Anak UI, Yuk Intip Kiat Sukses Jadi Anak Rantau. Universitas Indonesia memang punya magnet tersendiri bagi tiap orang. Sebagai kampus favorit, UI menjadi salah satu tempat menempuh pendidikan terbaik karena mampu mempertemukan pelajar dari berbagai daerah. Nah, bagi pelajar yang berasal dari luar daerah, biasanya harus pergi merantau demi mendapatkan pendidikan yang lebih baik.  Gak jarang pelajar ini mengalami culture shock karena tidak terbiasa hidup sendiri dan jauh dari keluarga. Bila culture shock ini dibiarkan, bisa-bisa kehidupan perkuliahan kamu tidak produktif lho. Nah, supaya gak salah melangkah, yuk simak dulu tips sukses merantau berikut ini!

1. Kepo Lebih Jauh tentang Lingkungan Baru

Sumber: pexels.com

Sebelum pindah, mending kamu cari tahu dulu deh seputar lingkungan baru mu. Mulai dari tempat tinggal, tipe tetangga kamar, isu terkini, tempat tongkrongan hingga paguyuban yang bisa jadi penolongmu saat kamu homesick. Dengan begitu, saat pindah nanti kamu udah gak canggung dan lebih gampang beradaptasi.

BACA JUGA: Inilah Daftar Paguyuban Mahasiswa Daerah yang Ada UI

advertisement

2. Adaptasi dan Selektif

Sumber: pexels.com

Mampu beradaptasi dengan cepat merupakan kunci sukses menjadi anak rantau. Kamu harus bisa beradaptasi dan menampilkan first impression yang baik kepada teman baru. Jaga perkataan dan sikap supaya tidak menyakiti orang yang baru kamu kenal.

Nah, setelah itu, jangan lupa untuk selektif dalam memilih teman. Cermati dan pastikan bahwa teman barumu tidak akan membawamu ke arah negatif, seperti jadi boros atau bolos kuliah. Jika ajakannya tidak sesuai dengan hati nuranimu, tinggal katakan ‘tidak’ dan jelaskan alasannya.

3. Atur Keuangan

Sumber: Pexels.com

Hidup sendiri bukan berarti kamu bisa menghabiskan uang sesuka hati. Harusnya kesempatan ini kamu jadikan tantangan untuk mengelola keuangan supaya dapat bertahan hidup hingga akhir bulan. Jangan lupa untuk mengontrol diri dan mengatur keuangan dengan baik. Mulai dari membuat jatah makan, membedakan keinginan dan kebutuhan, hingga menyisihkan uang demi tabungan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang, alias besar pengeluaran daripada pemasukan ya, Anak UI!

advertisement

BACA JUGA: Ini Dia Cara Untuk Menghemat Pengeluaran Kalian, Wahai Anak Kos!

4. Coba Hal Baru

Sumber: Pexels.com

Jika dulunya kamu hanya bergaul di lingkungan yang itu-itu saja, ini saatnya kamu mengeksplor diri dan berani mencoba hal baru. Kamu bisa memulainya dengan mengikuti berbagai kegiatan yang mendatangkan ilmu dan wawasan bermanfaat, seperti jadi sukarelawan, ikut komunitas atau organisasi, atau pergi ke event nasional guna menambah relasi. Jangan sampai kamu menutup diri dan terlalu sibuk belajar. Jika kamu berani mencoba hal baru, dijamin deh kamu akan menjadi pribadi yang berkualitas.

5. Sediakan Waktu untuk Me Time!

Sumber: Pexels.com

Me Time penting dilakukan supaya kamu gak pusing dengan tugas yang ada. Sebagai anak rantau, wajib hukumnya untuk mengeksplor kota baru tempat kamu tinggal. Namun, jangan sampai kamu kalap berjalan-jalan hingga kehabisan uang bulanan.

advertisement

Nah, kamu bisa mengunjungi tempat wisata gratis di kota kamu, seperti jalan-jalan ke museum atau perpustakaan sebagai ajang apresiasi diri atas hal yang udah kamu lakukan selama ini. Dengan mengunjungi wisata yang bebas biaya masuk, kamu bisa menghemat uang dan mendapatkan pengalaman berharga.

BACA JUGA: Apa Saja Sih Kegiatan yang Dikangenin kalo lagi di Perpusat UI



advertisement