Review Yamaha YH-L700A, Kompetitor AirPods Max

anakui.com – Suara 3D lebih sedikit dari AirPods Max. Terlepas dari bentuk dan harganya yang besar, Yamaha YH-L700A seharga Rp. 7,4 jutaan adalah pesaing audio spasial yang layak untuk AirPods Max.

Spesifikasi Yamaha YH-L700A

Spesifikasi
Dimensi dan Berat: 3,5 x 8 x 10,5 inci; 11,64 ons
Masa pakai baterai (nilai): hingga 34 jam
Jangkauan Bluetooth: 40 kaki
ANC: ya

Kelebihan

  • + Performa audio spasial yang luar biasa
  • + Kualitas suara luar biasa untuk musik dan panggilan
  • + Desain ramping
  • + ANC yang dihormati
  • + Konektivitas yang sangat baik

Kekurangan

  • – Besar dan berat
  • – Daya tahan baterai tidak merata
  • – Mahal

Yamaha YH-L700A adalah headphone peredam derau terbaru yang memasuki pasar audio 3D dengan harga premium. Jadi, apa yang didapatkan dengan Rp. 7,4 jutaan? Audio spasial, peredam bising aktif, dukungan adaptif aptX, akses ke aplikasi pendamping dengan beberapa mode mendengarkan, dan pelacakan kepala semuanya dalam paket ramping dan ultra-modern.

Kualitas suaranya adalah yang terbaik berkat panggung suara yang luas dan fitur-fitur khusus yang secara unik meningkatkan pengalaman mendengarkan. Sobat juga mendapatkan kualitas panggilan, kontrol, dan netralisasi kebisingan yang dapat diservis dari kaleng ini.

Di sisi lain, desainnya sangat besar dan tidak sesuai selera semua orang. Bergantung pada mode mendengarkan, ada juga perbedaan mencolok dalam waktu pemutaran. Namun, selain kekurangan itu, Yamaha YH-L700A menghadirkan suara 3D yang sebagus AirPods Max dengan harga yang lebih murah.

Pesaing yang layak untuk halaman Headphone Terbaik dan Headphone Peredam Kebisingan Terbaik kami. Apakah ini cukup untuk benar-benar menantang Apple AirPods Max? Cari tahu di ulasan lengkap Yamaha YH-L700A kami.

Harga dan Ketersediaan

Yamaha YH-L700A tersedia seharga Rp. 7,4 jutaan langsung dari Yamaha. Tersedia hanya dalam satu warna, hitam. Tas jinjing, kabel pengisi daya USB-C, kabel audio, dan adaptor penerbangan disertakan dengan pembelian.

Sebagai perbandingan, model ini lebih murah daripada AirPods Max, tetapi lebih mahal daripada pro ANC seperti Bose 700, Sony WH-1000XM4, dan Bowers & Wilkins PX7. Tandai halaman penawaran headphone terbaik kami untuk melihat semua penjualan terbaru.

Desain dan Kenyamanan

Kualitas pembuatannya seperti yang diharapkan dari sepasang headphone seharga Rp. 7 jutaan. Perpaduan bahan mesh berlapis urethane yang lembut dan bagian kulit memberikan YH-L700A tampilan yang mewah namun kuat.

Detail kecil seperti kancing kulit dan logo aluminium timbul di bagian atas setiap cup telinga menambah keunikan. Tapi semua mata tertuju pada ikat kepala yang condong ke depan, yang sengaja dirancang Yamaha agar pas di bagian tengah kepala. Dengan berat 11,64 ons, headphone ini tidak ringan.

Bentuknya yang besar juga tidak ideal untuk bepergian. Ini terlipat ke dalam dan berputar 90 derajat agar pas di dalam casing yang menampung aksesori lain, tetapi tetap menahan beban yang berat. Bobot ekstra juga memengaruhi kenyamanan, dan ikat kepala memberi tekanan yang tidak diinginkan di atas tengkorak.

Ini menjadi tidak menyenangkan setelah sekitar 2 jam penggunaan. Untungnya, bantalan telinga yang tebal, lembut, dan empuk memberikan kelegaan pada telinga, tetapi dapat menjadi panas setelah beberapa jam. Sobat tidak perlu khawatir YH-L700A tergelincir.

