UI Festival, Rangkaian Acara Kompetisi Seni Antar Fakultas di UI


0
UI Festival
UI Festival (uifestival.com)

UI Festival
UI Festival (uifestival.com)

UI Festival 2010

UI Festival adalah rangkaian acara kompetisi seni antar fakultas di UI. Kami membagi acara ini kedalam beberapa rangkaian acara. Rangkaian acara tersebut adalah acara Seminar Seni Budaya, Lomba Menyanyi Tradisional, Festival dan Lomba Masakan Tradisional, Lomba dan Pameran Fotografi, Lomba Tari Tradisional, Lomba Teater, Lomba dan Pemutaran Film Dokumenter, Lomba Band Kampus, dan Pentas Dangdut Rakyat. Khusus untuk Seminar Seni Budaya dan Pentas Dangdut Rakyat, kedua acara tersebut bukan merupakan kompetisi antar fakultas namun merupakan acara hiburan yang ditujukan kepada mahasiswa UI dan masyarakat sekitar UI.

Link UI FESTIVAL

Kegiatan UI Festival 2010 meliputi :

Grand Launching

Acara Grand Launching UI Festival 2010 ini akan dilaksanakan pada 4 November 2010 dan bertempat di Auditorium Gedung IX FIB UI. Acara ini merupakan acara yang akan diikuti oleh seluruh mahasiswa Universitas Indonesia baik yang berasal dari perwakilan fakultas maupun perwakilan UKM seni di UI.

Acara ini akan diisi dengan penampilan UKM-UKM seni yang ada di UI. Selain itu terdapat juga sambutan dari perwakilan panitia UI Festival 2010, Ketua BEM UI 2010, dan Rektor UI. UI Festival 2010 akan dibuka secara simbolis oleh Rektor UI dengan melaksanakan salah satu bagian upacara adat pernikahan dari salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia. Ini menyimbolkan bahwa acara UI Festival 2010 telah diresmikan dan disahkan oleh pihak Rektorat sebagai orangtua dan orangtua tersebut telah menyatukan mahasiswa UI di bidang seni dalam acara UI Festival 2010 ini.

Selain itu, tujuan menggunakan salah satu bagian upacara adat pernikahan dari salah satu suku bangsa Indonesia ini sebagai simbol dibukanya kegiatan UI Festival 2010 ialah memperkenalkan budaya bangsa Indonesia sehingga diharapkan menimbulkan rasa kecintaan terhadap kebudayaan Indonesia.

Lomba dan Pameran Fotografi

Acara Lomba dan Pameran Fotografi ini akan dilaksanakan pada 8 November 2010 dan bertempat di Auditorium Pusat Studi Jepang UI. Acara Lomba dan Pameran Fotografi ini adalah perlombaan fotografi bagi seluruh mahasiswa Universitas Indonesia. Pada perlombaan ini tidak dibatasi jumlah hasil karya fotografi bagi tiap-tiap fakultas yang ingin mengirimkan hasil karyanya untuk mengikuti perlombaan ini, namun sistem pemenangnya ialah hanya 1 hasil karya dari tiap fakultas yang dapat meraih posisi juara 1 sampai 3. Tema yang diusung pada acara ini ialah “Budaya Sendiri yang Asing dalam Terkaman Lensa”. Acara Lomba dan Pameran Fotografi ini akan memajang seluruh foto-foto hasil karya mahasiswa Universitas Indonesia yang mengikuti perlombaan ini, baik pada tanggal 8 November 2010 yaitu pada saat pengumuman pemenang lomba fotografi, yang akan dipajang di Auditorium Pusat Studi Jepang UI maupun juga pada tanggal 9 – 12 November 2010 yaitu selama acara UI Festival 2010 berlangsung, yang akan dipajang di 12 fakultas di Universitas Indonesia secara bergantian. Acara ini bertujuan sebagai ajang untuk menunjukkan bakat dan ajang berprestasi bagi mahasiswa UI untuk lebih peka terhadap budaya Indonesia dan menyampaikannya melalui media foto.

