Inidia Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy

AnakUI.comCara Agar PDF Tidak Bisa di Copy, Anda dapat dengan mudah mengunci PDF Anda tanpa kesulitan dengan mengikuti langkah-langkah agar aman dari tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab . Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

PDF juga dikenal sebagai format dokumen portabel, menjadi format dokumen yang paling mudah diakses dan sering digunakan saat ini.

Orang-orang di seluruh dunia menghubungkan catatan dalam template PDF untuk mengelola dan berbagi konten seperti artikel, buletin, laporan, tutorial, dan lainnya.

Seiring dengan banyak manfaat dan fitur lainnya, PDF adalah templat dokumen paling efektif untuk kantor, sekolah, dan kreasi pribadi lainnya.

Apa itu PDF?

Apa itu PDF? PDF adalah singkatan dari Portable Document Format, yang awalnya digunakan untuk membantu kegiatan mulai dari pembuatan dokumen hingga pengeditan. PDF juga merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada format file yang dibuat oleh Adobe Systems untuk memfasilitasi pertukaran dokumen secara digital.

Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy

Secara langsung, format PDF ini dimaksudkan untuk membuat representasi file dua dimensi yang mencakup karakter, teks, garis, dan vektor. Oleh karena itu, file PDF memudahkan pertukaran dokumen antar pengguna.

Sebenarnya ada banyak jenis dan ukuran file yang bisa digunakan untuk menyimpan dokumen, dan PDF adalah salah satunya. File dalam format PDF justru lebih disukai karena lebih kecil dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Maka dari itu, Anak ui membuat artikel Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy untuk kalian.

Selain itu, jika Anda ingin mencetak, tipe Microsoft yang berbeda tidak akan mengubah format file ini. Padahal, file PDF ini memiliki beberapa keunggulan lain, seperti keamanan lebih. Ini karena Anda dapat memberikan kata sandi untuk file dalam format PDF. Selain itu, file PDF dapat dibuka di berbagai aplikasi pembaca PDF, diedit melalui aplikasi pembaca PDF, dan PDF dapat dibuka melalui komputer atau smartphone.

Di balik segudang kelebihan PDF sebagai format dokumen digital, masih ada orang yang bingung dalam pembuatan file PDF. Sangat cocok untuk orang yang hanya memiliki pengetahuan dasar tentang cara menggunakan komputer, laptop, atau smartphone.

Untuk memudahkan pembuatan file PDF, Anda dapat menginstal beberapa aplikasi office yang dapat membantu Anda dalam membuat file PDF. shoppingmode aplikasi yang sesuai seperti Microsoft Office, LibreOffice dan WPS Office

Bagaimana Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy?

Keamanan file penting dalam kehidupan sehari-hari setiap pengguna. Salah satu penggunaan khusus PDF adalah perlindungan salinan untuk konten dan informasi.

cara agar pdf tidak bisa di copy di word

Terlepas dari peningkatan peluang di area paling maju di Internet, ada banyak plug-in dan alat pihak ketiga yang dapat memberikan akses ke dan mengonversi dokumen rahasia yang disematkan dalam format file PDF.

Di sisi lain, ada banyak langkah untuk memastikan pdf tidak dapat disalin atau akses tidak diberikan. Sebelum masuk ke detail, pahami jenis enkripsi untuk file PDF yang penting untuk keamanan dokumen PDF.

Berikut Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy oleh pihak tak dikenal.

Jenis Enkripsi untuk File PDF

Enkripsi adalah proses mengamankan data digital menggunakan teknik seperti kata sandi dan pin “kunci”. Adobe Acrobat memungkinkan perlindungan kata sandi PDF untuk informasi sensitif dan dokumen rahasia.

Enkripsi kata sandi tidak diragukan lagi merupakan cara terbaik untuk mengenkripsi dokumen PDF dan mencegah penulisan PDF dan kecurangan lainnya. Oleh karena itu, ada dua jenis enkripsi yang tersedia untuk dokumen PDF.

