Young Leaders for Indonesia Almumni Community: Saatnya Mahasiswa Bergerak Secara Nyata


0

Mahasiswa sering disebut-sebut sebagai agent of change, generasi penerus bangsa, atau motor perubahan. Dengan “status” yang berat tersebut, sudah seharusnya kita sebagai mahasiswa melakukan perubahan, sebagai wujudk kontribusi atas kecintaan kita kepada tanah air. Lantas, Apa yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mempertanggungjawabkan harapan besar yang disematkan masyarakat tersebut?

Melakukan kegiatan sosial berbasis pengetahuan dan peningkatkan kompentesi masyarakat dapat menjadi salah satu jawabannya. Namun, bukan “sekedar” melakukan kegiatan sosial yang bersifat filantropis dan tidak berkelanjutan. Kegiatan sosial yang dilakukan haruslah kegiatan sosial yang berlandaskan riset, apa yang sebenarnya menjadi “masalah” bagi masyarakat,  bagaimana menggunakan analisa untuk mencari pendekatan yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut, serta bagaimana dampak yang dihasilkan dapat secara signifikan mengentaskan atau minimal mengurangi masalah sosial.

Young Leaders for Indonesia Alumni Club kini tengah melakukannya.  Dengan visi unleash Indonesia, anggota YLI AC yang terdiri atas mahasiswa dan profesional melakukan kegiatan sosial untuk mengurangi angka penganguran di Johar Baru. Berangkat dengan analisa masalah bahwa tingginya angka kriminalitas serta tawuran dikalangan pemuda, yang  merugikan masyarakay sekitar Johar Baru, didalangi oleh rendahnya jumlah pemuda yang memiliki pekerjaan. Atas analisa tersebut, YLI AC membuat sebuah Program pengabdian masyarakat yang ditujukan kepada pemuda-pemudi RW 01 Johar Baru, sehingga mereka mempunyai pekerjaan positif yang menyita perhatian dan waktu mereka .

YLI AC bekerja sama dengan beberapa media lokal dan nasional, baik cetak maupun online, untuk memuat profile pemuda yang diharapkan dapat sesuai dengan kebutuhan pasar. Salah satu pemudi bernama Wikhe Berhasil mendapatkan pekerjaan di salah satu restoran di Kuningan.

Semoga dengan adanya kesempatan mempertemukan antara supply tenaga kerja dengan demands dari perusahaan, angka pengangguran di Johar Baru dapat menurun secara signifikan dan kriminalitas dapat ikut berkurang.

Young Leaders for Indonesia Alumni Community

YLI AC adalah Komunitas alumni peserta program Young Leaders for Indonesia yang diadakan oleh konsultan multinasional, McKinsey. YLI AC memiliki program sosial yang berbeda setiap tahunnya. YLI AC tahun ini adalah angkatan ke-3. Pada tahun sebelumnya, YLI AC membuat kegiatan sosial di Biduk-Biduk, Kalimantan, dengan memberikan bantuan berupa sepeda, setelah menemukan masalah “inti” dari rendahnya kuantitas peserta didik dikarenakan jarak antara sekolah dan pemukiman penduduk yang begitu jauh.

Informasi lebih lanjut mengenai YLI, silahkan kunjungi website kami www.yli.or.id


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf

0 Comments

Leave a Reply