Lomba dan Pemutaran Film Dokumenter

Acara Lomba dan Pemutaran Film Dokumenter ini akan dilaksanakan pada 8 November 2010 dan bertempat di Auditorium Pusat Studi Jepang UI. Acara Lomba dan Pemutaran Film Dokumenter ini adalah perlombaan film dokumenter tidak hanya bagi mahasiswa Universitas Indonesia, namun juga dibuka perlombaannya untuk umum, di luar mahasiswa Universitas Indonesia. Untuk peserta yang berasal dari Universitas Indonesia, sifatnya independen yaitu tidak mewakili fakultasnya. Tema besar yang diambil untuk tahun ini untuk Lomba dan Pemutaran Film adalah “Multikulturalisme”. acara ini bertujuan untuk mengapresiasikan karya seni berupa film dan menjadikannya sebagai media kreativitas bagi mereka yang senang membuat film.

Lomba Menyanyi Tradisional

Acara Lomba Menyanyi Tradisional ini akan diselenggarakan pada tanggal 9 November 2010 dan bertempat di Auditorium Gedung IX FIB UI. Acara Lomba Menyanyi Tradisional ini adalah perlombaan menyanyi dan musik tradisonal, yang sasaran pesertanya adalah perwakilan mahasiswa dari 12 fakultas di Universitas Indonesia yang terdiri dari paling banyak 10 orang dalam satu tim yang berasal dari tiap fakultas. Setiap perwakilan dari fakultas wajib menyajikan lagu daerah yang telah dimodifikasi berupa instrumen dan nyanyian, bila hanya menyajikan salah satu diantaranya maka akan langsung didiskualifikasi. Tujuan dari lomba ini adalah untuk memberi motivasi generasi muda untuk lebih menyukai nyanyian tradisional dengan cara memodifikasinya. Oleh karena itu, peralatan musik yang digunakan tidak terbatas pada pemakaian instrument seperti angklung ataupun gamelang saja akan tetapi peserta dapat menggunakan instrument modern seperti piano, keyboard, guitar dan sebagainya. Akan tetapi, peserta tidak diperbolehkan memainkan lagu yang telah direkam terlebih dahulu dan hanya mengiringinya dengan suara vocal. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menantang kreativitas para peserta. (instrument yang akan disediakan adalah piano, keyboard dan guitar, peserta dapat membawa instrument pribadi).

Festival dan Lomba Masakan Tradisional

Acara Festival dan Lomba Masakan Tradisional ini akan dilaksanakan pada 9 November 2010 dan bertempat di Jalan antara belakang FISIP dan depan FIB UI. Acara Festival dan Lomba Masakan Tradisional ini adalah perlombaan memasak masakan tradisonal yang berbahan dasar Tempe, yang memang menjadi tema dalam acara ini yaitu “Rasa Cita Nusantara, Tempe”. Adapula peserta dari acara ini adalah perwakilan mahasiswa dari 12 fakultas di Universitas Indonesia yang terdiri dari 5 orang dalam satu tim tiap fakultas. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan kuliner nusantara yang berbahan dasar tempe. Selain itu, kami akan berusaha untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan yang bergerak di bidang kuliner dan usaha-usaha makanan tradisional dengan sistem sponsorship. Dalam acara festival masakan tradisional, kami juga akan menyewakan stand-stand bazaar yang nantinya akan diisi dengan stand-stand makanan tradisional.

Lomba Tari Tradisional

Acara Lomba Tari Tradisional ini akan dilaksanakan pada 10 November 2010 dan bertempat di Auditorium Gedung IX FIB UI. Acara Lomba Tari Tradisional ini adalah perlombaan tari tradisional, yang sasaran pesertanya adalah perwakilan mahasiswa dari 12 fakultas di Universitas Indonesia yang terdiri atas satu tim dari tiap fakultas. Dalam lomba tari tradisional ini, nilai konstruktif yang dapat diambil yaitu nilai kebersamaan, kerjasama, dan tanggung jawab. Untuk itu dengan diadakannya lomba tari tradisional, mahasiswa mampu menuangkan minat dan bakat dalam bidang tari, sekaligus untuk melestarikan tarian daerah di Indonesia agar lebih eksis dikalangan mahasiswa UI sendiri. Adapun jenis tarian yang di lombakan yaitu tari tradisional dengan tema daerah yang dapat disesuaikan dengan fakultasnya masing-masing.