Ini adalah masalah umum dengan sebagian besar headphone nirkabel berukuran besar. Headband miring diposisikan dengan sempurna untuk menjaga stabilitas dan mencegah kaleng lepas, dan extender dapat disesuaikan dengan pengaturan panjang yang tepat untuk meningkatkan kesesuaian.

Kontrol dan Asisten Digital

YH-L700A memiliki rangkaian lengkap kontrol fisik termasuk tombol untuk pemutaran, manajemen panggilan, volume, bantuan digital, power/pairing dan mengaktifkan mode mendengarkan.

Terdapat tombol suara ANC/Ambient di bagian belakang earcup kanan, dan bidang suara 3D serta tombol power/pairing di bagian belakang earcup kiri. Bagian depan earcup kanan menampilkan tiga tombol berlapis kulit, masing-masing dengan celah untuk memudahkan identifikasi dengan sentuhan.

Tombol/celah tengah mengoperasikan putar/jeda/jawab/akhiri panggilan (tekan sekali) dan asisten digital (tekan dua kali), sedangkan celah kiri dan kanan menambah atau mengurangi volume (tekan sekali),/memutar trek sebelumnya (tahan).

Ini bukan skema kontrol favorit kami, tetapi setidaknya tombol-tombolnya memiliki sentuhan yang bagus untuk memenuhi perintah setiap kali ditekan. Deteksi Telinga, yang dijeda otomatis saat headphone dilepas, tidak tersedia. Asisten Google, Siri, dan Bixby semuanya kompatibel dengan YH-L700A.

Mikrofon menangkap vokal dengan baik, dan setiap asisten digital merespons dengan cepat sesuai perintah. Berhati-hatilah karena mengaktifkan Asisten Google dan Siri kadang-kadang bisa rumit. Ada penundaan dan melakukan perintah suara selanjutnya bisa menjadi proses.

Sobat harus menutupnya secara manual atau menunggu waktu habis sebelum dapat menggunakannya kembali.

Kualitas Suara Yamaha YH-L700A

Ada banyak hal yang harus diungkap di sini, jadi mari kita mulai dengan tanda suara dasar YH-L700A. Lapang dan kaya akan bass, menghadirkan bass yang kuat dan kaya tanpa mengorbankan suara mid yang tajam atau nada tinggi yang tajam.

Headphone ini juga meningkatkan kualitas streaming dengan aptX Adaptive untuk audio resolusi tinggi melalui konektivitas Bluetooth. Kami juga senang mendengar suara snare yang begitu menonjol di “Yellow Submarine” The Beatles, tetapi kemampuan reproduksi YH-L700A mengejutkan.

Instrumen dan suara individu dapat dibedakan dalam paduan suara yang ceria dan menimbulkan sedikit kerumitan yang tersebar di seluruh rekaman. Efek gelombang pantai, botol berderak, dan tiupan gelembung membuat sobar berada dalam suasana bahari.

Beralih ke pilihan yang lebih kontemporer, Dr. Saya mengeluarkan “Nuthin ‘But A’ G’ Thang” dari Dre, dan bassline yang funky dan berdampak membuat kepala berputar bolak-balik secara ritmis. Ada juga perasaan hidup dalam cappella.

Lihat feat “Skyscrapers” DMX. Bono dengan indah menangkap semangat dan semangat juang seorang rapper bersama dengan jangkauan vokal penyanyi U2 yang fantastis. Audio spasial, fitur mematikan dari YH-L700A.

Versi Yamaha disebut Bidang Suara 3D, dan tidak seperti AirPods Max, ini kompatibel dengan konten audio stereo apa pun dari “hampir semua sumber”.

Fitur ini bekerja bersama dengan teknologi pelacakan kepala dan pemrosesan Cinema DSP untuk mengidentifikasi dari mana suara berasal dan langsung menyesuaikan apa yang didengar untuk pengalaman mendengarkan yang lebih imersif.

Ini juga memiliki 7 mode 3D: Ruang Audio, Musik Latar Belakang, Film, Drama, Video Musik, Pertunjukan Luar Ruangan dan Ruang Konser. Musik latar dan audio menambah kehidupan pada lagu dan menekankan instrumen dan vokal, membuat pendengar merasa berada dalam sesi rekaman yang sama dengan artis.

Aula live dan konser outdoor setia untuk menciptakan kembali suasana pertunjukan live. Meninjau kembali Battle of Verzuz dan rendition “Star Spangled Banner” ikonik Whitney Houston di Super Bowl XXV menempatkan saya di garis depan dalam acara ini.

Suguhan sesungguhnya adalah mode konten video seperti musik latar, drama, dan video musik, ketiganya sangat berguna untuk media yang dimaksud. Mendengarkan skor Han Zimmer untuk Inception sambil menonton film itu tidak nyata.

Pembukaan Saving Private Ryan bahkan lebih kuat, karena pelacakan kepala YH-L700A yang sangat baik memberikan perasaan ledakan keras dan peluru beterbangan di sekitar tidak peduli ke arah mana kami menoleh. Ada dua lagi pengaturan mendengarkan yang bisa dipasangkan dengan 3D Sound Field.

Yang pertama adalah Pengoptimal Mendengarkan, yang dirancang untuk menyesuaikan suara secara waktu nyata, beradaptasi dengan lingkungan dan perilaku mendengarkan. Kedua, Listening Care secara cerdas menyesuaikan frekuensi suara sehingga sobat dapat menikmati suara full-range bahkan pada volume rendah.

Yang perlu diketahui adalah bahwa suara akan tetap konsisten dan hidup baik mengaktifkan satu atau kedua mode secara bersamaan. Sebagian besar headphone over-ear cenderung bocor pada level tinggi, dan YH-L700A juga demikian.

Sambil mendengarkan musik yang mengasyikkan di ruangan yang sama dengan istrinya, dia menarik perhatian dengan mengatakan, “Saya sedang bekerja, jadi tolong turunkan sedikit.”

Pembatalan Kebisingan Aktif

Teknologi peredam bising Yamaha tidak cukup mengalahkan brand besar lainnya (mis. Bose, Sony, Bowers & Wilkins), tetapi cukup memuaskan untuk membuat pendengar tetap fokus pada daftar putar mereka.

Menurut perusahaan, headphone ini menggunakan mikrofon internal yang menangkap kebisingan sekitar dan menggunakan algoritme untuk menghitung apa yang harus dihilangkan dari sinyal musik pemutaran. Ini untuk menjaga kualitas suara tetap murni. Mode ANC menjinakkan suara gemuruh dengan sangat baik.

Guntur bergemuruh dan suara dari ruang cuci tidak luput dari perhatian. Kami juga menyukai performa YH-L700A pada frekuensi menengah, meminimalkan obrolan keras dari baby shower Zoom yang hanya berjarak dua ruangan dari ruang kerja. Frekuensi tinggi adalah perjuangan YH-L700A.

Sirene ambulans dan peluit bersama dengan kicauan burung dan tangisan anak kecil terkadang menarik perhatian kami. Menaikkan volume membuat suara-suara ini tidak terlalu mengganggu. Sobat juga dapat mendengar desisan kecil saat fitur ini aktif.

Mode Suara Sekitar menggunakan mikrofon internal headphone untuk menangkap suara yang tidak disengaja guna meningkatkan kesadaran akan lingkungan sekitar.

Kami dapat memantau lalu lintas dan mendengar pekerjaan lansekap berlangsung di sebelah, dan akan mendengarkan ketika istri membutuhkan bantuan untuk memberi makan anak. Kami juga senang bisa berbicara dengan orang-orang di rumah tanpa harus membisukan atau melepas headphone.

Aplikasi dan Fitur Khusus

Sobat bisa mengaktifkan fungsi tersebut langsung dari layar hp dengan mengunduh aplikasi pendamping bernama Yamaha Headphone Controller. Ini termasuk bidang suara 3D yang disebutkan di atas, mode surround, pelacakan kepala, perawatan pendengaran, pengoptimal pendengaran, dan peredam bising/suara sekitar.

