WANTED: Rasikh Fuadi (Edisi Spesial Festival Budaya UI 2011)


0

Wawancara Orang Terakreditasi – Tim Medis Formasi 21 FIB UI

Edisi spesial FESTIVAL BUDAYA UI 2011

Rasikh Fuadi: Berawal Dari Puisi

Fesbud sudah di depan mata. Jauh-jauh hari sebelumnya sudah terlihat kesibukan anak-anak FIB di berbagai pelosok. Hingar-bingarpun terdengar ke seluruh penjuru. Di antara mereka ada yang teriak-teriak , ada yang tertawa-tawa, menangis, sibuk mereka-reka musik, sibuk mengubah naskah, dan ada juga yang berkutat dengan alat-alat properti. Di sekeliling banyak yang memperhatikan mereka dengan raut muka yang kagum bahkan ada pula yang menampakkan wajah keheranan. Itulah persiapan anak-anak FIB dalam menyambut hajatan akbar anak-anak FIB, Festival Budaya, festival yang selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh civitas akademika UI terutama anak-anak FIB UI. Festival ini menampilkan berbagai kegiatan seni khas FIB UI.

Di antara kegiatan yang ditampilkan dalam Fesbud adalah Petang Kreatif atau PK. Petang Kreatif menampilkan apresiasi seni dalam bentuk pertunjukan teater. Banyak penghargaan diperebutkan dalam gelaran ini, mulai dari penampilan terbaik sampai aktor terbaik. Salah satu yang mendapatkan penghargaan ini adalah Rasikh Fuadi atau biasa dipanggil Adi. Ia merupakan aktor terbaik pada acara PK 2010. Ada yang menarik dari mahasiswa Filsafat ini. Ia tampil di PK sebagai aktor pengganti sehingga ia hanya melakukan persiapan seminggu sebelumnya. Tentunya ini merupakan hal yang istimewa karena mahasiswa lain yang tidak masuk nominasi sudah melakukan persiapan berminggu-minggu bahkan beberapa bulan sebelumnya.

Saat ditanya mengenai keberhasilannya meraih penghargaan tersebut, Adi mengaku bahwa dirinya menyukai Teater. Rasa cintanya terhadap teaterlah yang menggiringnya masuk sebagai nominasi aktor terbaik. “Ternyata cuma gara-gara suka teater itu bisa mempengaruhi sangat dalam. Mungkin yang lu omongin orang latihan berbulan-bulan itu karena mereka terpaksa”.

Adi menyukai teater sejak SMP kelas 3. Setelah lulus ia pernah ikut teater tetapi hanya sebatas kegiatan ekskul yang hanya bertemu seminggu sekali. Ada satu hal menarik. Saat SMA ia sangat menyukai puisi. Kecintaan terhadap puisi inilah yang mempengaruhi aktingnya. Ini tidak bisa dipisahkan dari guru teater sekaligus guru Bahasa Indonesianya yang menanamkan kecintaan tersebut kepadanya.

“Kalo pengen bagus di teater, maka berpuisi. Apapun itu, seni awalnya dari jiwa estetik keindahan dan sebagainya,” ungkapnya. “Mengimajinasi, terus menginterpretasi puisi sama aja dengan menginterpretasi karakter kehidupan ini. Karakter punya emosi, karakter punya tujuan hidup dan sebagainya, itu bisa dirangkum dari puisi juga. Jadi gue bisa mengambil pengalaman gue berpuisi terus masukin ke teater. Ke aktor ternyata bisa masuk juga”.

Meskipun ia menyukai teater, ia baru benar-benar terpacu untuk mendalaminya saat diamanahi tanggung jawab sebagai pemain pengganti. “Latihan PK awalnya gak pernah ikut. Awal latihan gue diajak, tetapi hanya iseng, kadang datang kadang enggak. Terus tiba-tiba gue ditunjuk. Waduh! Padahal gue cuma jadi orang mati doang,” ujarnya. Adi sadar ketika teman-temannya sangat mengharapkannya dan memberikan dukungan yang besar baginya. Ketika itu hidupnya merasa lebih berharga dan sejak saat itu ia bekerja keras selama seminggu penuh.

Tak mudah menjadi aktor terbaik tanpa usaha. Dengan latihan yang hanya seminggu, Adi mensiasatinya dengan membawa latihan PK tersebut ke dunia nyata. Ia melatih aktingnya di mana saja. PK sangat penting bagi Adi. Lelaki yang pernah menjadi pemeran utama dalam Sejarah Duta Pertiwi yang diputar di kontingen film UI Fest ini menemukan arah hidupnya di sini. “Berkat PK gue menjadi jelas bahwa untuk selanjutnya gue mau fokus di teater dan filsafat.”

Terakhir, ia berpesan kepada para pembaca, “jadiin momen PK itu momen penentu buat anak-anak 2011. Jadi lu ikut PK, selama 4 tahun ini akan enjoy. Yang gak ikut PK pastinya gak bakalan enjoy”.

Interviewed and written by Kabayan_017

Nama : Rasikh Fuadi
Prodi : Filsafat 2010
TTL : Jakarta, 17 Desember 1992
Email : rasikh_fuadi@yahoo.com
FB : Rasikh Fuadi

WANTED Adi


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Freezy

The NERD Moviegoer

0 Comments

Leave a Reply