Lomba Teater

Acara Lomba Teater ini akan diselenggarakan pada tanggal 10 November 2010 dan bertempat di Auditorium Gedung IX FIB UI dengan tema “Gayaku bukan Budayaku”. Acara Lomba Teater ini adalah perlombaan teater, yang sasaran pesertanya adalah perwakilan mahasiswa dari 12 fakultas di Universitas Indonesia yang terdiri dari 2 sampai 10 orang pemain dalam satu tim yang berasal dari tiap fakultas. Waktu yang diselenggarakan oleh panitia ialah 20 menit untuk performance dan 10 menit untuk persiapan masing-masing peserta. Pada acara ini, tidak hanya akan menampilkan teater dari seluruh fakultas di UI, tetapi juga akan ada acoustic performance dari mahasiswa UI sebagai hiburan di akhir acara. Di akhir acara juga akan diumumkan juara 1, 2, 3 dan berbagai pemenang kategori seperti artistik terbaik, naskah terbaik, aktris dan aktor terbaik, dan sutradara terbaik.

Seminar Seni Budaya

Acara Seminar Seni Budaya ini akan dilaksanakan pada 11 November 2010 dan bertempat di Auditorium Pusat Studi Jepang UI. Pada acara Seminar Seni Budaya ini akan menghadirkan sebuah diskusi dan pemutaran film tentang Seni dan Budaya tertentu di Indonesia yang dikemas dalam bentuk diskusi dan talkshow terhadap bintang tamu. Seminar ini bertemakan “Kebudayaan Dangdut dari Dulu, Sekarang, dan Nanti”. Seminar ini membahas sebuah seni budaya dalam sudut pandang sejarawan, pengamat musik, dan pemusik dangdut. Selain itu, akan diadakan pula sebuah pameran mini yang bertemakan perjalanan musik dari dulu sampai saat ini dan hiburan berupa orkes musik dangdut.

Lomba Band Kampus

Acara Lomba Band Kampus ini akan diselenggarakan pada tanggal 12 November 2010 dan bertempat di Parkiran FISIP UI, dengan tema “Ini Bandku, Mana Bandmu?”. Acara ini akan menghadirkan 12 band yang merupakan perwakilan dari 12 fakultas yang ada di Universitas Indonesia. Pada acara ini, seluruh band yang tampil di dalam festival ini berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik di lingkungan Universitas Indonesia. Selain itu, acara ini juga akan menghadirkan penampilan dari UKM-UKM seni yang ada di Universitas Indonesia, penampilan juara pertama dari Lomba Menyanyi Tradisional, Lomba Teater, dan Lomba Tari dalam acara UI Festival 2010, penampilan dari band asal UI yang sudah cukup terkenal, dan penampilan bintang tamu dari band indie yang ada di Indonesia.

Lomba Fotografi UI Festival

PERSYARATAN DAN KETENTUAN UMUM

Syarat Peserta:
1. Peserta adalah mahasiswa aktif Universitas Indonesia (S1, S2, S3, Vokasi).
2. Peserta wajib memahami dan menyepakati seluruh syarat lomba seperti yang tercantum di bawah ini.

