DEPOK–Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat 201 sebagai universitas terbaik dunia pada 2009 , meningkat dari 2008 yang meraih peringkat 287, dan 2007 pada peringkat 395. “UI mengalahkan beberapa universitas prestisius di Filipina, Malaysia dan Vietnam,” kata Kepala Humas dan Protokol/Juru Bicara UI Vishnu Juwono di Depok, Kamis.

Peringkat tersebut disusun lembaga pemeringkat perguruan tinggi prestisius Times Higher Education – QS World University Ranking (THE – QS World ) yang mengumumkan secara resmi peringkat 500 universitas terbaik di dunia untuk 2009.

Ia mengatakan prestasi tersebut merupakan hal yang membanggakan bagi bangsa dan negara, seiring dengan pengakuan Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi dengan masuk ke dalam kelompok ekonomi dunia yang penting yakni G 20.”Prestasi tinggi UI tidak lepas dari kerja keras bangsa Indonesia, seperti pemerintah, industri, masyarakat serta seluruh warga civitas Akademika UI (karyawan, para dosen dan mahasiswa),” katanya.

Menurut dia, prestasi UI bersama-sama dengan ITB dan UGM (tahun lalu ITB dan UGM berada di kelompok 400) masuk dalam kelompok universitas penting besar dunia turut merefleksikan meningkatnya pengaruh Indonesia dalam kancah global, terutama pada sektor pendidikan.Selain itu untuk mewujudkan misinya sebagai “the World Class Research University”, UI terus menerus mengimplementasikan integrasi melalui tiga pilar yaitu konsolidasi internal, horisontalisme, dan kolaborasi global.

Sebagai wujud dari pelaksanaan konsolidasi internal, hasil audit eksternal yang dilakukan oleh perusahaan Akuntan Publik terpandang menunjukkan UI memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hasil audit ini mencerminkan UI mampu berkembang sebagai organisasi yang sehat, transparan dan akuntabel di bidang keuangan (Good Corporate Governance).

Hal tersebut menggembirakan civitas akademika, mengingat audit eksternal baru diadakan pertama kali di UI. Selama kurang dari satu tahun, UI terus menerus meningkatkan pengelolaan dan pelaporan keuangan yang `prudent`. Aktivitas audit eksternal itu sendiri dilaksanakan pada pertengahan April hingga akhir Agutus 2009.

advertisement

Vishnu mengatakan peringkat UI dalam bidang “social science” (rangking 102) dan “arts and humanities” (rangking 104), UI mendekati rangking 100 dunia. Dengan demikian, UI termasuk dalam universitas elite di Asia (rangking 34 Asia) dan ASEAN (rangking 5) dan peringkat tersebut mencerminkan UI diperhitungkan di dunia sebagai “raising university. ant/kpo

Source : Republika Online

Masih tidak yakin dan tidak percaya. Terutama bagian yang ini :

Hasil audit ini mencerminkan UI mampu berkembang sebagai organisasi yang sehat, transparan dan akuntabel di bidang keuangan (Good Corporate Governance).

Tapi, congrats deh ­čśÇ

update 9 Oktober 2009 jam 10 pagi:

advertisement

ini link hasilnya: http://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2009/results

Tiga universitas terbesar di Indonesia menempati peringkat 400 teratas: UI di 201, Universitas Gadjah Mada (UGM) ada di 250, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) ada di 351.

Untuk 200 besar tingkat asia, UI ada di peringkat 50, UGM di 63, ITB di 80, Institut Pertanian Bogor (IPB) di 119, Universitas Airlangga (Unair) ada di 130, Universitas Diponegoro (Undip) ada di 171, Universitas Sebelas Maret di 171, dan terakhir Universitas Brawijaya (Unibraw) di 191.



[reaction_buttons]