UI Menjadi yang Terbaik?


0

Beberapa hari ini di kampus saya sangat heboh sekali berita bahwa peringkat UI naik lagi. UI menjadi yang terbaik lagi di Indonesia. Itu yang disebut-sebut. Mengapa tidak, menurut versi QS World University Rankings tahun 2008

UI memperoleh peringkat 287 dari 500 universitas yang ikut mendaftar QS World University Rankings tahun 2008 tersebut. Di bawah UI sendiri ada ITB di posisi 313 dan UGM di posisi 316. Sedangkan Undip, IPB, Unibraw ada di posisi di atas 500. Saya sebagai anak UI sendiri cukup berbangga atas perolehan tersebut karena di mata Internasional UI masih bisa bersaing. Tapi apakah hasil itu mencerminkan pendidikan di UI terbaik?

Peringkat terbaik di indonesia belum bisa menjadikan UI sebagai universitas terbaik di indonesia. Mungkin saya ambil contoh kecil saja. Keadaan lab di jurusan saya sendiri memperlihatkan keadaan yang jauh untuk prediket sebuah universitas terbaik di negeri ini dibandingkan universitas-universitas seperti ITB, Trisakti, UGM dan banyak lagi universitas-universitas negeri maupun swasta. Sesuai dengan visi UI kedepan untuk menjadikan UI sebagai universitas riset, masih cukup jauh juga dari prediket terbaik.

Liat saja yang terjadi di UI, pembangunan infrastruktur sedang gencar-gencarnya tetapi pembangunan untuk menunjang pendidikan terabaikan. Mengapa tidak di bangun perpustakaan-perpustakaan dibandingkan dengan membangun jalur sepeda atupun kebun binatang? Bukankah hal-hal itu dapat menunjang UI sebagai universitas terbaik dan menjadi universitas berbasis riset? Apalagi BOP di UI sekarang jauh sekali naiknya sehingga banyak mahasiswa yang tidak mampu tidak bisa melanjutkan gara-gara biaya pendidikan di UI yang mahal sehingga muncul paradigma baru bahwa UI hanya untuk orang-orang kaya saja. Jadi UI bukan lagi tempat kuliah rakyat indonesia yang memiliki kompetensi tetapi UI merupakan tempat kuliah orang-orang kaya yang bahkan tidak memiliki kompetensi sama sekali.

Perlunya kita sedikit berpikir kritis tanpa menerima lansung apapun itu merupakan ciri kita sebagai mahasiswa apalagi kuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini. Mungkin ini sedikit untaian kata mengenai bahwa pendidikan itu merupakan hak segala bangsa tanpa memandang statusnya. Mungkin sedikit melenceng karena saya menjadikan momen ini untuk perlu meninjau bagaimana keadaan pendidikan bangsa ini umumnya atupun khususnya di UI sendiri. Terima kasih
HIDUP MAHASISWA!!!
HIDUP RAKYAT INDONESIA…


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
reman130488

M Apriyudi S T Elektro 2006 kunjungi: http://reman130488.blogspot.com http://greatscholarship.blogspot.com

7 Comments

Leave a Reply

  1. Ya loe mo ngomong apapun tentang buruknya fasilitas di fakultas, ga ada hubungan signifikan dengan peringkat bung.

    Artinya apa, yang loe bilang buruk, itu ternyata PALING BAGUS se-Indonesia. Bener gak? Sebab UI katanya No 1. Lah kalau no 1 aja loe bilang jelek, artinya yang laen juga jelek..

    Terus ada statement “pembangunan infrastruktur gencar, pendidikan diabaikan” ini DATA nya darimana? emang cukup dengan melihat gitu aja dengan mata telanjang? perlu pisau analisis yang lebih tajam bung..

    Yang membuat UI jadi no 1 peringkatnya itu bukan lobi-lobi politik. Lembaga pemeringkat juga bukan ecek-ecek dan lokal! Pasti punya perhitungan yang super duper rinci.

    So, kalau mau kritis, ya loe bersikap aja LAYAKNYA MAHASISWA YANG KULIAH DI UNIV TERBAIK SE-INDONESIA.

    Caranya? loe sendiri yang tau.. minimal loe ga malu2in deh hehe.. sibuk nulis2 di blog/web ini tapi kerjaan kuliah terbengkalai, IP nasakom, dst itu tidak mencerminkan peraihan UI. Kesian deh UI..

    Salam..