…Syarat Karya Foto:
1. Karya bebas dari berbagai jenis kamera (digital/analog, full color/black&white)
2. Karya dalam bentuk softcopy, diformat dengan ukuran 20x25cm JPG/JPEG, dengan resolusi minimal 300 dpi.
3. Sertakan judul foto, narasi foto maksimal 150 kata dan uraian spesifikasi kamera di lembar terpisah (dalam formulir yang disediakan).
4. Olah digital hanya diperbolehkan sebatas warna, kontras, dan brightness. Tidak diperbolehkan cropping dan menggabungkan beberapa foto. Dilarang menuliskan inisial apapun di dalam karya foto yang dilombakan.
5. Karya yang masuk tidak pernah dilombakan sebelumnya, tidak boleh menggunakan materi gambar/foto yang melanggar hak cipta.
6. Foto diperbolehkan mengandung unsur SARA, namun tidak membawa konflik atau menjelek-jelekan SARA, karena tujuannya adalah untuk mengangkat keharmonisan dan persatuan dalam keberagaman. Foto dilarang mengandung unsur sadisme, atau hal lain yang bersifat merendahkan atau melecehkan pihak lain.
7. Karya harus original dan buatan sendiri.
8. Karya foto yang tidak sesuai dengan TEMA akan didiskualifikasi.
9.Keputusan tim juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Syarat Pendaftaran:
1. Penerimaan karya dibuka 10 Agustus 2010 dan ditutup 25 Oktober November 2010 pukul 18.00 WIB.
2. Melampirkan identitas diri (nama lengkap, fakultas, angkatan, alamat, email, no HP, dan foto kopi KTM/KTP).
3. Tiap peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 karya, maksimal 3 karya.
4. Foto dikirimkan ke:
Panitia UI FESTIVAL 2010:
Sekretariat BEM UI, Gedung Pusgiwa Lt. 2 Kampus Baru UI
Depok 16424

Dalam bentuk softcopy, dimasukkan ke dalam CD di amplop tertutup (tulis di kiri atas dengan subjek: Lomba Fotografi UI FESTIVAL 2010) dengan disertai formulir, fotokopi KTP / KTM.
atau
e-mail ke ui.festival2010@gmail.com
dengan subject: Lomba Fotografi UI FESTIVAL 2010
dalam bentuk attachment(s) beserta formulir, scan KTM/KTP
**Untuk pengiriman via pos, peserta diharapkan memperhatikan perlindungan CD agar tidak pecah/retak saat pengiriman

Syarat Penggunaan:
1. Panitia UI Festival 2010 memegang hak sepenuhnya atas penggunaan hasil karya lomba untuk berbagai kepentingan pameran.
2. Panitia UI Festival 2010 akan tetap memasang dan/atau mencantumkan identitas pemilik karya foto yang dipamerkan.

Tim Juri Lomba Fotografi Ui Festival 2010:
A. ARBAIN RAMBEY, fotografer KOMPAS
B. DIDIT DWI SUBAGIO, Dosen MPK Seni Fotografi UI
C. RAY BACHTIAR, fotografer Majalah Chip Foto-Video

Ketentuan Pemenang:
1. Dari seluruh hasil karya yang masuk, Tim Juri Lomba Fotografi UI Festival 2010 akan memilih finalis lomba fotografi UI Festival 2010 yang akan lolos ke pameran, dan akan dipilih 3 juara
2. Selain 3 juara yang dipilih oleh Tim Juri Lomba Fotografi UI Festival 2010, akan ada juara favorit yang dipilih melalui voting terbuka di Facebook. Voting akan dilakukan dari 4 November s/d 9 November 2010 melalui Facebook.
3. Keputusan penentuan pemenang adalah mutlak, tidak dapat diganggu-gugat dan tidak ada korespondensi apapun terkait dengan keputusan yang telah dikeluarkan
4. Pemenang lomba juara 1, 2, 3 dan juara favorit akan diumumkan dan penyerahan hadiah pada tanggal 10 November 2010 di Pusat Studi Jepang, Univesitas Indonesia

Penghargaan:
Untuk pemenang lomba fotografi mendapatkan sertifikat dan hadiah menarik lainnya.

CP UI Fest bidang Fotografi: 08568319067 (Tika) 085780102228 (Riri) 085640366736 (Agid)

LINK

Facebook Event:

http://www.facebook.com/?sk=events#!/event.php?eid=158535107508378

Lomba dan Pemutaran Film Pendek

Acara Lomba dan Pemutaran Film Pendek ini adalah perlombaan yang diadakan dengan skala nasional. Dengan kata lain, perlombaan ini tidak hanya teribuka bagi mahasiswa Universitas Indonesia, tetapi juga terbuka untuk mahasiswa se-Indonesia. Untuk peserta yang berasal dari mahasiswa Universitas Indonesia, sifatnya independen yaitu tidak mewakili fakultas. Tema besar yang diambil untuk perlombaan film pendek ini untuk adalah “Multik…ulturalisme”. Dalam pembuatan film, perserta diperbolehkan memasukkan unsur SARA. Namun, peserta diharapkan tidak membawa konfilk atau pun hal-hal yang menjelek-jelekkan SARA karena tujuan acara ini adalah untuk mengangkat keharmonisan dan persatuan dalam keberagaman di Indonesia.

