WANTED: Onny Amanda


0

Wawancara Orang Terakreditasi – Tim Media dan Humas Formasi 22 FIB UI

Onny Amanda: Melindungi Terumbu Karang dengan Cara Sederhana

Onny Amanda Putri Widodo akrab di panggil Onny. Tidak disangka-sangka ia adalah Duta Karang Nasional tahun 2010 yang mewakili DKI Jakarta. Onny berhasil lolos dengan mengirimkan sebuah esai pemikiran tentang bagaimana melindungi terumbu karang yang ada di laut Indonesia dengan pendekatan personal kepada masyarakat nelayan.

“Sebenarnya Duta Karang Nasional itu bertujuan untuk memberikan penyuluhan terhadap masyarakat agar mengetahui betapa pentingnya kita menjaga terumbu karang yang ada di laut,” kata Onny dengan penuh semangat. Onny menjelaskan betapa pentingnya terumbu karang. “Terumbu karang itu penting banget. Tanpa mereka ombak akan langsung menghempas dengan kuat daerah pesisir pulau kita. Akibatnya pulau-pulau kita bisa hilang dan batas teritori kita berkurang. Apabila nelayan nakal menggunakan bom untuk menangkap ikan, otomatis terumbu karang ikut hancur dan variasi ikan yang kita punya bisa-bisa berkurang,” jelas Onny.

Onny juga berbagi cerita kepada kita bagaimana ia bisa menjadi Duta Karang Nasional yang mewakili DKI Jakarta. “Awalnya sih ini diwajibkan untuk anggota KIR SMAN 13 Jakarta. Tidak mengira aku bisa lolos menjadi Duta Karang Nasional perwakilan DKI Jakarta.” Saat diwawancarai, Onny memberikan langkah-langkah yang dia tempuh untuk menjadi Duta Karang Nasional. Pertama, sekolah mengirim dua orang perwakilan pembuat esai untuk beradu antar sekolah di sat provinsi agar menjadi perwakilan provinsi peserta. Resmilah siswa SMA yang terpilih tersebut menjadi Duta Karang Nasional.

Menjadi Duta Karang Nasional bukanlah hal yang mudah apalagi banyak kepentingan yang bisa menghalangi langkah mereka dan langkah Onny untuk melindungi terumbu karang yang sangat berharga bagi manusia. Duta Karang Nasional bertugas untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang mereka wakili daerahnya terutama daerah konservasi yang berada di pinggir laut. Bagi Onny, ia mengemban tugas untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga terumbu karang. Onny bercerita bahwa dengan statusnya sebagai Duta Karang Nasional, ia dapat mempengaruhi keluarga dan teman-temannya untuk menjaga lingkungan, seperti hal sederhana yaitu tidak membuang sampah sembarangan.

Itulah sekilas dari Onny Amanda sang Duta Karang Nasional tahun 2010, sang pecinta terumbu karang. Sebagai penutup Onny memberikan komentar tentang kelanjutan amanah yang dia pegang terutama menyelamatkan terumbu karang yang ada di lautan Indonesia. “Walaupun sosialisasi ini akan memakan waktu yang lama, saya percaya bahwa masyarakat kita terutama nelayan bisa mengerti betapa pentingnya kita menjaga lingkungan khususnya terumbu karang dengan penyuluhan yang terus menerus tanpa henti”.

(Interviewed and written by Phinkan – Arkeologi 2011)

Nama: Onny Amanda Putri Widodo
Prodi: Jawa 2011
TTL: Jakarta, 25 September 1993
Facebook: Onny Amanda

Wanted Onny


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Freezy

The NERD Moviegoer

0 Comments

Leave a Reply