  • sandi pengguna
  • Kata sandi pemilik/izin

Juga dikenal sebagai Kata Sandi Izin PDF atau Kata Sandi Utama PDF, kata sandi ini adalah jenis kata sandi yang ditetapkan ke arsip PDF oleh pemiliknya untuk membatasi fungsi tertentu seperti mencetak, memberi komentar, mengedit, menyalin konten, mengekstraksi halaman, dll.

Saat pengguna eksternal mencoba mengakses file, kotak diskusi ditampilkan meminta mereka untuk memasukkan kata sandi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa melindungi PDF dalam kata sandi izin adalah opsi terbaik untuk mengaktifkan pembatasan khusus berdasarkan opsi seperti menonaktifkan peran penulisan file PDF, menahan pembuatan, atau melindungi file PDF dari akses tidak sah.

Fitur ‘PDF password protection’ ini hanya tersedia di Adobe Acrobat versi berbayar. Selain itu, beberapa orang tidak memutuskan untuk membeli dan menggunakan software tersebut karena harganya yang mahal. Untuk orang-orang seperti itu, ada alternatif lain untuk menjaga keamanan file PDF Anda.

Langkah untuk membuat PDF Anda tidak dapat disalin adalah dengan memberikan kata sandi pada file PDF beserta deskripsi lengkapnya.

Kunci PDF dengan enkripsi

Salah satu Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy adalah kalian harus mengkuncinya. File PDF tidak dapat diedit secara otomatis di Microsoft Word. Namun, versi Microsoft Office yang lebih baru akan mencoba mengonversi Format PDF ke Word hingga Anda dapat mengonversinya.

Ini bukan proses yang sempurna, tetapi ini adalah langkah yang dapat Anda coba untuk mengubah dokumen Anda.

Salah satu cara sederhana untuk meredakan kekhawatiran Anda tentang keaslian dokumen adalah dengan menggunakan enkripsi berbasis kata sandi untuk PDF Anda.

Dalam hal kode dan opsi enkripsi yang kuat (didukung oleh Power PDF, termasuk AES-256), pengguna yang tidak sah bahkan tidak dapat langsung membuka dokumen di Word, apalagi membukanya untuk konversi.

ock pdf from editing

Sistem ini dapat mengandalkan keamanan dokumen saat mengonversi dari Word ke PDF.

Tidak perlu ragu. Baca langkah-langkah di bawah ini untuk membuat PDF tidak dapat disalin.

Langkah-langkah untuk Mencegah PDF Dapat Disalin Menggunakan Kunci PDF
Kata sandi ini melindungi PDF dan menjaga pencetakan atau penyalinan file PDF tetap pribadi. Pengguna dengan kata sandi publik dapat memperoleh akses untuk melihat file.

Namun, dia tidak bisa langsung mengubah file tersebut. Ini membutuhkan kata sandi izin. Kata sandi ini mencegah pengguna mencetak atau menyalin file PDF bahkan setelah membukanya.

Beberapa langkah untuk menyiapkan kata sandi Izin ditinjau di bawah ini.

  1. Buka PDF
  2. Buka tab menu Lindungi
  3. klik kata sandi
  4. Masukkan kata sandi yang diinginkan.
  5. Tentukan menu drop-down, lalu klik Allow Printing.
  6. Tentukan Tidak Ada untuk menunda pembuatan.
  7. Pilih menu tarik-turun Perubahan yang Diizinkan.
  8. Tidak ada keputusan berarti tingkat perlindungan tertinggi.
  9. Nonaktifkan Aktifkan penulisan teks, gambar, dan konten lainnya. Ini akan membuat PDF terproteksi dari penulisan.
    klik OK

Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy

Penutupan

Dengan beberapa cara di atas, anda tidak perlu bingung lagi Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy, jadi kalian bisa menyimpan file PDF dengan aman dan tanpa kekhawatiran.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami harap artikel ini akan membantu Anda memecahkan masalah ini. Jika bermanfaat jangan lupa share artikel ini ke sosmed kalian ya!!

Leave a Comment