  2. Makasih ya kk.. ada benar nya juga bahwa mungkin kategori penilaian UI menjadi terbaik bukann karena sistem atau keadaan infrastruktur tapi banyak sekali penilaian yang dilakukan oleh panitia penilai dan “mungkin” tanpa adanya lobi-lobi politik. Tapi ada hal lain perlu ditilik dari keadaan tersebut. Pemberitaan UI menjadi terbaik di Indonesia digencar-gencar kan padahal banyak sekali masalah yang terjadi di UI sendiri yang “mungkin” saja hal tersebut digunakan untuk menutupi “kesumbingan” UI sendiri. Kalau mengenai aktivitas mahasiswa, itu merupakan hak semua mahasiswa untuk aktif dimana pun yang pasti mereka tau itu baik atau buruk untuk dirinya..
    Salam

  3. ikutan comment ahh,

    kekurangan2 yang ada di kampus UI ini memang selayaknya diperbaiki. namun bukan berarti
    UI tidak layak membanggakan peringkatnya, terutama kpda para civitasnya. conditioning ini diharapkan bisa memotivasi para akademisi UI agar terus mnjadi yg trbaik.

    untuk referensi, silakan lihat link berikut
    untuk mngetahui parameter2 apa yg dipakai THES untuk mnentukan peringkat2 universitas dunia…
    http://www.topuniversities.com/worlduniversityrankings/methodology/simple_overview/

  4. that’s what i wanna say.

    Masa ama kampus sendiri nggak bangga… apalagi ama kampus orang hehe..

    ya memang banyak kelemahannya tapi anggap aja itu pecut kalo musti berperilaku kayak ranking itu loh. Bukan maen2 naek ranking. Kita aja kali yang ga tau segimana besarnya usaha buat naik rankin itu. mulai dari riset, event2 internasional, ISO, dst.

    ga mungkin itu dijembrengin en tiap anak tau. Khusnuzon aje en act like a winner bro?!

  5. Tiap hal bisa punya wujud beda jika dilihat dari sudut pandang yang berlainan. Diversitas pendapat untuk permasalahan ini saya rasa positif, bahkan patut dikonservasi.

    Dalam sudut pandang saya, UI yang berkesempatan jadi yang terbaik tahun 2008 ini, akan bisa benar2 baik jika mahasiswanya masing-masing punya keunikan atau karakter kunci yang membuat mereka survive dalam seleksi alam bidangnya masing-masing.

    Yuk! Temukan karakter kunci kita _

  6. Assalamu’alaikum wr, wb.

    Selamat yah Universitas Indonesia peringkat 287 Dunia,.. Tertinggi di Indonesia ^_^

    Harus saya akui peningkatan perigkat UI dari tahun Lalu sungguh mengejutkan dan Luar Biasa,..
    Keren Lah Pokokna,.. ^_^

    saya Mahasiswa Program Sarjana Universitas Gadjah Mada,..
    saya masiH inget satu tahun yang Lalu, ketika Universitas Gadjah Mada menempati peringkat tertinggi di Indonesia,.. tanggapan demi tanggapan baik yang tidak enak untuk dibaca (baca : tidak sopan) maupun yang cukup enak dibaca muncul justru mayoritas berasal dari ketiga Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia saat itu (UGM, ITB, dan UI),..

    Oleh karena itu agar kejadian itu tidak terulang (Amien) melalui tulisan ini saya ingin Mengucapkan Selamat dan rasa Bangga yang berlebih atas Prestasi yang telah dicapai oleh Universitas Indonesia,.. ^_^

    Peringkat ITB dan UGM di dunia sebenarnya tidak turun, Kedua Perguruan Tinggi tersebut juga naik peringkatnya. Namun Universitas Indonesia Mengalami Peningkatan peringkat yang sangat signifikan (> 100 peringkat) Luaarrr Biasa,..
    sehingga menjadi tertinggi di Indonesia,..

    Semoga Prestasi yang di ukir ketiga Perguruan Tinggi tersebut dapat memotivasi PT itu sendiri dan PT laen di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas TriDharma Perguruan Tinggi (Education, Research, and Community Services),..

    Amien,..

    Salam Persahabatan untuk :
    Veritas, Probitas, Iustitia
    In Harmonia Progressio,
    World Class Research University,

    Bests Regards,. ^_^

  7. waduhh kalo rangking THES mah dimana2 ga dipercaya itu rangking yang paling aneh menurut saya karena kriterinay membuat universitas di inggris kelihtan lebih keren.
    kalo dr rangking di shanghai jiao tong univesity rangking baik UI ITB ataupun UGM ga masuk 500 besar dunia
    http://www.arwu.org/

    lagian kalo THES kan cuman menikai dr jumlah publikasi dan dia tidak menghitung impak faktor jadi beda laah publish di natuture sama applied physic letter ha ha