UI Youth Environmental Action (UIYEA) 2

Deskripsi Acara UIYEA 2

 

 

Universitas Indonesia Youth Environmental Action (UIYEA) adalah acara dari Departemen Lingkungan Hidup BEM Universitas Indonesia (DLH BEM UI). UIYEA merupakan komitmen BEM UI untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam wujud penyelamatan lingkungan hidup dari kerusakan. Selain itu, UIYEA bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan serta partisipasi mahasiswa UI dan masyarakat pada umumnya dalam usaha-usaha menyelamatkan lingkungan hidup. Tahun ini UIYEA tengah menginjak tahun kedua. Sampah merupakan tema besar UIYEA tahun ini yang diwujudkan dalam acara dedikasi internal serta eksternal yang berlangsung pada 21 – 23 November 2013.

Acara dedikasi internal dilaksanakan di lingungan kampus UI dengan acara-acara antara lain Mari Kita Nyapu (Markipu), Give a Reward, dan Clean and Clear pada 21 November 2013. Markipu adalah kampanye untuk menyadarkan mahasiswa UI pada kebersihan serta bentuk apresiasi kepada para penyapu jalan dengan cara mahasiswa akan menggantikan tugas penyapu jalan untuk sementara. Give a Reward adalah acara pemberian bingkisan kepada petugas kebersihan UI sebagai tanda terima kasih. Clean and Clear merupakan long march mahasiswa UI dengan menggunakan sepeda kuning berkeliling UI sambil membawa trash bag untuk memungut sampah yang berceceran.

Acara dedikasi eksternal dilaksanakan di lingkungan kota Depok dengan acara-acara antara lain From School to Environment dan Green Campaign. From School to Environment berlangsung di SDN Mekarsari 6, SDN Pocin 3, SMPN 3 Depok, SMPN 8 Depok, dan SMAN 4 Depok dengan acara antara lain membuat karya daur ulang dan diskusi mengenai masalah lingkungan yang berlangsung pada 22 November 2013. Esok paginya pada 23 November 2013, para siswa tersebut akan melakukan Green Campaign dengan long march sepanjang jalan Margonda Raya dengan membawa pesan-pesan cinta lingkungan.

Seluruh rangkaian acara ini akan ditutup oleh Acara Puncak pada 23 November 2013 malam dengan acara utama yaitu hiburan bagi para penyapu jalan di UI.

Leave a Comment