaan. Gw sebagai pembimbing mesti ngalah gak ikut karena dana gak ada….. tapi itu juga kurang banget kan?…… Masa’ kite mesti ngutang ke airlines??

Bolehlah UI berkoar diluaran to become Research University! tapi “lupa” mengalokasikan dana buat support yang kayak begini….. 🙁

makanye juga gak aneh aneh amat kalo UI memble (kalah telak dari ITB) di Olimpiade Sains kemaren….!

So, ngeliat beberan gw di atas tadi, menurut temen-temen se almamater gimana? Gw gak perlu langsung nodong minta bantuan ke alumni kan? atau iya….?
Please friends…. help me (them) out …..
Thanks before.

Salam,
Babe(h) Toha

12 thoughts on “UI Cuma Ngasih 750ribu Buat Kompetisi di FT Unhas Makassar! Inikah Research University???”

  1. cari sponsor itu emang salah satu alternatif..
    tapi setahu saya sih lazimnya acara yang cari sponsor itu, buat kegiatan2 di luar negeri kaya exchange atau conference..

    kalo ngeliat jangka waktu yang pendek itu dari pengumuman sampe keberangkatan, cari sponsor udah hampir ga mungkin (kecuali bokap sndiri yang jadi pimpinan perusahaan), jadi wajar kalo mintanya ke UI..

    Reply
  2. biasanya sih kalo berniat gigih segigihnya. minimal dapet bantuan tiket dari ui (entah tiket apa)..

    trus juga untuk bantuan tiket bisa coba ke perusahaan pernerbangan.. kan berhubungan tuh tentang kebisingan di bandara dan peredam suara..

    tapi miris juga ya denger cerita dari anak teknik itu..

    Reply
  3. gw juga pernah ikut kompetisi juga,ke luar bahkan…[bukan bermaksd sombng]

    gw juga anak FT, gw kira emang klo minta ke rektorat agak susah, jadi gw minta ke Dekanat FT dan Jurusan, oke2 aja kok mereka, jurusan gw oke, dekanat pun gayung bersambut…

    tips-nya mungkin lw harus punya payung hukum yang kuat di jurusan alias lw di rekomndasikan ama jurusan bwat minta ke Dekanat, nah klo itu udah kelar, dana pasti bisa lancar,,,ini berdsar pengalaman gw….

    asal tujuan kita jelas dan menyakinkan sekali…trus terangin target lw…

    jadi memang jangan serta merta salahkan rektorat

    gw dapat cukup bwat saku bareng temen [tim soalnya]….oya tiket dan keperluan lainnya udah di tanggung panitia….

    Reply
  4. kl mnurut saia, distribusi alokasi dana utk yg smcm ini hrs merata dan UI (tentu fak) harus pny concern yg lbh thdp masalah ini. dana riset UI kan besar dan itu pun sebagian besar sumbangan mahasiswa juga. .

    Reply
  5. ini cerita dari Pa Toha gt ya??
    perlu di-ekpose nih. minta tanggepannya dari dekanat, departemen, rektorat siapapun dah.. gw jg ngerasa omong kosong doank Research University, 3 taon kuliah dikenalin ama riset juga kagak gw ama dosen2 gw.

    Reply
  6. harus diekspose mmg, mknya sgt bgus kl dipublish di sini. bro, kl ad yg sejenis, sgr dikonfirm aj, ini penting. bhkn mnurut gw lbh penting dari ‘omong kosong’ pemira. hrusnya bem ui dan lembaga kmhsiswaan mengangkat tema ini. bbrp media jg cb mengangkat, tp apa lacur, cm angin lalu..

    Reply
  7. Dananya udah abis buat moles imej.
    Makanya nggak ada lagi yang tersisa buat pengembangan.
    Kita ini terlalu mengejar imej daripada mutu.

    Reply
  8. Bung Toha, bukan Anda saja yg mengalami hal spt ini. Mending situ dikasih..gw waktu ikutan lomba Investigasi Antikorupsi ICW aja gak dikasih (untuk penelitian dan searching data selama 1-2 bulan 2jt kurang ternyata) akibatnya dikalahkan UNPAD, bahkan dr universitas yg lain yg lolos ke 5 besar, sampe dekan2nya ikut dan dpt sms dukungan dr rektornya segala..kita? boro2 didukung..boro2 namanya muncul di UI Update..yang
    kayak kita gini emang ga pernah diurus. Liat aja UI Update! Beritanya rata2 skala internasional…beuuuh!

    Reply

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA