WANTED: Riyan Hidayat


0

Wawancara Orang Terakreditasi – Tim Media dan Humas Formasi 22 FIB UI

Riyan Hidayat : Membaca Sambil Mengenali Lingkungan

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ للنَّاسِ
“Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bermanfaat buat orang lain.”

Itulah salah satu bunyi hadist yang mendasari mahasiswa program studi Arab ini untuk selalu melakukan hal yang bermanfaat bagi sesamanya. Salah satunya yaitu dengan cara menjaga lingkungan. Dialah Riyan Hidayat. Lelaki yang sering disapa Riyan ini adalah satu dari sedikit anak muda yang masih peduli terhadap lingkungan.

Sejak tahun lalu, ia mulai aktif dalam kegiatan peduli lingkungan bersama Komunitas Ciliwung Condet. Komunitas Ciliwung Condet merupakan sebuah komunitas yang kegiatannya lebih fokus pada kegiatan pemulihan Ciliwung, namun juga tidak jarang memperhatikan masalah lingkungan secara umum dan berpartisipasi di dalamnya. Bergabungnya ia dalam komunitas ini didasari atas rasa keprihatinannya sebagai warga asli Jakarta akan masalah Ciliwung yang tak kunjung ada penyelesaiannya.

Berangkat dari rasa kepeduliannya terhadap anak-anak jaman sekarang yang mulai jauh dari kebiasaan membaca buku dan bahkan lebih menyukai permainan modern seperti game online, Riyan bersama teman-temannya di Komunitas Ciliwung Condet berinisiatif mencoba untuk memberikan wadah bagi anak-anak untuk memiliki tempat belajar sekaligus bermain berupa Perpustakaan Ciliwung. Meski diakuinya bahwa saat ini perpustakaan yang coba ia bangun masih dalam keadaan set up, namun ia tak pernah mencoba mundur selangkah pun. Baginya salah satu cara membangun mindset anak-anak akan “ketergantungan” mereka kepada lingkungan atau alam adalah dengan jalan membaca. Dengan membaca, apapun mereka bisa dapatkan.

Untuk terakhir kali, saat ditanya apa yang ingin dilakukannya lagi setelah ini, lelaki yang dikenal dengan gayanya yang kocak ini berubah menjadi sosok yang sangat serius. “Ya buat sekarang sih gue pengen ngeberesin perpustakaan, mendirikan taman edukasi, sosialisasi masyarakat, dan berusaha supaya perpustakaan ini bisa jadi tempat bernaung masyarakat yang nyaman dan bisa menjadi tempat mereka belajar dan bermain.” Subhanallah, mulia sekali ya kawan keinginannya.

Alam memberikan pelajaran yang sangat berharga yang tidak didapatkan di bangku kuliah tertinggi sekalipun. Dengan mengenal alam, kita akan semakin mencintai ciptaan Allah ini. Nah, mari jaga lingkungan tempat kita bernaung demi kelangsungan hidup anak cucu kita kelak.

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan manusia, supaya Allah merasakn kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah : Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perlihatkalah bagaimana kesudahan orang-orang yang dulu.kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (QS. Ar Rum:41-42)

Interviewed and written by LA75 – Japanology ’11

Nama : Riyan Hidayat
Prodi : Arab 2010
TTL : Jakarta, 3 Agustus 1992
Web : http://wargacondet.wordpress.com/

wanted riyan hidayat


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Freezy

The NERD Moviegoer

0 Comments

Leave a Reply