PPSI UI Raih ISO 9001:2008 untuk Teknologi Informasi


0

Selamat buat PPSI UI yang telah mengharumkan nama baik UI dengan meraih ISO 9001:2008 untuk pengelolaan layanan teknologi informasinya!

Dari Kompas.com

Universitas Indonesia berhasil meraih sertifikasi International Organization for Standarization (ISO) 9001:2008, yakni standarisasi internasional tentang sistem manajemen mutu yang penerapannya diakui sebagai standar dunia. Penghargaan ini untuk standarisasi layanan teknologi informasi (TI) sebagai upaya unggulan untuk menempati posisi yang lebih tinggi dengan status universitas berkelas dunia.

Pencapaian tersebut diraih untuk pengembangan dan pelayanan sistem informasi (PPSI) UI dalam memformulasikan sistem informasi yang mengedepankan aspek penyelesaian permintaan, pemberian layanan dengan dokumentasi lengkap dan terkontrol, serta perbaikan kesalahan setelah tinjauan manajemen yang dilakukan berkesinambungan.

[..]

Vishnu Juwono, Kepala Kantor Komunikasi UI, mengatakan UI saat ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang berhasil mendapat ISO 9001 : 2008 di antara pelaksana TI dari 15 universitas yang tergabung dalam Association of Pasific Rim Universities (APRU).

Menurut Vishnu, ISO 9001 juga berhasil diraih Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik UI dan Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI. Pada bulan Oktober lalu, UI mendapat Platinum Award pada Telkom Smart Campus Award yang diselenggarakan oleh Dikti dan PT Telkom.

“Hal ini merupakan pengakuan atas pencapain universitas terbaik di bidang teknologi informasi, terutama infrastruktur dan konektifitas, serta sistem dan konten informasi,” jelas Vishnu.

Jakarta, kompas.com
Laporan wartawan KOMPAS Ester Lince Napitupulu
Senin, 4 Januari 2010 | 08:41 WIB

Dari majalah UI Update

Dr. Ir. Riri Fitri Sari, MM., MSc., (Kepala PPSI UI) mengaku PPSI bekerja keras untuk mendapatkan ISO 9001. “Tidak mudah untuk mendapatkan ISO 9001 sebab aspek yang harus dipenuhi cukup banyak dan detail, misalnya adalah penyeleseaian permintaan, penyediaan dokumen, serta perbaikan kesalahan dan bagaimana sistem bekerja dalam ketiga aspek tersebut”, jelas wanita yang menjadi dosen Teknik Elektro, FTUI. Sedangkan salah satu kriteria yang dipenuhi PPSI UI menurut Rudi Antoni, National Business Development Manager PT SAI Global adalah pengendalian dokumen yang rapih, lengkap dan sistematis juga pelaporan yang lengkap dari tiap bagian yang ada seperti IT Support, Admin Network serta

ISO 9001:2008 yang merupakan yang merupakan standarisasi internasional untuk berbagai sistem manajemen mutu sebagai standar penerapan di dunia diperoleh PPSI hanya dalam waktu 6 bulan sejak bulan Juni – November 2009. “Ini adalah presetasi yang luar biasa untuk sebuah lembaga sebab waktu normal bagi lembaga yang mendapatkan sertifiksi ISO butuh bertahun-tahun”, tutur Arriyani Asmara Konsultan ISO 9001. “Ini membuktikan bahwa sistem di PPSI telah berjalan dengan baik”, tambahnya. Selain itu, baru UI yang mendapatkan ISO 9001:2008 di antara 15 negara yang tergabung dalam Association of Pacific Rim Universities (APRU) yang baru saja diselenggarakan November silam di UI. “ini memang sungguh membanggakan”, tutur Riri Fitri Sari.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ali Sungkar

3 Comments

Leave a Reply