UI Menempati Peringkat 18 Universitas Terbaik di Dunia?! #YukCariTau

Times Higher Education (THE) melakukan perangkingan terhadap 1.406 universitas dari 106 negara dengan melihat keberhasilan kampus tersebut dalam menerapkan 17 kategori UN's SDGs dan UI berhasil meraih peringkat ke-18. Wah keren bukan?


0

Hai Anak UI! ada kabar gembira untuk kita semua nih (kabar gembira untuk kita semuaaa, kulit manggis kini ada ekstraknya) #masihjamanajaiklanmanggis, wkwkw. Oke-oke balik serius, civitas akademika UI patut berbahagia nih atas pencapaiannya yang meraih posisi ke 18 sebagai universitas terbaik di dunia. Selain itu, UI juga mampu mempertahankan posisi pertamanya sebagai Universitas terbaik dalam negeri. UI mamapu mengepakkan sayapnya dan melesat jauh sampai ke top 18 dari posisi tahun sebelumnya masih diperingkat ke 85.

Dilansir dari harian detik.com, UI berhasil menduduki posisi ke-18 sebagai Universitas terbaik di Indonesia versi THE Impact Rangkings 2022. UI juga meraih posisi 10 besar universitas terbaik pada 3 kategori Sustinable Development Goals (SDGs). Dlam lingkup Asia, UI menempati top 5 universitas terbaik yang posisinya lebih unggul dari Kyoto University, Fudan University, dan Yonsei University.  Sementara itu di Asia Tenggara, UI menempati posisi 3 terbaik.

Sumber: https://hai.grid.id/

Times Higher Education (THE) melakukan perangkingan terhadap 1.406 universitas dari 106 negara dengan melihat keberhasilan kampus tersebut dalam menerapkan 17 kategori UN’s SDGs.

Rincian keberhasilan UI menurut THE Impact Rankings 2022, untuk SDG-5 kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan UI berhasil mendapatkan skor 81.0, poin SDG-6 ketersediaan-keberlanjutan air bersih dan sanitasi dengan skor 85.2, poin SDG-1 pengentasan kemiskinan segala bentuk dengan skor 88.4, dan SDG-17 kerja sama dalam pengembangan berkelanjutan dengan skor 92.4, sehingga total skor yang didapat yaitu 95.1 dan berhasil menduduki posisi ke 18 universitas terbaik di dunia.

Indikator yang digunakan oleh THE yaitu dengan menilai bidang penelitian, tata layanan, jangkauan penerapan, dan pengajaran dalam penerapan SDGs. Penilaian dilakukan dengan mengumpulkan data dari beberapa kampus terpilih terkait dengan pengimplementasi-an 17 kategori SDGs.

BACA JUGA: Membanggakan! Prestasi dan Inovasi Mahasiswa UI yang Dapat Mengubah Dunia

Untuk indikator riset, data diperolah dari Elsevier dalam kurun tahun 2016-2020. Penilaian indikator tata layanan, dilihat dari pelayanan kampus dalam menjaga sumber dayanya termasuk karyawan, fakultas dan mahasiswa. Indikator teaching diukur dari kemampuan pengajar kampus menghasilkan lulusan yang dapat mengimplementasikan 17 kategori SDGs saat berkarier.

Untuk indikator jangkauan, THE menilai kerja sama kampus dengan mayarakat lokal, regional, nasional, dan internasional yang berdampak berkelanjutan. Dlam kategori kesetaraan gender dan pengentasan kemiskinan, UI berhasil masuk dalam top ten universitas terbaik di dunia.

Sumber: https://mobile.twitter.com/

Menurut QS World University Ranking (QS WUR), Universitas Indonesia berhasil mempertahankan posisi pertama sebagai universitas terbaik di Indonesia. Selain itu, peringkat UI di dunia menurut QS WUR juga naik menjadi peringkat 201-250 yang tahun sebelumnya masih diposisi 251-300.

BACA JUGA: Kalian Maba UI yang Suka Musik? Wajib Ikut UKM dan Komunitas Ini!

Dilansir dari situs resmi Fasilkom UI, peringkat tersebut berdasarkan kategori computer science and information system. Setiap tahunnya, QS WUR merilis daftar peringkat universitas terbaik di dunia berdasarkan penilaian beberapa indikator yaitu jumlah sitasi penelitian, h-indeks yang mengukur produktivitas dan pengaruh penelitian yang telah dipublikasikan, reputasi akademik, dan hasil survei global. QS WUR menilai 51 disiplin ilmu pada setiap universitas yang dikelompokan menjadi rumpun Art and Humanities; Engineering and TechnologyLife Sciences and MedicineNatural Sceince; dan Social Sciences and Management.

Sumber: https://cs.ui.ac.id/

Nah, itu dia berita gembira dari UI untuk kita semua! Bagaimana keren kan UI? Eits, tapi sebaiknya kita jangan berpuas diri terlebih dahulu dengan pencapaian yang telah diraih karena kita harus tetap berusaha untuk memperbaiki UI dari tahun ke tahun sampai jadi Top 1 World Class University. Aaaamiin!

Sebagai anak UI, cukup berbangga kan dengan pencapaian tersebut? Buat kalian yang belum jadi bagian dari jaket kuning, yuk yuk semangat untuk meraih mimpi jadi anak UI.

Sudah tau sendiri kan, pasti kalau jadi berhasil anak UI kece banget, bisa kuliah di universitas terbaik negeri dan nggak kalah lho kalau dibandingkan dengan universitas luar negeri.

Sumber: https://m.medcom.id/

BACA JUGA: 4 Artis Ini Ternyata Mahasiswa UI dan Berprestasi!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aisyah Syarofina
Hai! It's me Aisyah... I'm a nursing student (FIK 17). I like cooking, drawing, writing and singing also I'm a movie lover. To get to know me more...hit me up on IG: aissyarofina or visit my website on: https://aisyarofina.wixsite.com/website

0 Comments

Leave a Reply