PERSYARATAN DAN KETENTUAN UMUM, LOMBA FILM PENDEKUI FESTIVAL 2010 TINGKAT MAHASISWA

Syarat Peserta
1. Peserta berdomisili di Indonesia dan harus masih menjadi mahasiswa aktif.
2. Peserta tak dibatasi jenis kelamin.
3. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran, namun harus mengisi formulir pendaftaran.
4. Peserta boleh terdiri dari individu ataupun kelompok. Kelompok maksimal terdiri dari 5 orang.
5. Peserta wajib memahami dan menyepakati seluruh syarat lomba seperti yang tercantum di halaman ini.

Syarat karya film pendek
1. Ide cerita harus orisinil dan karya belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan ataupun festival film pendek manapun.
2. Film dikirim dalam bentuk dvd dengan format MPEG2 (720 x 576)
3. Film berdurasi antara 15 – 20 menit
4. Peserta wajib mengirimkan penjelasan film di kertas A4 maks 2 halaman. Dalam tulisan tersebut sudah mencakup ide, judul, dan sinopsis.
5. Peserta wajib menyertakan naskah cerita film pendek.
6. Menyertakan biodata lengkap,nomor telepon, fotokopi KTM/KTP/SIM dll
7. 10 karya film terbaik akan diputar pada tanggal 10 November 2010 (Acara penganugrahan) di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia.
8. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.

Syarat Pendaftaran dan Pengiriman Karya
1. Pengiriman karya dimulai 1 Agustus – 21 Oktober 2010.
2. Tiap peserta maksimal mengirimkan 1 karya film pendek.
3. Hasil karya dikirim ke alamat :

Panitia UI FESTIVAL 2010

Sekretariat BEM UI, GedungPusgiwa Lt. 2 Kampus Baru UI

Depok 16424

Semua dokumen termasuk karya film pendek dalam bentuk dvd, dimasukkan ke dalam amplop tertutup (gunakan subjek di pojok kiri atas: “Lomba Film Pendek UI Festival 2010”).

4. Pendaftaran dan keikutsertaan lomba disertai formulir, fotokopi KTM/KTP,.

5. Karya paling lambat diterima oleh panitia 21Oktober 2010, pukul 16.00 WIB

Syarat Penggunaan
Panitia UI Festival memegang hak sepenuhnya atas penggunaan hasil karyalomba untuk berbagai kepentingan.

Penjurian: 22 Oktober – 5 November 2010

Tim Juri
1. Abduh Aziz, salah satu juri Eagle Award 2010
2. Armantono, Penulis skrip (Opera jawa, Love is Cinta, dll)
3. Jajang C Noer, Artis senior Indonesia

Syarat Pemenang
1. Dari seluruh hasil karya film pendek yang masuk,panitia lomba akan memilih 10 finalis, dan akan dipilih 3 juara
2. Pemenang kemudian akan dihubungi langsung olehPanitia UI Festival melalui e-mail dan/atau ponsel.
3. Keputusan penentuan pemenang adalah mutlak, tidak dapat diganggu-gugat dan tidak ada korespondensi apapun terkait dengan keputusanyang telah dikeluarkan
4. Pemenang lomba 3 juara akan diumumkan dan penyerahan hadiah pada tanggal 10 November2010 di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia.

CP UI Festival Film: Muni 08180560 9010

Link Facebook Event: http://www.facebook.com/event.php?eid=122484321140603


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

19 Comments

Leave a Reply

  1. Acara ini sebenarnya bagus sekali. Tapi kok advertise kurang sekali ya. Saat saya mau ikut lomba fofografi sudah ditutup ternyata.