UI Punya PLTS Apung Pertama di Indonesia, PLTS Terapung Bifacial

Anak UI, kamu patut berbangga hati nih. Sebab, UI mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Bifacial. Teknologi yang terdapat di sekitaran jembatan fenomenal penghubung Teknik Sastra alias Jembatan Teksas ini merupakan PLTS Apung pertama di Indonesia.


0

Anak UI, kamu patut berbangga hati nih. Sebab, UI mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Bifacial. Teknologi yang terdapat di sekitaran jembatan fenomenal penghubung Teknik Sastra alias Jembatan Teksas ini merupakan PLTS Apung pertama di Indonesia.

Sumber: minews.id

UI kembali menunjukan eksistensinya sebagai ‘Kampus Hijau’ terbaik dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Apung pertama di Indonesia. PLTS yang diresmikan pada 25 Februari 2020 ini memang sengaja dibangun dengan konsep terapung. Pasalnya, inovasi ini diyakini mampu menghemat biaya sekaligus ramah lingkungan alias go green.

PLTS Terapung yang digarap oleh sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik dan dosen ini dinilai cocok untuk negara maritim, seperti Indonesia. Sebab, Indonesia memiliki beragam potensi perairan alam, seperti waduk, danau, ataupun setu. PLTS ini juga memiliki beragam keunggulan seperti kemudahan pemasangan (tidak perlu pembebasan lahan), mampu mengurangi pertumbuhan algae di sekitar PLTS, hingga kemudahan sinergi dengan infrastruktur kelistrikan (terutama pembangkit hydropower).

BACA JUGA: Danau UI Bukan Cuma Soal Mitos, tapi Danau UI Juga Penting Buat Masyarakat!

Anak UI, pemasangan PLTS ini menggunakan jenis panel surya bifacial (dua sisi) yang dapat menerima sinar matahari lebih banyak lagi. Nah, sisi depan panel surya ini menerima sinar matahari secara langsung, sedangkn sisi sebaliknya menerima sinar matahari dari pantulan air. Sistem tersebut memungkinkan sinar matahari untuk tembus ke solar panel dan memantulkan air danau hingga mampu diserap kembali.

Untuk mencapainya, kamu harus melewati tabung plastik terapung atau floater sepanjang 50 meter. Eits, saat melewati floater kamu harus ekstra hati-hati sebab floater ini licin dan tidak stabil. Jangan sampai kamu terpeleset dan tercebur ke dalam danau ya, hihi.

Sumber: medcom.id

Setelah sampai di PLTS, kondisi pijakan lebih stabil karena terdiri dari sekian banyak rangkaian tabung plastik. PLTS ini juga dilengkapi dengan semacam jangkar pemberat di bagian sudut agar tidak mudah terbawa arus. Selain itu, UI juga melakukan pengecekan secara berkala pada kondisi air di sekitar PLTS Terapung. Dedaunan dan sampah plastik rutin dibersihkan agar tidak mengganggu pantulan sinar matahari.

BACA JUGA: Lucunya Dosen-dosenku!

Menariknya lagi, dengan luas 12 x 18 meter dan terdiri dari 36 panel surya bifacial, PLTS Terapung buatan UI ini mampu menghasilkan listrik sebanyak 10.000-13.000 watt. Pada musim hujan, energi yang dihasilkan dari sistem ini mencapai 22 kWh hingga 35 kWh. Namun, saat musim kemarau, energi yang dihasilkan bisa mencapai 40-an kWh setiap harinya. Listrik yang dihasilkan PLTS Terapung ini dimanfaatkan sebagai sumber energi cadangan FT UI. Nantinya, energi matahari yang berhasil diubah menjadi listrik akan disalurkan ke jaringan listrik di Kantin FT UI.

Sumber: ui.ac.id

Sistem PLTS terapung di Danau Mahoni UI akan menjadi contoh model PLTS terapung lain yang diterapkan di Indonesia. Kedepannya, teknologi PLTS terapung ini akan dikembangkan sehingga lebih efisien dan murah dari segi pembiayaan. PLTS terapung diharapkan mampu menyediakan energi bersih dan terjangkau, serta mendukung program pemerintah dari segi pembangunan sektor ekonomi energi terbarukan.

BACA JUGA: Bete Berangkat ke Kampus Macet dan Ribet? Naik Helikopter Aja!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals