Pada tanggal 29 dan 30 Agustus 2008 kemarin Universitas Indonesia menyelenggarakan hajat besarnya untuk mengeluarkan ribuan lulusannya dari berbagai jenjang pendidikan yang eksis di sistem pendidikannya (Sarjana, Diploma, Profesi, Pasca Sarjana).

Kelulusan tersebut diiringi oleh 24.000 paduan suara mahasiswa baru yang menurut pengumuman yang diberikan sewaktu berlangsungnya wisuda oleh panitia penyelenggara wisuda UI merupakan yang terbesar dalam sejarah paduan suara wisuda di UI.

advertisement

Namun hal terpenting yang patut diketahui dari berlangsungnya even wisuda pada tahun ini adalah bahwa perayaan wisuda yang sesungguhnya itu berlangsung ketika pelaksanaan gladi resik wisuda yang dilakukan satu hari sebelum even wisuda akbar berlangsung.

Jadi pada seremoni wisuda akbar UI kali ini tidak terlihat acara pemindahan tali toga oleh rektor kepada mahasiswa. Namun, pastinya acara wisuda akbar memang sedikit-banyak terasa menjemukan, untuk itu bagi wisudawan-wisudawati yang fakultasnya mempunyai acara wisuda lokal yang baik rasa kejemuan itu sedikit-banyak bisa terobati.

advertisement

Rumbagyo Nangalit S. Sos

Wisudawan UI, Pengelola Minyakjelantah.com



advertisement