UIYEA: Sebuah Program Bertemakan Lingkungan Persembahan BEM UI 2012


0



UI YEA 2012
A SMALL STEP FOR A BIG CHANGE!

UIYEA secara perdana akan diselenggarakan di Kota Depok. Hal ini dikarenakan Depok sebagai kota yang berada di sekitar kampus Universitas Indonesia pun tak terlepas dari berbagai permasalah lingkungan. Kegiatan pembangunan di Depok yang memakan lahan hijau, pencemaran udara akibat gas buang transportasi, dan sistem pengelolaan sampah yang masih bermasalah merupakan beberapa contoh kasus yang akan menambah beban lingkungan hidup khususnya lingkungan hidup kota Depok.

              Rangkaian acara UIYEA ini akan dimulai dengan kegiatan yang bernama UIYEA Goes to Schools (UIYEA GTS) pada tanggal 30 November 2012. Pada UIYEA GTS, tim UIYEA akan melakukan kampanye dalam bentuk penyuluhan tentang lingkungan hidup kepada siswa-siswi SD, SMP, dan SMA di Kota Depok dengan metode Focus Group Discussion (FGD) dan pembagian pin, tumbler serta goodie bag sebagai media kampanye. Pada kegiatan ini juga akan dilakukan pembentukan kebun sekolah dengan melibatkan para siswa untuk menanam bibit pohon di sekitar pekarangan sekolah.

              Rangkaian acara selanjutnya dilakukan pada tanggal 1 Desember 2012 yang disebut dengan UIYEA Door to Door (UIYEA DTD). Pada UIYEA DTD, tim UIYEA akan melakukan kampanye lingkungan secara door to door ke rumah-rumah warga di salah satu kelurahan Kota Depok yang kondisi lingkungan hidupnya sangat kritis. Goodie bag, baju, dan benih pohon akan dibagikan ke warga-warga kelurahan sebagai bentuk media kampanye. Di akhir kegiatan UIYEA DTD, para warga juga akan diikutsertakan melakukan penanaman bibit pohon di sekitar lingkungan rumah.

Keseluruhan rangkaian acara UIYEA akan ditutup pada acara puncak berupa Festival Green Campus for Green City. Acara puncak UIYEA ini akan diselenggarakan pada tanggal 8 Desember 2012 mulai pukul 15:00 WIB hingga pukul 21:00 WIB. Puncak UIYEA ini akan dimulai dengan flash mob dan freeze mob di sepanjang Jalan Margonda Raya serta pembagian media kampanye lingkungan seperti pin, gantungan kunci, dan stiker kepada para pengguna jalan Margonda. Masa flash mob dan freeze mob akan berakhir di Balai Kota Depok dimana pada Balai Kota Depok ini akan terdapat serentetan acara lainnya seperti stand komunitas, bazar, pameran karya pelajar peserta UIYEA Goes to Schools, aneka games lingkungan, talkshow, pemutaran video kampanye lingkungan berdurasi pendek, dan pertunjukan musik baik dari mahasiswa-mahasiswa UI maupun bintang tamu berupa artis papan lokal.

Dengan adanya kegiatan UIYEA ini, diharapkan semua kalangan baik pelajar maupun masyarakat dapat terinspirasi untuk lebih berperilaku ramah lingkungan dan dapat menularkan semangat berprilaku ramah lingkungan terhadap orang-orang disekitarnya. Selain itu, dengan adanya program kampanye UIYEA ini diharapkan sekecil apapun tindakan yang dilakukan mampu menciptakan perubahan untuk bumi dan lingkungan hidup yang lebih baik. (Tim UIYEA 2012)

More info (fb fanpage) UI YEA 2012

Twitter : @BEMUI_GoGreen

Tumbler: http://ui-yea.tumblr.com/ dan http://uiyea.tumblr.com/

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
elsyayolanda

0 Comments

Leave a Reply