Apakah ada hal lain yang ditawarkan aplikasi? Ya, tetapi perlu diketahui bahwa hanya ada sedikit fasilitas tambahan. Sisanya terdiri dari indikator level baterai, pembaruan firmware, dan timer mati otomatis.

Fitur-fitur populer seperti EQ yang dapat disesuaikan dengan prasetel, kontrol penyesuaian, atau pengaturan untuk Temukan Headphone Saya sepertinya diberikan pada headphone semahal ini. Sayangnya, kami harus menunggu hingga pembaruan di masa mendatang tiba.

Daya Tahan Baterai Yamaha YH-L700A

Waktu pemutaran YH-L700A adalah satu sisi. Jika menggunakan headphone yang hanya mengaktifkan ANC, sobat dapat menggunakannya selama 34 jam. Tidak hanya bagus untuk sepasang peredam bising, ini juga bagus untuk Bose 700 (20 jam) dan Sony WH-1000XM4 (30 jam).

Mengaktifkan Bidang Suara 3D secara bersamaan mengurangi waktu pemutaran menjadi 11 jam. Cukup buruk. Perlu diingat juga bahwa volume tinggi dan streaming akan mengurangi waktu pemutaran sekitar 1-2 jam.

Headphone ini mendukung pengisian cepat. Menurut Yamaha, pengisian daya 10 menit akan memberi sekitar dua jam pemutaran dengan ANC aktif, dan pengisian daya yang sama akan memberi 45 menit penggunaan dengan ANC dan 3D Sound Field aktif.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

Apakah itu check-in cepat dengan istri saya atau panggilan pelanggan di Google Meets, YH-L700A adalah headset panggilan yang berkualitas. Sebagian besar umpan balik yang saya terima adalah positif. Beberapa penelepon mencatat betapa jernih dan kerasnya suara selama obrolan video.

Istri saya menjawab atau melewatkan panggilan di luar, tetapi merasakan hal yang sama ketika menjawab panggilan di dalam. Efek angin yang bergemuruh sulit untuk dibicarakan, karena YH-L700A kesulitan dalam kondisi berangin.

Selain itu, kami akan mempertimbangkan untuk memasukkan headphone terbaik dengan mikrofon untuk daftar panggilan suara dan video.

YH-L700A dapat membuat sobat tetap terhubung dengan baik. Jangkauan iklan adalah 32,8 kaki, yang akurat dan layak untuk berjalan dari kamar ke kamar. Tetapi dapat diperpanjang hingga 40 kaki saat berjalan di ruang terbuka.

Untuk headphone yang kuat, menurut kami fitur seperti Google Fast Pair dan teknologi multipoint yang terhubung ke dua perangkat secara bersamaan akan ideal. Yamaha tidak berpikir begitu.

Tidak ada kerugian besar karena YH-L700A secara otomatis muncul dalam daftar perangkat yang tersedia saat dalam mode pairing dan secara otomatis langsung terhubung dengan perangkat yang dikenali.

Kesimpulan

Yamaha YH-L700A adalah headphone audiophile untuk pecinta musik dan pecinta film. Itu sarat dengan fitur yang membawa pengalaman mendengarkan ke level lain dengan suara 3D, pelacakan kepala, audio resolusi tinggi, dan mode mendengarkan real-time. ANC solid, konektivitasnya kuat, dan desainnya bagus.

Semua fitur ini tidak murah, dan harga headphone ini memang lumayan. Hanya karena hanya berdasarkan performa audio, bukan berarti LH-L700A tidak berharga. Satu-satunya keluhan utama saya adalah masa pakai baterai yang pendek saat mendengarkan dengan banyak fitur aktif pada waktu yang bersamaan.

Tapi 11 jam sepertinya masih lebih dari cukup untuk mendengarkan santai di rumah atau sambil jalan. Jika menginginkan headphone audio spasial dengan lebih banyak mode mendengarkan 3D daripada AirPods Max, pertimbangkan untuk membeli YH-L700A.

Leave a Comment