Beberapa hari ini di kampus saya sangat heboh sekali berita bahwa peringkat UI naik lagi. UI menjadi yang terbaik lagi di Indonesia. Itu yang disebut-sebut. Mengapa tidak, menurut versi QS World University Rankings tahun 2008

UI memperoleh peringkat 287 dari 500 universitas yang ikut mendaftar QS World University Rankings tahun 2008 tersebut. Di bawah UI sendiri ada ITB di posisi 313 dan UGM di posisi 316. Sedangkan Undip, IPB, Unibraw ada di posisi di atas 500. Saya sebagai anak UI sendiri cukup berbangga atas perolehan tersebut karena di mata Internasional UI masih bisa bersaing. Tapi apakah hasil itu mencerminkan pendidikan di UI terbaik?

Peringkat terbaik di indonesia belum bisa menjadikan UI sebagai universitas terbaik di indonesia. Mungkin saya ambil contoh kecil saja. Keadaan lab di jurusan saya sendiri memperlihatkan keadaan yang jauh untuk prediket sebuah universitas terbaik di negeri ini dibandingkan universitas-universitas seperti ITB, Trisakti, UGM dan banyak lagi universitas-universitas negeri maupun swasta. Sesuai dengan visi UI kedepan untuk menjadikan UI sebagai universitas riset, masih cukup jauh juga dari prediket terbaik.

Liat saja yang terjadi di UI, pembangunan infrastruktur sedang gencar-gencarnya tetapi pembangunan untuk menunjang pendidikan terabaikan. Mengapa tidak di bangun perpustakaan-perpustakaan dibandingkan dengan membangun jalur sepeda atupun kebun binatang? Bukankah hal-hal itu dapat menunjang UI sebagai universitas terbaik dan menjadi universitas berbasis riset? Apalagi BOP di UI sekarang jauh sekali naiknya sehingga banyak mahasiswa yang tidak mampu tidak bisa melanjutkan gara-gara biaya pendidikan di UI yang mahal sehingga muncul paradigma baru bahwa UI hanya untuk orang-orang kaya saja. Jadi UI bukan lagi tempat kuliah rakyat indonesia yang memiliki kompetensi tetapi UI merupakan tempat kuliah orang-orang kaya yang bahkan tidak memiliki kompetensi sama sekali.

Perlunya kita sedikit berpikir kritis tanpa menerima lansung apapun itu merupakan ciri kita sebagai mahasiswa apalagi kuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini. Mungkin ini sedikit untaian kata mengenai bahwa pendidikan itu merupakan hak segala bangsa tanpa memandang statusnya. Mungkin sedikit melenceng karena saya menjadikan momen ini untuk perlu meninjau bagaimana keadaan pendidikan bangsa ini umumnya atupun khususnya di UI sendiri. Terima kasih
HIDUP MAHASISWA!!!
HIDUP RAKYAT INDONESIA…



[reaction_buttons]