Category: Umum

Tulisan-tulisan bertema umum, yang tidak masuk di kategori-kategori lainnya

7 Hal Ini Mungkin Nggak Akan Dirasakan Maba UI 2020

Kabar kurang mengenakkan bagi mahasiswa baru (maba) UI 2020. Mereka nggak bisa merasakanya enak-nggak enaknya ospek secara langsung, nggak bisa berkenalan dengan teman baru secara langsung, dan nggak bisa merasakan hal-hal lain yang menjadi ciri khas dari Kamaba. Kali ini, Anak UI mau merangkum beberapa hal pada rangkaian acara Kamaba yang mungkin nggak akan dirasakan oleh maba tahun ini.

More

Mengenal Jenjang Pendidikan Tinggi: Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor

Perbedaan Diploma Sarjana Magister dan Doktor. Tahun ajaran baru sudah di depan mata, untuk teman-teman yang hendak melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi harap pertimbangkan baik-baik jurusan dan jenjang yang akan kamu pilih sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari. Nggak ada salahnya loh untuk mengetahui baik-baik apasih perbedaan jenjang diploma, sarjana, magister dan doktor.

More

Hantu-Hantu Gunung Yang Akan Kamu Temui Saat Jadi Anak MAPALA

Pendakian pertamaku dilakukan di salah satu gunung di daerah Jawa Barat. Aku pergi bersama kedua abangku dan ketiga orang temannya. Menurut mitos, setiap kali kita mendaki gunung, kita harus datang dalam jumlah genap. Entahlah, kabarnya biar tidak ada sosok gaib yang melengkapi perjalanan kita. Mau tidak mau aku percaya. Meskipun ya terdengar aneh.

More

10 Hal Ini Cuma Dirasakan Mahasiswa Yang Menjadi Asisten Dosen atau Asisten Penelitian

Ya bagaimanapun cara yang ditempuh untuk menjadi asisten dosen, kalian wajib punya pengalaman untuk menjadi asisten dosen ini loh. Dijamin tidak akan menyesal. Nah disini penulis merangkum hal-hal yang cuma bisa dirasakan oleh asisten dosen atau asisten penelitian. Yuk mari disimak. Siapa tau kalian jadi tertarik untuk jadi asisten dosen/asisten riset.

More

Bosen Sama Yang Itu-Itu Aja? Yuk Cek 5 Aplikasi Online Yang Bikin PJJ dan WFH Lebih Berwarna

Nah, buat kalian nih yang masih melakukan aktivitas belajar dan bekerja secara remote, udah pada nyoba pake aplikasi apa aja? Terus, menurut kalian, hambatan apa yang paling sering muncul? Kalau dari penulis sih, salah satu hambatan yang paling menonjol dalam bekerja dan belajar secara online ini adalahnya kurangnya interaksi antara host atau pemberi materi, dengan peserta. Langsung saja kali ini anakUI.com akan menghadirkan artikel mengenai aplikasi online menarik (yang gak itu-itu aja) yang bisa kamu gunakan selama masa PJJ dan WFH ini. Mau tahu apa aja? Yuk disimak!

More

Kupas Tuntas Tes Potensi Skolastik di SBMPTN / UTBK Yuk!

Seperti yang kita tahu belajar dari rumah dinilai tidak efektif bagi sebagian orang, hal ini terjadi karena komunikasi hanya terjadi satu arah, belum lagi kendala terbatasnya teknologi dan jaringan internet yang kurang memadai. Menjadi bahan pertimbangan oleh pemerintah untuk meniadakan atau mengurangi beberapa mata ujian seperti tes kompetensi akademik dalam ujian UTBK dan fokus kepada ujian tes potensi skolastik (TPS).

More