Di tengah minimnya kabar tentang prestasi mahasiswa UI, sebuah kabar gembira dari English Debating Society (EDS) UI patut kita banggakan bersama. Tanggal 27-31 Januari 2008 yang lalu bertempat di Universitas Udayana Bali, 64 tim dari 43 Universitas di Indonesia berlaga dalam Indonesian Varsity English Debate ke-11 (IVED) tahun 2008. UI kembali meraih juara 1 pada kompetisi ini, mengalahkan Universitas Negeri Malang (UNM).

Adalah Jonathan A. Marpaung (Fasilkom 2006), Angga Kho M. (Fasilkom 2006), dan Astari (FISIP 2006) dari tim UI-A yang berhasil melalui seluruh ronde dalam IVED tanpa mengalami kekalahan sedikitpun. Di babak grand final, mereka berhasil mengalahkan UNM dalam debat dengan topik “This house believes that Indonesia’s policy in converting fuel to biodiesel brings more harm than good”. Tim UI-A menang dengan split decision 4:3 dari 7 orang juri. Kemenangan UI dilengkapi lagi dengan diraihnya 3rd Best Speaker oleh Astari (FISIP 2006), dan 7th Best Speaker oleh Rain dari tim UI-B.

IVED itu sendiri memiliki 6 preliminary round (babak penyisihan), dengan 16 tim teratas dari babak tersebut masuk ke elimination round yang terdiri dari octo final (perdelapan final), quarter final, semi final, dan grand final. Tahun depan, IVED ke-12 tahun 2009 akan diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogya.

advertisement

Kemenangan UI pada lomba tersebut haruslah bisa mendorong kita, mahasiswa UI lainnya untuk terus berprestasi pada lomba maupun kompetisi lainnya, baik itu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), Mahasiswa Berprestasi Nasional (Mapresnas), lomba-lomba yang berhubungan dengan kompetensi keilmuan kita, lomba-lomba yang berhubungan dengan kesenian atau olahraga, dan lomba-lomba lainnya. Jangan sampai kampus kita tercinta ini hanya menang nama besar saja tanpa ada bukti kemenangannya di kompetisi-kompetisi yang ada. Sekali lagi, selamat untuk Jonathan, Angga, Astari, dan Rain, atas prestasinya di IVED yang lalu. Semoga kemenangan ini bisa mendorong kita semua untuk terus berprestasi lagi.

ki-ka: Jonathan, Angga, Astari

advertisement

Tautan



advertisement